KARYA ILMIAH MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN MEDIA CAT AIR

Untuk Memudahkan Pencarian Dokumen Pendidikan Gunakan Filtur Pencarian di Bawah ini

KARYA ILMIAH MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN MEDIA CAT AIR

BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut                  (UU No.20 Th. 2003, Ps.l, Butir 14).
Program pendidikan fisik/motorik sangat penting bagi anak karena perkembangan fisik seorang anak akan menentukan ketrampilan anak dalam bergerak. Perkembangan fisik anak berjalan seiring dengan perkembangan motorik. Perkembangan motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf, dan otot yang terkoordinasi. Perkembangan motorik meliputi motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri, contoh : kemampuan menendang, berlari, dan melompat. Sedang motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk berlatih dan belajar misalnya menggunting, melipat, mewarnai dan sebagainya.
Pendidikan fisik motorik halus akan menciptakan pengalaman-pengalaman yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan sikap positif untuk perkembangan anak secara optimal. Ruang, bahan, serta peralatan yang digunakan anak hendaknya dapat dipenuhi dalam melakukan kegiatan fisik motorik halus agar anak bebas berkreasi dan berinisiatif membuat karya seni.

B.       Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah aktifitas guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak melalui kegiatan menggambar dan mewarnai dengan media cat air di PAUD Tunas Jaya ?

2.      bagaimanakah aktifitas anak dalam meningkatkan kemampuan motorik halus melalui menggambar dan mewarnai dengan media cat air di PAUD Tunas Jaya?
3.      Apakah melalui kegiatan mewarnai gambar dengan media cat air dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak di PAUD Tunas Jaya?

C.           Tujuan Penelitian
1.        Mendiskripsikan aktifitas guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak melalui kegiatan mewanai gambar dengan media cat air di PAUD Tunas Jaya.
2.        Mendiskripsikan aktifitas anak dalam meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai gambar dengan media cat air di PAUD Tunas Jaya, mendiskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus pada anak melalui kegiatan mewarnai gambar dengan media cat air di PAUD Tunas Jaya.

D.           Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dapat diambil dari penelitian ini yaitu:
1.      Meningkatkan kreativitas guru dalam menemukan bahan-bahan untuk kegiatan menggambar dan mewarnai sehingga menarik minat anak dalam melakukan kegiatan tersebut.
2.      Meningkatakan peranan gura dalam mendampingi anak didik untuk melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai.
3.      Memberikan masukan bagi peningkatan mutu pembelajaran yang kreatif dan inovatif di PAUD Tunas Jaya.
4.      Memberikaninspirasi untuk melakukan kegiatan pembelajaran dengan potensi yang ada.





BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.                        Pengertian Motorik Halus
Menurat Moeslichatoen (2004), bahwa motorik halus adalah merapakan kegiatan yang menggunakan otot otot halus padajari dan tangan.
Nursalam (2005) berpendapat, bahwa perkembangan motorik halus adalah kemampuan anak untuk mengamati sesuatu dan melakukan gerak yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan otot-otot kecil, memerlukan koordinasi yang cermat serta tidak memerlukan banyak tenaga.
Magil (dalam Sumantri, 2005:143) menyatakan bahwa yang dimaksud keterampilan motorik halus adalah kemampuan fisik yang meliputi otot-otot halus seperti gerakan tangan antara lain makan dengan sendok dan garpu, menggunting, mencorat-coret dan melipat kertas menjadi segitiga.
Winkel (2009: 153) menjelaskanbahwa keterampilan motorik halus adalah kemampuan untuk merangkaikan sejumlah gerak-gerik jasmani sampai menjadi gencar dan luwes tanpa perlu memikirkan lagi secara mendetail terhadap apa yang akan dilakukan dan mengapa dilakukan
Menurat Mudjito (2007) mencatat beberapa alasan tentang fungsi perkembangan motorik halus, yaitu melalui keterampilan motorik, anak dapat menghibur dirinya dan memperoleh perasaan senang, melalui keterampilan motorik, anak dapat beranjak dari kondisi tidak berdaya pada bulan-bulan pertama kehidupannya, melalui keterampilan motorik, anak dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekolah.
Cat air atau populer dengan sebutan aquarel adalah médium lukisan yang menggunakan wama dengan pelarat air dengan sifat transparan. Meskipun médium permukaannnya bervariasi, biasanya yang digunakan adalah kertas. Selain itu bisa pula kulit, kain, kayu atau kanvas. Secara  umum cat air digunakan karena sifat transparansinya.




BAB III
RENCANA PERBAIKAN


A.      Subjek Penelitian
1.      Tempat pelaksanaan
Perbaikan pembelajaran di kelas Kelompok A PAUD Tunas Jaya Kampung Mulya Jaya Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten WayKanan. Adapun jumlah murid atau siswa PAUD Tunas jaya sebanyak  22 Murid

2.      Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan perbaikan pembelajaran adalah tanggal 12 – 26               Oktober 2016.

Adapun jadwal pelaksanaan adalah sebagai berikut:
No
SIKLUS KE
WAKTU PELAKSANAAN
1
I
12 Oktober 2016
2
II
19 Oktober 2016
3
III
26 Oktober 2016

3.      Tema
Tema pembelajaran binatang

4.      Kelompok
Pada anak usia 4 – 5 tahun atau kelompok A di PAUD Tunas Jaya Kampung Mulya Jaya Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan yang berjumlah 22 murid.

5.      Karateristik Siswa
Kemampuan anak dalam menggambar dan mewarnai dengan menggunakan media cat air masih sangat rendah.

B.       Diskripsi Rencana Tiap Siklus
1.      Rancangan Pelaksanaan
a.       Rencana tindakan tiap siklus yang akan dilaksanakan/alternative perbaikan dituangkan dalam rancangan satu siklus sebagai berikut:


RANCANGAN TIAP SIKLUS

Siklus             : 1
Tema              : Binatang
Kelompok      : A
Tanggal          : 12 Oktober 2016

Tujuan Perbaikan : Meningkatkan kemampuan anak untuk kreatif menggambar dan mewarnai dengan menggunakan cat air, melalui metode pemberian tugas pada anak kelompok A di PAUD Tunas Jaya Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan.

Identifikasi Masalah :
1.      Pada pembelajaran menggambar dan mewarnai dengan menggunakan cat air masih banyak anak-anak yang belum rapi.
2.      Anak-anak belum mampu menyesuaikan gambarnya ketika sedang mewarnai.
3.      Kegiatan belajar menggambar dan mewarnai menggunakan cat air masih jauh dari harapan guru.

Perumusan masalah:
Bagaimana caranya memotivasi anak agar dapat menggambar dan mewarnai menggunakan cat air dengan rapi?
Yaitu dengan cara pendekatan dan arahan guru kepada anak agar anak dapat menggambar dan mewarnai menggunakan cat air dengan rapi.
RANCANGAN KEGIATAN PERBAIKAN

RKH
PEMBUKAAN
INTI
PENUTUP
I
Bernyanyi
Menyiapkan media cat air
Diskusi tentang hewan
II
Menirukan bagaimana caranya bebek berjalan
Menggambar hewan bebek
Tanya jawab tentang hewan
III
Bercerita tentang kancil
Mewarnai gambar kancil dengan media cat air
Menyanyikan lagu si kancil

Prosedur pelaksanaan PTK
Supervisor 2 adalah pembimbing mahasiswa di lapangan (sekolah tempat mahasiswa mengajar) saat melaksanakan perbaikan kegiatan pembembangan tugas supervisor 2 adalah melayani konsultasi mahasiswa dalam menyusun RKH dan menilai RKH tersebut serta pelaksanaannya dengan menggunakan APKG PKP 1 dan 2 dengan membuat jurnal peneliti perbaikan kegiatan pengembangan.
Penilai adalah kepala sekolah kegiatan pengembangan tempat mahasiswa mengajar atau dosen UT setempat yang mengembangan tugas penilaian adalah menilai RKH dengan menggunakan APKG PKP 2.
Prosedur kegiatan pengembangan ditata dan dirancang dalam beberapa tahap yang secara umum terdari dari tahapan perencanaan pelaksanaan dan tahap penilaian.

Tahapan Perancangan
Tahapan ini dibagi menjadi 4 tahapan:
1.        Tahapan Pembukaan
Guru memberikan rangsangan untuk semangat dalam belajar atau mengerjakan tugas dari guru.
2.        Tahapan Kegiatan Inti
Guru memberikan tugas yang sudah ditentukan di dalam RKH dan harus mencapai indikator.

3.        Tahapan Istirahat
Ditahapan ini anak diperbolehkan makan dan bermain bersama teman-temannya dan saat ini guru harus bisa memposisikan diri menjadi teman bagi murid atau siswanya.
4.        Tahapan Kegiatan Penutup
Disini guru dapat mengajak anak-anak untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini, dan guru juga dapat menggamati anak-anak yang sudah mencapai indikator.

Tahapan Penilaian
Yaitu kegiatan evaluasi yang dilakukan mahasiswa setelah kegiatan berlangsung penilaian ini dilakukan oleh penilai 1 dan 2 dengan melihat ketercapaian indikator hasil belajar dan pelaksanaan hasil belajar.

Rancangan dan Pengumpulan Data
Kegiatan pengembangan berlangsung guru melakukan observasi/pengamatan kepada siswa untuk melihat perkembangan kemampuan siswa setelah melakukan pengamatan guru mengumpulkan data perkembangan anak dengan menggunakan lembar ceklis.

Rencana Refleksi yang Akan dilakukan
Refleksi dilakukan dengan cara:
a. Mengamati bagaimana reaksi anak terhadap proses pembelajaran.
b. Mengamati kelemahan guru dalam proses pembelajaran
Mengamati hal-hal unik yang ada dalam proses pembelajaran

Tujuan Refleksi
Tujuan Refleksi adalah untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan guru pada saat pembelajaran, dan dapat diperbaiki pada proses pembelajarna yang akan datang.




BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN


A.      Hasil Perbaikan Tiap Siklus

Rancangan Kegiatan Hasil (Siklus 1)

Kelompok            : A
Tema                    : Binatang
Minggu/Semester : 1/I
Hari/Tanggal        : Rabu/12 Oktober 2016

Hari/Tanggal
Indikator
Kegiatan
Alat dan Bahan
Penilaian
Perkembangan Anak
KBM
Rabu, 12 Oktober 2016
Doa belajar
Kegiatan awal (30 menit)
- Baris, masuk kelas, salam
- Baca Pancasila
Anak



Bernyanyi dan mewarnai
Kegiatan inti (60 menit)
- Bernyanyi
- Mewarnai melalui media cat air
- Dapat melaksanakan tugas dengan baik

Buku dan cat air



Pembiasaan rutinitas
Istirahat (30 menit)
- Cuci tangan
- Doa sebelum makan
- Bermain
Anak dan guru



Mengingat kegiatan inti
Kegiatan inti (30 menit)
- Mendiskusikan kegiatna inti
- Berdoa
- Salam
- Pulang
Guru dan Anak




                       Mengetahui,                            Mulya Jaya, 12 Oktober 2016
            Kepala PAUD Tunas Jaya                                Mahasiswa






            AGUS SUPRIADI, S.Pd                          NUR KHOTIAH
                                                                                 NIM. 824493275










Rancangan Kegiatan Harian (Siklus II)


Kelompok                   : A
Tema                           : Binatang
Minggu/Semester        : 2/I
Hari/Tanggal               : Rabu/19 Oktober 2016

Hari/Tanggal
Indikator
Kegiatan
Alat dan Bahan
Penilaian
Perkembangan Anak
KBM
Rabu, 19 Oktober 2016
Senam fantasi gerak menirukan gerakan hewan berjalan
Kegiatan awal (30 menit)
- Berbaris
- Senam
- Doa sebelum belajar
- Menirukan gerak bebek berjalan
Praktik langsung anak-anak



Menggambar
Kegiatan inti (60 menit)
- Diskusi tentnag hewan
- Menggambar
Buku




Istirahat (30 Menit)
- Cuci tangan
- Doa sebelum makan dan sesudah makan
- Bermain



Air, Lap, Bekal anak- anak



Mengingat kegiatan inti yang sudah dipelajari bersama-sama
Kegiatan Akhir (30 menit)
- Tanya jawab kegiatan inti
- Doa sebelum pulang
- Salam





                       Mengetahui,                            Mulya Jaya, 19 Oktober 2016
            Kepala PAUD Tunas Jaya                                Mahasiswa






            AGUS SUPRIADI, S.Pd                          NUR KHOTIAH
                                                                                 NIM. 824493275




Rancangan Kegiatan Harian (Siklus III)


Kelompok                   : A
Tema                           : Binatang
Minggu/Semester        : 3/I
Hari/Tanggal               : Rabu/26 Oktober 2016

Hari/Tanggal
Indikator
Kegiatan
Alat dan Bahan
Penilaian
Perkembangan Anak
KBM
Rabu, 26 Oktober 2016
Memahami isi cerita
Kegiatan awal (30 menit)
- Berbaris
- Doa sebelum belajar
- Bercerita tentang si kancil
Praktik langsung



Membuat gambar dan mewarnai dengan cat air
Kegiatna Inti (60 menit)
- Mewarnai gambar kancil dengan media cat air
Buku gambar
Cat air




Istriahat (30 menit)
- Cuci tangan sebelum makan dan sesudah makan
- Bermain
Air, Lap tangan, bekal anak – anak






Bernyanyi
Kegiatan Akhir (30 menit)
- Bernyanyi lagu si Kancil
- Diskusi kegiatna sehari-hari
- Doa sebelum pulang
- Salam






                       Mengetahui,                            Mulya Jaya, 26 Oktober 2016
            Kepala PAUD Tunas Jaya                                Mahasiswa






            AGUS SUPRIADI, S.Pd                          NUR KHOTIAH
                                                                                 NIM. 824493275



PENILAIAN KEMAMPUAN ANAK
LEMBAR OBSERVASI

Siklus              : I
Hari/Tanggal   : Rabu, 12 Oktober 2016
No
Nama
Indikator
Menggambar
Menentukan Warna
Mewarnai
1
Ambar Muslimah
##
##
#
2
Arga Revando
#
#
##
3
Desti  Meliana
#
##
#
4
Eka Meydika. S
#
#
##
5
Halfino
##
#
#
6
Hani Nopriyani
#
##
##
7
Ibnu Sutowo
##
#
#
8
Ifan Fadiyansah
##
##
##
9
Ira Ilya
#
#
##
10
Madalena Dwi Wanita
##
#
#
11
Marpin Julio Ramadani
#
#
##
12
Muhamad Alfin
##
##
#
13
Rafli Anwar
#
#
##
14
Rahma Ulifatul Isna
##
##
#
15
Rasti
#
#
##
16
Rafa Andika
#
##
#
17
Rena Afriyani
##
#
##
18
Salsabila
##
##
#
19
Sinta
#
#
##
20
Sintia Geaannanda
##
##
#
21
Silviana Azzahra
#
#
#
22
Siti Muawiyah
#
##
#

Keterangan:
#                      : Belum Berkembang
# #                   : Mulai Berkembang
# # #                : Berkembang Sesuai Harapan
# # # #             : Sangat Berkembang


PENILAIAN KEMAMPUAN ANAK
LEMBAR OBSERVASI

Siklus              : II
Hari/Tanggal   : Rabu, 19 Oktober 2016
No
Nama
Indikator
Menggambar
Menentukan Warna
Mewarnai
1
Ambar Muslimah
###
###
##
2
Arga Revando
##
##
###
3
Desti  Meliana
##
###
##
4
Eka Meydika. S
##
##
###
5
Halfino
###
##
##
6
Hani Nopriyani
#
###
###
7
Ibnu Sutowo
###
##
##
8
Ifan Fadiyansah
###
###
###
9
Ira Ilya
#
##
###
10
Madalena Dwi Wanita
###
##
##
11
Marpin Julio Ramadani
##
##
###
12
Muhamad Alfin
###
###
##
13
Rafli Anwar
#
##
###
14
Rahma Ulifatul Isna
###
###
##
15
Rasti
##
##
###
16
Rafa Andika
##
###
##
17
Rena Afriyani
###
#
###
18
Salsabila
###
###
#
19
Sinta
#
##
###
20
Sintia Geaannanda
###
###
#
21
Silviana Azzahra
#
#
##
22
Siti Muawiyah
#
##
##

Keterangan:
#                      : Belum Berkembang
# #                   : Mulai Berkembang
# # #                : Berkembang Sesuai Harapan
# # # #             : Sangat Berkembang


PENILAIAN KEMAMPUAN ANAK
LEMBAR OBSERVASI

Siklus              : III
Hari/Tanggal   : Rabu, 26 Oktober 2016
No
Nama
Indikator
Menggambar
Menentukan Warna
Mewarnai
1
Ambar Muslimah
####
####
###
2
Arga Revando
###
###
###
3
Desti  Meliana
###
###
###
4
Eka Meydika. S
###
###
###
5
Halfino
###
###
###
6
Hani Nopriyani
##
###
###
7
Ibnu Sutowo
####
###
###
8
Ifan Fadiyansah
###
###
###
9
Ira Ilya
##
###
###
10
Madalena Dwi Wanita
####
###
###
11
Marpin Julio Ramadani
###
###
###
12
Muhamad Alfin
###
###
###
13
Rafli Anwar
##
###
###
14
Rahma Ulifatul Isna
###
###
###
15
Rasti
###
###
###
16
Rafa Andika
###
###
###
17
Rena Afriyani
###
##
###
18
Salsabila
###
###
##
19
Sinta
##
###
###
20
Sintia Geaannanda
####
####
##
21
Silviana Azzahra
##
##
##
22
Siti Muawiyah
##
###
##

Keterangan:
#                      : Belum Berkembang
# #                   : Mulai Berkembang
# # #                : Berkembang Sesuai Harapan
# # # #             : Sangat Berkembang


SKENARIO PERBAIKAN

Judul Penilaian           : Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak melalui metode menggambar dan mewarnai dengan media cat air.
Siklus                          : I
Hari/Tanggal               : Rabu, 12 Oktober 2016
A.      Hal Yang Perlu Diperbaiki
Judul kegiatan                  : Mewarnai
Pengelolaan Kelas                        : Meja dan kursi dibentuk melingkar
Pengorganisasian              : Anak-anak duduk di kursi masing-masing
Langkah-langkah perbaikan:
1.      Guru memberikan contoh bagaiman caranya mewarnai gambar dengan cat air agar rapi.
2.      Guru membimbing anak-anak mewarnai
3.      Guru menjelaskan bagaimana cara mewarnai yang sesuai dengan gambarnya.
B.       Kegiatan Pengembangan Inti
Judul Kegiatan                 : Mewarnai gamabr dengan metode cat air
Pengelolaan Kelas            : Meja dan Kursi dibentuk melingkar
Pengorganisasian Anak    : Anak-anak duduk di kursi masing-masing
Langkah-langkah Perbaikan:
1.      Guru menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan
2.      Guru menjelaskan cara-cara kegiatannya
3.      Guru membagikan kertas kepada anak-anak
4.      Guru menyuruh anak-anak mewarnai dengan menggunakan cat air
5.      Setelah selesai guru menyuruh anak mengumpulkan hasil kerjanya.
C.      Kegiatan Penutup
Judul Kegiatan                 : Diskusi
Pengelolaan Kelas            : Meja dan kursi dibentuk melingkar
Pengorganisasian anak     : duduk di tempat masing-masing
Langkah-langkah perbaikan:
1.      Guru mengajak/mengulas kegiatan inti
2.      Guru memberikan penjelasan ketika ada anak bertanya


SKENARIO PERBAIKAN

Judul Penilaian           : Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak melalui metode menggambar dan mewarnai dengan media cat air.
Siklus                          : II
Hari/Tanggal               : Rabu, 19 Oktober 2016

A.      Hal Yang Perlu Diperbaiki
Judul kegiatan                  : Menurukan gerakan bebek berjalan
Pengelolaan Kelas                        : Meja dan kursi dibentuk melingkar
Pengorganisasian              : Anak-anak duduk di kursi masing-masing
Langkah-langkah perbaikan:
1.      Guru memberikan contoh bagaiman cara bebek berjalan
2.      Guru mengajak anak-anak untuk menirukan bebek berjalan

B.       Kegiatan Pengembangan Inti
Judul Kegiatan                 : Menggambar 
Pengelolaan Kelas            : Meja dan Kursi dibentuk melingkar
Pengorganisasian Anak    : Anak-anak duduk di kursi masing-masing
Langkah-langkah Perbaikan:
1.      Guru menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menggambar
2.      Guru menjelaskan bagaimana cara menggambar bebek
3.      Guru membagikan kertas kepada anak-anak
4.      Guru mendampingi anak menggambar

C.      Kegiatan Penutup
Judul Kegiatan                 : Diskusi
Pengelolaan Kelas            : Meja dan kursi dibentuk melingkar
Pengorganisasian anak     : duduk di tempat masing-masing
Langkah-langkah perbaikan:
1.      Guru mengajak/mengulas kegiatan inti
2.      Guru memberikan penjelasan ketika ada anak bertanya




SKENARIO PERBAIKAN

Judul Penilaian           : Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak melalui metode menggambar dan mewarnai dengan media cat air.
Siklus                          : III
Hari/Tanggal               : Rabu, 26 Oktober 2016

A.      Hal Yang Perlu Diperbaiki
Judul kegiatan                  : Bercerita tentang si Kancil 
Pengelolaan Kelas                        : Meja dan kursi dibentuk melingkar
Pengorganisasian              : Anak-anak duduk di kursi masing-masing
Langkah-langkah perbaikan:
1.      Guru bercerita tentang si Kancil
2.      Guru bertanya tentang hewan kancil  yang anak-anak ketahui

B.       Kegiatan Pengembangan Inti
Judul Kegiatan                 : Mewarnai
Pengelolaan Kelas            : Meja dan Kursi dibentuk melingkar
Pengorganisasian Anak    : Anak-anak duduk di kursi masing-masing
Langkah-langkah Perbaikan:
1.      Guru menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menggambar
2.      Guru menjelaskan bagaimana cara menggambar Kancil
3.      Guru membagikan kertas kepada anak-anak
4.      Guru mendampingi anak menggambar

C.      Kegiatan Penutup
Judul Kegiatan                 : Bernyanyi si Kancil
Pengelolaan Kelas            : Meja dan kursi dibentuk melingkar
Pengorganisasian anak     : duduk di tempat masing-masing
Langkah-langkah perbaikan:
1.      Guru mengajak/mengulas kegiatan inti
2.      Guru memberikan penjelasan ketika ada anak bertanya




LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama               : NUR KHOTIAH                  PAUD             : TUNAS JAYA
NIM                : 824493275                            Kelompok       : A
Program Studi : S1 – PAUD                           Siklus ke          : 1
UPBJJ             : Bandar Lampung

1.        Bagaimana reaksi anak terhadap proses pengembangan yang saya lakukan?
Jawab : anak-anak belum terlalu menguasai pembelajaran
2.        Secara keseluruhan apa saja kelemahan saya dalam kegiatan pengembangan yang saya lakukan?
Jawab: Saya belum bisa menguasai kondisi kelas (anak)
3.        Secara keseluruhan apa saja kelebihan saya dalam pengembangan yang saya lakukan?
Jawab: saya menyaipkan alat-alat yang dibutuhkan dan saya menjelaskan tentang kegiatan yang akan dilakukan
4.        Hal-hal apa saja yang saya temui dalam kegiatan pembelajaran?
Jawab: anak-anak masih belum rapi dalam menggambar dan mewarnai serta belum bisa menentukan warna sesuai objek yang digambar
5.        Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan saya, maka apa yang saya akan lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab : Sebelum memulai pembelajaran saya akan memotivasi anak supaya semangat dalam kegiatan pembelajaran.




LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama               : NUR KHOTIAH                  PAUD             : TUNAS JAYA
NIM                : 824493275                            Kelompok       : A
Program Studi : S1 – PAUD                           Siklus ke          : 2
UPBJJ             : Bandar Lampung

1.        Bagaimana reaksi anak terhadap proses pengembangan yang saya lakukan?
Jawab : anak-anak mulai antusias 
2.        Secara keseluruhan apa saja kelemahan saya dalam kegiatan pengembangan yang saya lakukan?
Jawab: Saya belum bisa mengkondisikan anak secara baik
3.        Secara keseluruhan apa saja kelebihan saya dalam pengembangan yang saya lakukan?
Jawab: Kegiatan pengembangan sudah hampir mencapai yang diinginkan/diharapkan sesuai indikator
4.        Hal-hal apa saja yang saya temui dalam kegiatan pembelajaran?
Jawab: anak-anak sudah hampir bisa melakukan pengembangan secara mandiri walaupun masih ada yang perlu bimbingan.
5.        Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan saya, maka apa yang saya akan lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab : Sebelum saya melakukan kegiatan pengembangan saya harus memilih metode yang berbeda-beda supaya anak tidak bosan dengan emtode yang saya lakukan.




LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama               : NUR KHOTIAH                  PAUD             : TUNAS JAYA
NIM                : 824493275                            Kelompok       : A
Program Studi : S1 – PAUD                           Siklus ke          : 3
UPBJJ             : Bandar Lampung

1.        Bagaimana reaksi anak terhadap proses pengembangan yang saya lakukan?
Jawab : anak-anak lebih antusias 
2.        Secara keseluruhan apa saja kelemahan saya dalam kegiatan pengembangan yang saya lakukan?
Jawab: Saya mulai bisa mengkondisikan anak secara baik
3.        Secara keseluruhan apa saja kelebihan saya dalam pengembangan yang saya lakukan?
Jawab: Kegiatan pengembangan sudah mencapai yang diinginkan/diharapkan sesuai indikator
4.        Hal-hal apa saja yang saya temui dalam kegiatan pembelajaran?
Jawab: anak-anak sudah bisa melakukan pengembangan secara mandiri walaupun masih ada yang perlu bimbingan.
5.        Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan saya, maka apa yang saya akan lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab : Sebelum saya melakukan kegiatan pengembangan saya harus memilih metode yang berbeda-beda supaya anak tidak bosan dengan emtode yang saya lakukan.







B.       Pembahasan Tiap Siklus
Pada siklus I pelaksanaan perbaikan masih belum sempurna/belum sesuai dengan harapan karena anak-anak belum memahami kegiatan pembelajaran dan masih 25% anak yang memahami. Setelah dilakukan perbaikan di siklus II anak-anak sudah mulai memahami apa yang diperintahkan/ditugaskan oleh guru karena anak sudah mulai mengerti dengan tugas yang akan mereka lakukan yaitu sekitar 75%. Perbaikan pembelajaran berikutnya pada siklus III anak-anak telah mencapai kemampuan dengan pencapaian  95% sesuai dengan indikator.
Pelaksanaan perbaikan telah sesuai dengan RKH dan skenario yang telah dibuat, dan juga sesuai dengan rencana yang disusun untuk siklus yang akan datang.





BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.      Kesimpulan
Berbagai kreativitas kegiatan yang dilakukan pada kelompok A PAUD Tunas Jaya Kampung Mulya Jaya Kecamatan Rebang Tangkas telah meningkatkan kemampuan anak-anak. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari hasil pengamatan pada akhir perbaikan kegiatan meliputi: anak-anak sudah esuai dengan harapan (indikator).

B.       Saran
Guru PAUD diharapkan mengikuti perkembangan tentang dunia pendidikan anak usia dini sehingga dapat meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan.
Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak dengan menggunakan metode menggambar dan mewarnai dengan media cat air agar dapat dilakukan secara konsisten untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Tidak hanya pada bidang pengembangan tertentu tapi pada semua bidang pengembangan. Kegiatna ini perlu disosialisasikan pada para pendidik anak usia dini, baik guru maupun orang tua. Sehingga terjadi keharmonisan dalam memberikan harapan yang wajar pada anak dan cara menstimulasi anak agar kemampuannya berkembang.

METODE

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau yang sering disebut dengan PTK. Menurat Arikunto (2010:135) Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu bentuk penelitian yang dilakukan gura di kelas atau di sekolah tempat ia mengajar dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki atau penyempurnaan untuk meningkatkan proses dan praktek-praktek pembelajaran. Penelitian tindakan kelas berfokus pada kelas atau pada proses belajar mengajar yang terjadi di kelas, sehingga penelitian haras tertuju atau mengenai hal -hal yang terjadi didalam kelas. Alasan peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas adalah untuk memecahkan permasalahan meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak melalui kegiatan mewarnai gambar dengan media cat air di Kelompok Bermain Ceria

Apakah Postingan ini Keren Bermanfaat Guys? Please Bantu Viralkan Guys!

URL:HTML:BB(forum):
Posted by SahrulParawie
WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN Updated at: 5/27/2018 06:00:00 AM

No comments :

Post a Comment