Uraian Pentingnya media pembelajaran dalam kegiatan belajar dan mengajar

Untuk Memudahkan Pencarian Dokumen Pendidikan Gunakan Filtur Pencarian di Bawah ini

Uraian Pentingnya media pembelajaran dalam kegiatan belajar dan mengajar


Pentingnya Media Dalam Pembelajaran
Dalam belajar mengajar hal yang terpenting adalah proses, karena proses inilah yang menentukan tujuan belajar akan tercapai atau tidak tercapai. Ketercapaian dalam proses belajar mengajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif).

Dalam proses belajar mengajar ada banyak faktor yang mempengaruhi tercapainaya tujuan pembelajaran diantaranya pendidik, peserta didik, lingkungan, metode/teknik serta media pembelajaran. Pada kenyataannnya, apa yang terjadi dalam pembelajaran seringkali terjadi proses pengajaran berjalan dan berlangsung tidak efektif. Banyak waktu, tenaga dan biaya yang terbuang sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai bahkan terjadi noises dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar. Hal tersebut diatas masih sering dijumpai pada proses pembelajaran selama ini.
 
Dengan adanya media pembelajaran maka tradisi lisan dan tulisan dalam proses pembelajaran dapat diperkaya dengan berbagai media pembelajaran. Dengan tersedianya media pembelajaran, guru pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat diantara peserta didik. Bahkan alat/media pembelajaran ini selanjutnya dapat membantu guru membawa dunia luar ke dalam kelas. Dengan demikian ide yang abstrak dan asing (remote) sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila alat/media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan proforsional, maka proses pembelajaran akan dapat berjalan efektif.

Dalam pembelajaran, alat atau media pendidikan jelas diperlukan. Sebab alat/ media pembelajaran ini memiliki peranan yang besar dan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan.

Kegunaan media pembelajaran  dalam proses belajar mengajar diantaranya;
1.     Media Pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan supaya tidak terlalu verbalitas (dalam bentuk kata-kata tertulis atau hanya kata lisan)
2.     Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, misalnya;
-       objek yang terlalu besar – bisa digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, atau model.
-       objek yang kecil – dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film, atau gambar.
-       gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat dibantu dengan timelapse atau high-speed photography.
-       kejadian atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, film bingkai, atau foto.
-       objek yang terlalu kompleks, dapat disajikan dengan model, diagram atau melalui program komputer animasi.
-       konsep yang terlalu luas (gempa bumi, gunung beapi, iklim, planet dan lain-lain) dapat divisualisasikan dalam bentuk film, gambar dan lain-lain.
3.   Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk;
-       menimbulkan motivasi belajar
-    memungkinkan interaksi langsung antara anak didik dengan lingkungan secara seperti senyatanya.
-   memungkinkan peserta didik belajar mandiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

4.  Dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda diantara peserta didik, sementara kurikulum dan materi pelajaran di tentukan sama untuk semua peserta didik.hal ini dapat diatasi dengan media pendidikan yaitu;
-       memberikan perangsang yang sama
-       mempersamakan pengalaman
-       menimbulkan persepsi yang sama

Sementara itu Abu Bakar Muhammad, berpendapat bahwa kegunan alat/ media pembelajaranitu antara lain adalah 1) mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dan memperjelas materi pelajaran yang sulit, 2) mampu mempermuda pemahaman dan menjadikan pelajaran lebih hidup dan menarik, 3) merangsang anak untuk bekerja dan menggerakkan naluri kecintaan menelaah (belajar) dan menimbulkan kemauan keras untuk mempelajarai sesuatu, 4) membantu pembentukan kebiasaan, melahirkan pendapat, memperhatikan dan memikirkan suatu pelajaran serta, 5) menimbulkan kekuatan perhatian (ingatan) mempertajam indera, melatihnya, memperluas perasaan dan kecepatan dalam belajar.

Dengan demikian, apabila pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai  alat/ media pembelajaran dalam proses belajar mengajar maka peserta didik akan memiliki pemahaman yang bagus tentang materi yang didapatkan, sehingga besar kemunkinan dengan memperhatikan alat/ media pengajaran itu tujuan pembelajaran akan tercapai dengan efektif dan efisien. Variasi dalam pembelajaran dengan menjadikan lingkungan sebagai media belajar menyenangakan akan mendukung pelajaran yang tidak membosankan bahkan menjadikan belajar semakin efektif.

Fungsi Media Bagi Guru dan Siswa
Fungsi media bagi guru dan siswa - Secara umum, media adalah semua benda atau materi yang dapat digunakan sebagai alat bantu menyampaikan pesan informasi kepada orang lain. Dengan bantuan media maka si penerima pesan akan mudah menangkap isi informasi yang diberikan oleh si pemberi pesan.

Media pembelajaran terbagi 3, yaitu; media yang dapat dilihat (visual), yang dapat didengar (audio) dan media yang dapat dilihat dan di dengar (audio-visual). Penggunaan jenis media ini disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam pembelajaran, penggunaan media disesuaikan dengan materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa.  Fungsi utama media bagi guru dan siswa dalam pembelajaran adalah:
1.    Mempermudah guru menyampaikan materi pelajaran
Media menjadi alat bantu efektif untuk memperlancar proses pembelajaran. Materi pelajaran yang dijelaskan guru secara verbal semakin diperjelas oleh media yang digunakan. Begitu pula materi bersifat abstrak dan sulit dijangkau oleh pemikiran siswa, menjadi lebih konkrit dengan bantuan media. Tujuan pembelajaran akan mudah tercapai sehingga hasil belajar siswa semakin optimal.
2.    Memusatkan perhatian siswa
Media belajar yang digunakan akan berfungsi untuk memusatkan perhatian siswa pada materi pelajaran yang sedang dibahas. Apabila media yang digunakan menarik perhatian siswa maka besar kemungkinan siswa lebih banyak mengetahui, memahami dan menguasai materi pelajaran yang disampaikan.
3.    Merangsang keingintahuan siswa
Naluri kuriositas (rasa ingin tahu) siswa akan terangsang jika media yang digunakan benar-benar mampu menyampaikan pesan penting  sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dibahas.

4.    Membangkitkan motivasi belajar siswa
Penggunaan media dalam mengajar merupakan salah satu upaya efektif untuk merangsangsemangat belajar siswa. Ini menjadi upaya guru untuk mengarahkan siswa untuk menggali materi pelajaran seluas-luasnya sehingga tugas guru menjadi lebih ringan dalam menyampaikan materi pelajaran.
5.    Mencapai ketuntasan belajar siswa

Penggunaan media dalam mengajar akan mendekatkan siswa pada ketuntasan belaarsecara individual maupun klasikal. Muaranya adalah prestasi belajar siswa akan terwujud secara maksimal.
Posted by SahrulParawie
WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN Updated at: 6/04/2018 03:08:00 PM

No comments :

Post a Comment