Resume Procedure Text dan Report Text - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

Resume Procedure Text dan Report Text


BAB I
Procedure Text

Dalam melakukan sesuatu, terutama yang bersifat sangat teknis, biasanya diperlukan suatu petunjuk agar petunjuk atau prosedur dapat dipahami maka perlu disampaikan dalam kalimat yang ringkas, jelas, dan berurutan sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan beberapa kalimat yang dapat digunakan sebagai petunjuk. Hal semacam ini disebut sebagai Procedure Text.
Sebagian Materi Dikutip Dari Buku :  Panca Prastowo

A.   Definisi
Procedure Text adalah teks yang isinya berkaitan dengan cara membuat, melakukan, atau mengoperasikan sesuatu secara berurutan ( dalam langkah langkah yang teratur mulai dari awal sampai akhir ).  Terkadang procedure text juga menyebutkan berbagai bahan atau alat yang diperlukan.

B.   Tujuan Procedure Text
Tujuan komunikatif procedure text adalah menggambarkan bahwa sesuatu yang dikerjakan sesuai dengan aturan melalui langkah – langkah yang jelas dan teratur. Dengan kata lain, jenis teks ini memberikan petunjuk cara – cara melakukan sesuatu dengan menempuh urutan yang benar.
C.   Generic Stucture of Procedure Text
Procedure text memiliki skema susunan umum atau generic structure diantaranya adalah sebagai berikut :
a)    Goal/Aim (Tujuan)
Goal atau aim berarti tujuan dalam pembuatan atau peng- operasian sesuatu.

b)    Materials (Bahan-Bahan)
Materials adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan sesuatu. Namun demikian, terdapat pula Procedure Text yang tidak memerlukan bahan-bahan. Seba¬gai contoh, “How to use the computer.” (Bagaimana cara menggunakan komputer).
Ada 3 jenis Procedural Text yang tidak menggunakan bagian materials. Perhatikan penjelasan berikut ini.
Pertama, Procedure Text yang menjelaskan bagaimana bekerja atau cara melakukan instruksi secara manual contohnya, How to use video game, the computer, the tape recorder, the fax, dan sebagainya.
Kedua, Procedural Text yang menginstruksikan bagai-mana melakukan aktivitas-aktivitas tertentu serta peraturannya. Contohnya, road safety rules, video game rules, dan sebagainya.
Ketiga, Procedural Text yang berhubungan dengan sifat atau kebiasaan manusia. Contohnya, How to live happily, atau How to succeed, dan sebagainya.
c) Steps (Langkah-Langkah)
Bagian ini memuat langkah-langkah atau urutan yang harus dilakukan agartujuan dapat tercapai. Sebagai catatan, pada Procedure Text berupa How to biasanya tidak menyebutkan (menyertakan) materi.yang dibutuhkan (material needed).
D.   Bentuk-Bentuk Procedural Text
Procedural Text dapat digunakan dalam bentuk recipes/ cookbooks, craft instructions, game rules, science experiments/ report, dan sebagainya.
Ciri Ciri
Terdapat beberapa ciri kebahasaan dalam Procedural Text, di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Menggunakan pola kalimat imperative (perintah), misalnya, cut, don’t mix, dan sebagainya;
  • Menggunakan action verbs, misalnya turn, put, don’t, mix, dan sebagainya;
  • Menggunakan connectives (kata penghubung) untuk mengurutkan kegiatan, misalnya then, while, dan sebagainya.
  • Menggunakan adverbials ( kata keterangan ) untuk menyatakan secara rinci waktu, tempat, serta cara yang akurat, misalnya for five minutes, 2 hours, dan sebagainya.
  • Menggunakan simple present tense.
  • Biasanya menggunakan penomoran, firstly, secondly, next, then, dan sebagainya.
  • Menjelaskan bahan bahan yang ada, walaupun tidak harus selalu ada.

E.   Contoh Kalimat Procedural Text Beserta Artinya :
Contoh Suatu Prosedur : How To Make Fried Rice
  • Goal ( Tujuan )
Tujuan prosedur adalah memberikan instruksi mengenai cara membuat nasi goreng.
  • Materials ( Bahan Bahan )
Integredients ( Bahan-bahan )
  1. a plate of rice ( 1 Piring nasi )
  2. 1 red chili pepper chopped ( 1 Buah cabai merah yang dirajang )
  3. 1 clove garlic chopped fine ( 1 siung bawang putih yang dirajang halus )
  4. 1 clove chopped onion ( 1 siung bawang merah yang dirajang )
  5. pinch of salt ( sedikit garam )
  6. 2 tbsp margarine ( 2 sendok makan mentega )
  7. 2 tbsp soy sauce ( 2 sendok makan kecap )


  • Steps ( Langkah-langkah )
Cooking Method ( Cara Memasak )
  1. Crush the red pepper, garlic, and onion until very fine. (Ulek cabai merah, bawang putih, dan bawang merah sampai halus.)
  2. Add the salt and saute in margarine over low heat for 2 minutes. (Tambahkan garam dan goreng dalam mentega di api kecil selama 2 menit.)
  3. Add the rice and soya sauce. (Tambahkan nasi dan kecap.)
  4. Stir until well mixed and rice is hot. ( aduk sampai tercampur rata dan nasi matang )

Presentation (Cara Menyajikan)
  1. Serve hot on a plate. (Hidangkan panas-panas diatas piring)
  2. Garnish With shredded omelet, sliced cucumber, and tomatoes. (Hias dengan irisan telur dadar, mentimun, dan tomat.)



BAB II

Report Text

 

A.Pengertian Report Text dan Contohnya

Report text adalah salah jenis genre of text yang masuk kategori descriptive. Definisi report text itu sendiri adalah sebuah genre atau jenis teks yang berusaha menggambarkan sesuatu seperti benda, manusia, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya yang masih sangat umum. Jadi tidak fokus pada satu benda melainkan semua benda yang masuk dalam satu kategori. Misalnya kita sedang membicarakan gajah, maka kita akan membahas sifat, bentuk, karakter gajah pada umumnya.

B. Perbedaan Report Text dan Descriptive Text

1.    Cara membedakan report text dan descriptive text yang paling mudah adalah dengan melihat apakah sesuatu yang digambarkan tersebut umum atau khusus. Jika sesuatu tersebut adalah umum, maka jenis textnya adalah report. Tetapi jika khusus, maka jenis textnya adalah descriptive.

Misal, pada penjelasan descriptive text saya memberi contoh tentang Candi Borobudur. Di dalamnya menjelaskan bagaimana bentuk Candi Borobudur, letaknya dan kapan dibuatnya. Jadi hanya fokus dan khusus menjelaskan satu objek yang bernama Candi Borobudur. Lain halnya jika saya menjelaskan tentang Candi. Maka saya akan menjelaskan bentuk atau model candi pada umumnya seperti apa, kemudian candi merupakan tempat peribadatan agama apa dan seterusnya. Jadi saya menjelaskan Candi secara umum, baik itu candi Borobudur, Prambanan, Mendut dan lain sebagainya, tidak khusus dan fokus.

2.    Selain itu, biasanya report text biasanya menggambarkan sesuatu dengan sudut pandang ilmiah. Sehingga biasanya akan diikuti dengan penjelasan tentang hasil penelitian atau observasi terhadap objek yang sedang dibicarakan tersebut.

Nah, sekarang jika saya minta kamu untuk menentukan jenis text dari dua judul ini: My Cat dan A Cat, maka kira-kira mana yang termasuk dalam kategori report text? Jika kamu paham pasti bisa menentukannya dengan benar. Agar yakin, coba kamu jawab di kolom komentar di bawah postingan ini untuk memastikan bahwa kamu sudah paham betul perbedaan keduanya.

C. Tujuan Report Text

Tujuan komunikatif Report text adalah untuk menggambarkan tentang sesuatu secara apa adanya yang merupakan hasil observasi atau penelitian dan analisa secara sistematis. Intinya text Report berisi fakta-fakta sebuah objek yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

 

D. Generic Structure Report Text

Susunan umum atau Generic Structure pada umumnya terdiri dari urut-urutan sebagai berikut:
1.    General Clasification
Pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya. 

2.    Description
tells what the phenomenon under discussion; in terms of parts, qualities, habits or behaviors. Pada bagian ini biasanya memberikan gambaran fenomena-fenomena yang terjadi, baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, ataupun tingkah lakunya. Intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang disajikan dengan ilmiah.

E. Ciri-ciri Report Text

1.    Karena bertujuan mengungkap gambaran tentang sesuatu berdasarkan kajian ilmiah, maka biasanya menggunakan bahasa ilmiah.
2.    Dan karena berisi fakta-fakta ilmiah tersebutlah, maka report text didominasi oleh simple present tense.
3.    Judulnya akan terlihat umum, seperti Playing Football dan bukan Manchester Football Club.
4.    Biasanya disertai gambar, data statistik berupa diagram atau peta untuk meyakinkan bahwa hasil penelitiannya dilakukan secara ilmiah.

F. Contoh Report Text dan Penjelasannya

Contoh 1: Komodo Dragon.
Komodo dragons have thrived in the harsh climate of Indonesia’s Lesser Sunda Islands for millions of years, although amazingly, their existence was unknown to humans until about 100 years ago.
Reaching 10 feet (3 meters) in length and more than 300 pounds (136 kilograms), Komodo dragons are the heaviest lizards on Earth. They have long, flat heads with rounded snouts, scaly skin, bowed legs, and huge, muscular tails.
As the dominant predators on the handful of islands they inhabit, they will eat almost anything, including carrion, deer, pigs, smaller dragons, and even large water buffalo and humans. When hunting, Komodo dragons rely on camouflage and patience, lying in wait for passing prey. When a victim ambles by, the dragon springs, using its powerful legs, sharp claws and serrated, shark-like teeth to eviscerate its prey.
Animals that escape the jaws of a Komodo will only feel lucky briefly. Dragon saliva teems with over 50 strains of bacteria, and within 24 hours, the stricken creature usually dies of blood poisoning. Dragons calmly follow an escapee for miles as the bacteria takes effect, using their keen sense of smell to hone in on the corpse. A dragon can eat a whopping 80 percent of its body weight in a single feeding.
There is a stable population of about 3,000 to 5,000 Komodo dragons on the islands of Komodo, Gila Motang, Rinca, and Flores. However, a dearth of egg-laying females, poaching, human encroachment, and natural disasters has driven the species to endangered status.

Penjelasan:
1.    Paragraf pertama: General Classification. Berisi pengenalan objek bahwa Komodo adalah binatang yang telah ada sejak berjuta-juta tahun yang lalu.
2.    Pada paragraf kedua dan seterusnya: Description. Berisi tentang bentuk fisik Komodo meliputi panjang, berat, maupun ciri fisiknya dan kebiasaannya mencari makan serta statistik populasi habitat Komodo di berbagai daerah.


  


DAFTAR PUSTAKA

http://www.sekolahbahasainggris.com/pengertian-procedure-text-materi-lengkap-dan-contohnya-dalam-bahasa-inggris/
http://inggrisonline.com/pengertian-struktur-ciri-report-text-dan-contohnya/

0 Response to "Resume Procedure Text dan Report Text"

Post a Comment