HIKAYAT KALILA DAN DAMINA - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

HIKAYAT KALILA DAN DAMINA



Ada seekor lembu benama Sjatrabah yang mengikuti tuannya membawa barang  dagangan untuk berniaga, saat  sampai di sebuah hutan, Sjatrabah terperosok kesebuah lubang lumpur. Tuannya mencoba untuk membantunya, tapi ia gagal. Tuannya pun meninggalkan Sjatrabah dengan seorang hambanya, hambanya itu juga berusaha mengeluarkannya dari lubang tersebut, tapi ia juga gagal seperti tuannya tadi. Hamba tadi juga mengikuti tuannya  meninggalkan Sjatrabah. Akhirnya Sjatrabah sendiri yang berusaha mengeluarkan dirinya sendiri  dari lubang  lumpur tersebut,  dengan berbagai cara yang dilaluinya akhirnya ia bisa mengeluarkan dirinya sendiri dari lubang lumpur tersebut.
 Sjatrabah bingung, karena ia tidak  tahu bagaimana cara menemukan  tuannya yang meninggalkannya tadi. Karena hari sudah mulai gelap, ia memutuskan untuk sementara  menetap dihutan tadi. Ia memilih untuk lebih masuk kedalam hutan tadi dan  memakan  rerumputan yang ada di sana. Suara remasan rumput dimulutnya itu terdengar hingga ke telinga Raja Singa,  Raja Singa pun khawatir  mendengar  suara tersebut,  karena  di hutan itu juga banyak  hewan buas.  Diantaranya adalah Kalila dan Damina yakni  dua serigala yang bijak, pandai dan bertugas mencari makan untuk  Raja Singa,  namun akhir - akhir  ini Kalila menjadi  jengkel  karena Raja Singa jarang  mengunjungi  rakyatnya,  Kalila pun menceritakan  hal  itu  kepada  sahabatnya Damina.
Setelah mendengar cerita tersebut Damina menghadap ke Raja Singa dan menjelaskan perihal masalah tersebut, Damina memberi sebuah solusi. Setelah beberapa lama, datanglah Damina  bersama Sjatrabah, Sjatrabah pun menceritakan apa saja yang terjadi, ia pun diperbolehkan Raja Singa untuk  tinggal menjadi rakyat. Raja Singa sudah  mulai  percaya  terhadap Sjatrabah, karena ia mulia, baik dan ikhlas  dalam berkawan. Ternyata kedekatan Sjatrabah  dengan Raja Singa tidak segani oleh Damina. Damina merasa posisi sudah diambil alih oleh Sjatrabah. Damina sudah mempersiapkan rencana  untuk menghancurkan Sjatrabah, ia menyebarkan fitnah untuk Sjatrabah.
 Akhirnya Raja Singa percaya  dan menyuruh Sjatrabah untuk dibunuh, sebenarnya dalam hati, Raja Singa sangat berduka atas  kematian sahabatnya itu. Kejahatan tidak akan selamanya tertutupi, ternyata  fitnah yang dilakukan Damina mulai diketahui oleh Ibu Raja Singa. Lalu, beliau menemui Raja Singa dan mengatakan  kepadanya bahwa kematian  Sjatrabah   karena fitnahan dari Damina. Mendengar hal itu Raja Singa pun memerintahkan para ajudannya untuk menangkap Damina dan memenjarakannya. Kalila, sahabat Damina sangat rindu kepadanya, sampai terlalu lama menuggunya ia hingga mati. Akhirnya, Damina  dijatuhi hukuman mati. Ia menerimanya  karena ia sudah tidak sanggup lagi  sebas sudah kehilangan sahbatnya Kalila.


0 Response to "HIKAYAT KALILA DAN DAMINA"

Post a Comment