Sejarah WhatsApp

Untuk Memudahkan Pencarian Dokumen Pendidikan Gunakan Filtur Pencarian di Bawah ini

Sejarah WhatsApp


 
Sejarah Berdirinya WhatsApp
WhatsApp adalah aplikasi instant messaging cross-platform untuk Android, iOS, Windows Phone, BlackBerry, Symbian dan sistem operasi lain yang memungkinkan pengguna berkomunikasi melalui teks, suara dan gambar melalui Wi-Fi atau jaringan selular. 

WhatsApp juga bersaing dengan layanan seperti Facebook Messenger, Google Hangouts, BBM, iMessage, Line, Viber, KakaoTalk, atau Skype. WhatsApp diciptakan pada awal tahun 2009 oleh Ian Koum seorang imigran Ukraina yang tinggal di Mountain View, California, yang pada satu titik dia harus mengandalkan kupon makanan untuk memenuhi kebutuhan bersama-sama dengan ibunya.
  
Ian Koum sekarang berusia 37 tahun dan ide awal Koum adalah untuk memberikan pengguna cara berbagi status seperti "I am busy" atau "At the gym" dengan orang-orang dalam jaringan mereka. Inilah sebabnya mengapa aplikasi ini disebut "WhatsApp." Koum kemudian memilih nama itu karena terdengar seperti "what's up" yang pada dasarnya apa tentang app awalnya dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan kontak seseorang.

WhatsApp pertama kali diluncurkan pada iPhone dan berjuang di awal dengan hanya beberapa orang pengguna yang menggunakannya secara aktif. Kemudian Apple memperkenalkan pemberitahuan push pada iOS di bulan Juni 2009 dan Koum menggunakan fitur baru untuk membiarkan kontak pengguna untuk nge-ping setiap kali mereka perbaharui status. Orang-orang segera mulai menggunakan fitur ini untuk berbicara dengan teman-teman dengan memperbaharui status mereka dan hampir secara tidak sengaja WhatsApp berubah menjadi layanan pesan (messaging service).


WhatsApp bukan yang pertama sebagai Platform messaging service dan menggunakan nomor telepon user untuk login, tidak seperti aplikasi pada Skype atau Gtalk dimana user register menggunakan account. BBM sebenarnya juga melakukan hal yang sama tapi hanya terbatas pada perangkat BlackBerry. 

Sejak awal tahun 2009 WhatsApp menggelembung menjadi raksasa dengan memperluasnya ke aplikasi Android, BlackBerry juga platform lainnya dan terus menambahkan fitur yang baru. Sekarang Mark Zuckerberg turun dengan $19 billion di atasnya atau sekitar $ 42 per pengguna aktif.

Kemarin Facebook mengumumkan tentang beberapa angka yang sangat mengesankan tentang WhatsApp:
·                     450 juta pengguna menggunakan layanan ini setiap bulan
·                     315 juta pengguna menggunakan layanan ini setiap hari
·                   Jumlah pesan yang dikirim pada layanan tersebut menyaingi jumlah pesan SMS yang terkirim di dunia
·                     Satu juta pengguna baru mendaftar setiap hari

Jadi jika WhatsApp begitu besar dan sukses kenapa ada orang yang tidak terbiasa dengan hal tersebut? Jawabannya adalah bahwa lokalisasi-WhatsApp sangat sukses di beberapa pasar seperti Eropa dan Amerika Latin tetapi tertinggal di Asia atau Amerika Utara. Gambar di bawah adalah peta yang dibuat oleh TechCrunch yang menunjukkan pangsa pasar layanan pesan top di seluruh dunia. Peta yang menggunakan data dari Onavo yaitu sebuah perusahaan analisis yang membeli Facebook pada Oktober 2013.

Seperti yang terlihat WhatsApp adalah terkenal di Eropa dan mengalahkan pesaing di Spanyol, Jerman atau Italia. Layanan ini juga terkenal di Brazil dan Rusia tetapi tertinggal di belakang Facebook di Amerika Utara dan di belakang Line dan KakaoTalk masing-masing di Jepang dan Korea Selatan. Menurut Jana Mobile WhatsApp memiliki saham antara 50 dan 80 persen di pasar dan telah muncul hingga berkembang pesat seperti di India, Afrika Selatan, Nigeria atau Meksiko.

Terlihat bahwa WhatsApp mungkin bukan nama yang  paling terkenal di seluruh dunia tapi terlihat kuat di banyak pasar dan sangat besar, mungkin termasuk beberapa hal yang akan tumbuh di tahun mendatang. Yang paling penting lagi bahwa WhatsApp sangat populer di daerah di mana Facebook Messenger tidak melakukannya dengan baik  dan ini mungkin salah satu alasan utama di balik akuisisi FB. Apa yang membuat WhatsApp populer dan sejarahnya aku telah tuliskan seperti di atas, dan memang WA juga sebenarnya terkenal, banyak user di negara kita.

Apakah Postingan ini Keren Bermanfaat Guys? Please Bantu Viralkan Guys!

URL:HTML:BB(forum):
Posted by SahrulParawie
WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN Updated at: 4/11/2018 07:51:00 AM

No comments :

Post a Comment