KARYA ILMIAH HUBUNGAN ANTARA SISTEM MATA PENCAHARIAN DAN TEKNOLOGI

Untuk Memudahkan Pencarian Dokumen Pendidikan Gunakan Filtur Pencarian di Bawah ini

KARYA ILMIAH HUBUNGAN ANTARA SISTEM MATA PENCAHARIAN DAN TEKNOLOGI

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Masyarakat dalam kehidupan sehari-hari tentunya menggunakan teknologi. Dengan    meningkatnya teknologi dan adanya penemuan baru, dapat menimbulkan perubahan gaya hidup masyarakat termasuk dalam system mata pencaharian. Penerapan teknologi yang semakin canggih mendorong masyarakat untuk meninggalkan kebiasaan penggunaan barang-barang pemenuh kehidupan yang masih tradisional dengan yang lebih modern. Hal ini tentunya mengubah pola pikir masyarakat untuk lebih efisien dalam mengerjakan sesuatu.
   Kondisi yang dapat kita lihat sekarang adalah banyaknya pengangguran yang diciptakan dari ditemukannya teknologi baru. Teknologi dapat membantu memudahkan pekerjaan seseorang dalam kehidupan sehari-hari, tetapi pada kondisi sekarang dimana lapangan pekerjaan menjadi sulit didapat akibat pergeseran penggunaan sumber daya manusia dengan teknologi menyebabkan masalah yang lebih kompleks.
   Menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan tidak tergantikan teknologi merupakan kunci utama untuk menyeimbangkan system mata pencaharian yang ada. Namun , hal ini harus didukung dengan adanya kreatifitas masyarakat untuk menciptakan mata pencaharian dengan teknologi yang dimiliki.
   Setiap masyarakat mempertahankan hidupnya dan selalu berusaha memenuhi kehidupan dengan bekerja, hal ini ditunjukan dengan banyaknya masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Untuk mencapai itu semua pasti tidaklah mudah. Dibutuhkan sarana dan prasarana yang mendukung suatu pekerjaan, termasuk teknologi yang digunakan untuk melancarkan suatu pekerjaan.
B. RUMUSAN MASALAH
            Dari latar belakang diatas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut.
1.     Apakah  matapencaharian masyarakat Desa Cimelati sukabumi jawa barat?
2.     Bagaimana sistem teknologi pada masyarakat Desa Cimelati Sukabumi jawa barat ?
3.     Apa hubungan system mata pencaharian  dengan teknologi pada masyarakat Desa Cimelati sukabumi jawa barat?
C. TUJUAN PENELITIAN
            Adapun tujuan yang ngin dicapai adalah sebagai berikut.
1.     Mengetahui mata pencaharian masyarakat Desa cimelati Sukabumi jawa barat.
2.     Mengetahui system teknologi pada masyarakat desa cimelati sukabumi Jawa barat.
3.     Mengetahui hubungan sistem mata pencaharian dengan teknologi dengan masyarakat desa cimelati sukabumi jawa barat.
   

 BAB II
PENELAAHAAN KEPUSTAKAAN

A. TEORI YANG MENDASARI
1.     1.      Pengertian Teknologi
Teknologi, menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering). Dengan kata lain, teknologi mengandung dua dimensi, yaitu science dan engineering yang saling berkaitan satu sama lainnya. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya.
Teknologi adalah ; 1) Ilmu yang menyelidiki cara- cara kerja di dalam tehnik 2) Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik- pabrik dan industri- industri (Harahap, Poerbahawadja, 1982 : 1357).
Menurut Iskandar Alisyahbana seperti dikutip Yusufhadi Miarso (2007 : 131), teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau mebuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra, dan otak manusia.
1.     Pengertian Sistem Mata Pencaharian
Sistem mata pencaharian adalah Cara yang dilakukan sekelompok orang sebagai kegiatan sehari-hari guna usaha pemenuhan kehidupan dan menjadi pokok penghidupan baginya.
 Mata pencaharian hidup manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya mengalami beberapa proses, dimulai dengan berburu, kemudian meramu dan pada akhirnya bercocok tanam,  merupakan suatu peristiwa besar dalam proses perkembangan kebudayaan manusia (Adimihardja, dalam Ekadjati, 1980 : 166).
Mata pencaharian hidup masyarakat di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, Wertheim dalam ‘Indonesian Society in Transition’ membagi cara bercocok tanam masyarakat Indonesia menjadi tiga pola mata pencaharian utama, yaitu masyarakat pantai, masyarakat sawah, dan masyarakat ladang. (Adimihardja, dalam Ekadjati,1980 : 1975). Selanjutnya Hildred Geertz (1964 :23)Menghubungkan jenis mata pencaharian dengan komposisi sosial, komposisi tersebut adalah ‘the urban elite’, yang terdiri atas kalangan diplomatik, penguasaha baik asing maupun pribumi; kemudian mereka yang disebut ‘the urban middle class’ yaitu yang terdiri atas kalangan pe gawai menengah, pamongpraja, guru dan anggota tentara, dan yang terakhir disebut ‘the urban proletariat’ yang terdiri atas golongan buruh, pembantu rumah tangga, tukang beca, pedagang kecil, dan lain-lain
B.  RINGKASAN DAN KERANGKA BERPIKIR
                        Berdasarkan teori tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa teknologi sangat mempengaruhi system matapencaharian masyarakat.
1.     Teknologi yang semakin modern membuat daya kerja manusia dapat tergantikan oleh teknologi dimasyarakat desa Cimelati Sukabumi.
2.     Teknologi yang modern mendorong manusia untuk menciptakan system matapencaharian baru di masyarakat Desa Cimelati Sukabumi Jawabarat.
3.     Masyarakat yang menggunakan teknologi lebih modern dapat diterapkan dalam system matapencaharian yang dimiliki.
4.     Masyarakat yang belum memiliki matapencaharian didorong untuk menciptakan kesempatan kerja tersendiri dan dibantu dengan teknologi yang dikuasai dan dimiliki.
C.  HIPOTESIS
Berdasarkan konsep-konsep yang telah dituangkan dalam kerangka berpikir maka hipotesis (Ha) yang dapat diajukan adalah sebagai berikut.
        Terdapat hubungan positif  antara teknologi dan sistem mata pencaharian di Desa Cimelati Sukabumi, Jawa Barat.

BAB III
METODOLOGI
A.  Pemilihan subjek & objek penelitian
          Dalam suatu penelitian , perlu menentukan subjek dan objek penelitian ,yang menjadi subjek penelitian adalah orang atau responden sebagai sumber data,sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah yang menjadi pusat perhatian peneliti. Lebih lanjut dapat diuraikan sebagai berikut.
1.      Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah sekumpulan unit-unit elementer, atau hal-hal yang menjadi sumber pengambilan sample yang memenuhi syarat tertentu berkaitan dengan masalah penelitian. Dalam penelitian ini populasi yang dijadikan sumber data yaitu masyarakat desa Cimelati Sukabumi.
2.      Sample
Sample merupakan bagian dari populasi yang diambil dan dipergunakan untuk penelitian yang sifatnya dan karakternya mewakili populasi sebagai subjek penelitian. Adapun yang dijadikan sample dalam penelitian ini sebanyak 30 orang dengan objek penelitiannya adalah latar belakang/ System  matapencaharian dan teknologi masyarakat desa Cimelati Sukabumi.
B. Design dan Pendekatan Penelitian
Dalam melakukan penelitian ada pendekatan yang digunakan , yaitu pendekatan kuantitatif yang berbentuk angka-angka dan cara pengolahannya menggunakan analisisnya statistic.
C. Pengumpulan Data
     Cara memperoleh data dikenal sebagai metode pengumpulan data. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa
1.     Metode Wawancara
Metode wawancara adalah sebuah dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk memperoleh informasi dari terwawancara. Dengan metode ini dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat Desa Cimelati Sukabumi, Jawa Barat.
2.     Metode Observasi
Metode Obervasi adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan panca indra atau pengamatan. Dengan metode ini dapat langsung melihat keadaan masyarakat beserta lingkungan Desa Cimelati, Jawa Barat.
3.     Metode Angket (Terlampir)
Metode Angket adalah sebuah cara atau teknik yang digunakan seorang peneliti untuk mengumpulkan data dengan menyebarkan sejumlah lembar kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus di jawab oleh para responden. Dengan metode ini dapat mendapatkan data sebanyak mungkin dalam waktu bersamaan.
4.     Studi kepustakaan
Studi kepustakaan adalah mengadakan penelitian dengan cara mempelajari dan membaca literature-literatur yang ada hubungannya dengan permasalahan yang menjadi objek penelitian. Dengan metode ini dapat menambah beberapa data yang tidak bisa kita peroleh dari masyarakat sekitar.
5.     Dokumentasi ( Terlampir).
Dokumentasi adalah pemberian atau pengumpulan bukti-bukti dan keterangan. Dengan metode ini dapat memperjelas data yang telah diteliti.
  
BAB IV
PEMBAHASAN
 1.      Sistem teknologi masyarakat desa Cimelati Sukabumi Jawa Barat
Dari pengamatan yang kami lihat pada masyarakat desa Cimelati Sukabumi Jawa Barat, bahwa teknologi yang mereka gunakan cenderung sudah mulai modern. Kami menemukan beberapa teknologi seperti lemari pendingin (refrigator), penanak nasi dengan listrik (rice cooker), dan alat – alat rumah tangga lainnya yang sudah modern. Teknologi yang digunakan dalam segi pekerjaan pun sudah menunjukkan kemajuan, dalam bidang pertanian mereka sudah menggunakan traktor dan tidak lagi menggunakan kerbau sebagai pembajak sawah. Alat transportasi yang digunakan adalah sepeda motor, mobil dan kendaraan umum, perlengkapan sep erti perkakas sehari – hari yaitu pisau, dan cangkul sudah tidak mereka produksi sendiri melainkan dibeli dari pasar terdekat. Sehingga desa ini dapat digolongkan sebagai desa yang sudah menerapkan teknologi modern dalam kehidupan sehari – hari.
2.      Sistem mata pencaharian masyarakat desa Cimelati Sukabumi Jawa Barat.
Penerapan teknologi yang modern mendorong masyarakat untuk mengubah sedikit pola mata pencahariannya. Menurut nara sumber dahulu mayoritas masyarakat desa Cimelati Sukabumi Jawa Barat ini adalah petani. Karena banyak didirikan pabrik didaerah tersebut maka akhirnya masyarakat banyak yang lebih memilih bekerja sebagai buruh dibandingkan dengan bercocok tanam.
Masyarakat yang sebelumnya yang tidak mempunyai pekerjaan banyak yang menjadi tukang ojeg dikarenakan mengandalkan teknologi yang ada.
 3.        Hubungan sistem teknologi dengan sistem mata pencaharian masyarakat desa Cimelati Sukabumi Jawa Barat.
Teknologi yang modern memperngaruhi sistem mata pencaharian masyarakat desa Cimelati Sukabumi Jawa Barat. Ada beberapa hubungan teknologi dengan sistem mata pencaharian masyarakat yang dapat kami ketahui, ada hubungan positif dan negative yang tercipta. Teknologi meyebabkan daya kerja masyarakat menjadi menurun karena melihat sesuatu dengan kepraktisan. Teknologi juga dapat menutup sistem mata pencaharian masyarakat. Contohnya penggantian daya kerja masyarakat dengan mesin sehingga banyak masyarakat desa Cimelati yang sulit mendapatkan pekerjaan dan akhirnya menganggur. Namun, penggunaan teknologi juga dapat membuka mata pencaharian baru bagi masyarakat desa Cimelati Sukabumi Jawa Barat. Contohnya seperti sepeda motor yang memudahkan transportasi masyarakat dapat beralih fungsi menjadi lahan mata pencaharian masyarakat seperti jasa ojeg. 
  
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

1.     A.  Kesimpulan
Dari hasil penelitian maka dapat kami simpulkan bahwa sistem teknologi dan sistem mata pencaharian mempunyai hubungan yang erat, dari segi positif maupun negatif. Pada masyarakat desa Cimelati Sukabumi Jawa Barat dapat dilihat bahwa teknologi dapat menggeser pola sistem mata pencaharian masyarakat. Namun juga dapat menciptakan sistem mata pencaharian baru. Dalam hal ini desa Cimelati Sukabumi Jawa Barat dapat digolongkan sebagai desa swakarya.
B.     Saran
Dari hasil penelitian ini, kami menyarankan bahwa hendaknya masyarakat desa Cimelati Sukabumi Jawa Barat dapat menggunakan teknologi sebagai salah satu alternatif sistem mata pencaharian masyarakat, dan hendaknya masyarakat diberikan keterampilan dalam penggunaaan teknologi agar dapat dimanfaatkan dengan lebih optimal guna menciptakan lapangan pekerjaan sesuai dengan penguasaan teknologi masyarakat Desa Cimelati Sukabumi Jawa Barat.

Angket penelitian
A.    Angket sistem ekonomi
1.     Apakah pekerjaan bapak?
a.      Petani              b. Beternak         c. Berdagang         d.buruh           e. Pegawai
2.     Jika bertani apa saja yang diusahakan?
a.      Bercocok tanam          b. Beternak          c. Tambak
3.     Apakah dalam bercocok tanam menggunakan sawah teknis atau irigasi?
a.      Iya                               b. tidak
4.     Mengapa dalam bertani masyarakat tidak menggunakan cangkul dan alat pertanian modern lainnya?
5.     Apakah dalam beternak hewan-hewan digembalakan?
a.      Iya                               b. Tidak
6.     Apakah dalam memelihara ikan menggunakan kolam buatan?
a.      Iya                               b. Tidak
7.     Alat apa yang digunakan dalam pemeliharaan ternak?
8.     Jika berdagang apa jenis dagangannya?
9.     Sebagai seorang tukang ojek berapa penghasilan anda?
10. Apakah anda menggangap pekerjaan sebagai tukang ojeg sebagai alternatif  pekerjaan?
11. Bagaimana pembagian kerja pada masyarakat desa cimelati?
12. Bagaimana pola pertanian pada masyarakat setempat?

B.     Angket sistem teknologi dan bahasa
1.     Apakah anda dapat menggunakan bahasa lain selain bahasa daerah dan bahasa Indonesia?
2.     Apakah ada peralatan rumah tangga yang bapak pergunakan buatan sendiri?
a.      Ada                 b. tidak            c. sebagian
3.     Sebutkan peralatan rumah tangga yang dibuat sendiri!
4.     Sebutkan peralatan hidup modern yang anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari!
5.     Sebutkan peralatan yang dipergunakan untuk keperluan bertani?
6.     Sebutkan alat pertanian tradisional dan modern yang digunakan dalam bertani?
7.     Bagi masyarakat petani, alat apa yang digunakan dalam pertanian?
8.     Apa alat produksi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari?
9.     Sebutkan alat yang digunakan untuk mengangkut hasil bumi?
10. Apakah alat modern yang digunakan dalam pendidikan?                       

C.    Angket sosiologi
1.  Bagaimana kondisi bangunan rumh yang ditempati penduduk?
      a.permanen      b. semi permanen        c. sederhana    d. sangat sederhana
2.   Apakah rumah bapak dilengkapi halaman?
        a. ya                                         b. tidak
3.  Berapa meter jarak rumah bapak dengan orang lain sekitarnya?
4.  Dimana letak rumah anda?
     a. daerah pedlaman     b. perkampungan kumuh         c.pemukinan elite
5.  Apakah sarana/prasarana yang ada sudah memadai?
    a. ya                                         b.tidak
6.  Sebelum keluarga anda tinggal disini,apakah sebelumnya anda tinggal didaerah lain?
    a. ya                                         b. tidak
7. Ditempat tinggal anda,terdapatkah fasilitas kesehatan?
    a. ya                                         b. tidak
8. Apakah ditempat tinggal anda terdapat sarana atau prasarana peribadatan ?
9. Ditempat tinggal bapak terdapatkan peerindustrian ?
   a.iya                                         b. tidak
10. Dilingkungan tempat tinggal anda terdapatkah : hotel/rumah makan/pasar/ruang pertemuan?
11. Berapa kilometer jarak dari rumah anda kepasar?
12. Apakah ditempat tinggal anda dilalui angkutan umum atau angkot?
13. Sebagai petani berapa penghasilan anda sehari-hari ?
14. Apakah pekerjaan bertani merupakan pekerjaan turun temurun ?
15. Kapan puncak penghasilan anda terjadi ?
16. Bagaimana sistem kekerabatan dimasyarakat desa cimelati sukabumi ?
17. Bagaimana rata-rata tinggat pendidikan penduduk setempat ?
18. Jelaskan apa saja pekerjaan penduduk dalam memenuhi kebutuhannya?

DAFTAR PUSTAKA
Mulyati , Sri.2007. Sosiologi 3 Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat, Jakarta: Yudistira
Ivonne, Fransisca. 2010. Hubungan Kepercayaan Terhadap Pola Hidup Masyarakat Badui di Cibolegeur, Banten

Apakah Postingan ini Keren Bermanfaat Guys? Please Bantu Viralkan Guys!

URL:HTML:BB(forum):
Posted by SahrulParawie
WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN Updated at: 5/27/2018 06:35:00 AM

No comments :

Post a Comment