RESUME MATERI TOBAT DAN RAJA - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

RESUME MATERI TOBAT DAN RAJA



A.     TOBAT
1.    Pengertian dan Hukum Tobat
Menurut bahasa, tobat berarti kembali. Sementara menurut istilah, tobat adalah kembali kepada jalan yang benar atau memohon ampunan kepada Allah setelah melakukan pelanggaran terhadap syariat Allah, kemudian diiringi dengan mengerjakan perbuatan baik dan meninggalkan perbuatan tercela yang telah dikerjakan.
Rasulullah SAW bersabda:
“Setiap anak adam (Manusia) berdosa. Sebaik-baik orang yang berdosa ialah yang mau bertobat”

Bertobat kepada Allah hukumnya wajib. Allah SWT berfirman:
dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (QS. An-Nur (24) : 31)

Ayat di atas menjelaskan bahwa seseorang yang mau bertobat dan memohon ampun kepada Allah SWT akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut antara lain:
a.    Mereka dekat dengan Allah dan mendapat kasih sayang-Nya;
b.    Memperoleh kedudukan yang tinggi di hadapan Allah
c.    Doa yang dipanjatkannya lebih mudah dikabulkan Allah

2.    Contoh Perilaku Tobat
Ketika Nabi Yunus berpaling dari umatnya yang tidak mau menerima dakwahnya maka Nabi Yunus serasa memohon kepada Allah agar ditimpakan adzab, ketika itu pula Nabi Yunus telahmelakukan perbuatan dosa karena ketika itu umatnya bertobat sehingga azab Allah berhenti.

Suatu ketika dengan kehendak Allah SWT Nabi Yunus menjalani hukum di dalam perut ikan Paus. Selama di dalam perut ikan, Nabi Yunus terus bertobat diantaranya dengan mengucapkan: “tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Enkau. Maha Suci Engkau sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dzalim” (Qs. Al-Anbiya: 87).
Mada dalam waktu yang telah ditentukan Allah dan dengan izinNya dikeluarkanlah Nabi Yunus dari perut Ikan Paus itu dalam keadaan selamat. Jadi dengan keluarnya Nabi Yunus dari perut ikan paus menandakan tobatnya sudah dikabulkan.

3.    Membiasakan perilaku bertobat dalam kehidupan sehari-hari
Agar mudah dilakukan, hendaknya tobat dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara meminta maaf dan memaafkan orang lain yang bersalah kepada kita.

B.    RAJA’
1.    Pengertian dan Hukum Raja’
Menurut bahasa, kata raja’ artinya pengharapan, menurut istilah raja’ adalah mengharapkan rida, cinta dan kasi dari Allah SWT yakni dimasukkan ke dalam surga yang penuh kenikmatan.

Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosasemuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.   (QS. Az-Zumar (39) : 53)

Sebagai makhluk Allah yang lemah, tentunya manusia menyadari bahwa dirinya mempunyai banyak kelemahan, kekurangan, dan keterbatasan dalam segala hal sehingga ia akan menjadi Tawaduk, Rendah Hati, dan tidak menyombongkan diri. Sebagai seorang muslim kita harus mengerti dan menyadari bahwa segala sesuatu berasal dari Allah, hidup di bumi Allah dan akan kemba di sisi Allah.

2.    Contoh Perilaku Raja’
Dalam keseharian, sebaiknya manusia selalu berusaha agar seluruh kegiatan harus diupayakan dengan serius semaksimal mungkin. Karena manusia memiliki keterbatasan, maka selalu orang mukmin harus berharap kepada Allah.

3.    Membiasakan Perilaku Raja’ dalam kehidupan sehari-hari
Berharap hanya kepada Allah ketika menghadapi hal-hal yang sekiranya memberatkan kehidupan kita harus dibiasakan. Misanya, ujian kekurangan makanan, penyakit, hilangnya keluarga dan lain sebagainya. Termasuk bagi para pelajar yang mengalami kegagalan dalam ujian akhir semester atau ujian akhir nasional berdoa dan bertawakal atas kejadian yang menimpa tersebut. Ia akan yakin bahwa segala sesuatu yang menimpa dan kelihatannya merugikan itu akan segera berlalu.

Untuk itu mulailah sejak di bangku sekolah agar ketika sudah lulus, bekerja, dan berkeluarga, kebiasaan baiknya akan terasa ringan dan tidak ada beban. Hal ini harus dipahami betul karena putus asa itu hanya orang kafir yang berhak menyandangnya.


0 Response to "RESUME MATERI TOBAT DAN RAJA"

Post a Comment