PENGERTIAN SEJARAH DAN KEDUDUKAN PSIKOLOGI - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

PENGERTIAN SEJARAH DAN KEDUDUKAN PSIKOLOGI


PENGERTIAN, SEJARAH DAN KEDUDUKAN PSIKOLOGI

A.      Pengertian Psikologi
·           Psikologi berasal dari 2 kata, yaitu psyche artinya jiwa, logos artinya ilmu, karena itu psikologi lebih dikenal dengan ilmu jiwa.
·           Beberapa ahli kurang sependapat dengan terjemahan tersebut, ilmu jiwa dipergunakan untuk arti yang lebih luas yang meliputi segala pemikiran, pengetahuan, tanggapan, tetapi juga khayalan dan spekulasi mengenai jiwa itu.
·           Psikologi meliputi ilmu pengetahuan mengenai jiwa yang diperoleh secara sistematis dengan metode-metode ilmiah yang memenuhi syarat.
·           Ilmu jiwa belum tentu pesikologi, sedang pesikologi menunjuk pada ilmu yang ilmiah.
·           Menurut Wundt, pesikologi merupakan ilmu tentang kesadaran manusia (the science of human consciousness).
·           Woodworth & Marquis (1957) mengemukakan pendapat bahwa psikologi merupakan ilmu tentang aktivitas – aktivitas individu (the science of the activities of the individual). Aktivitas yang dimaksud adalah aktivitas motorik, koginitif, maupun emosional.
·           Branca (1964) mendefinisikan psikologi sebagai ilmu tentang prilaku sependapat bahwa pesikologi adalah ilmu perilaku tepatnya menunjuk pada perilaku manusia, sekalipun perilaku hewan juga diamati melalui penelitian yang berguna untuk mengerti tentang keadaan manusia.
·           Dari berbagai pendapat di atas, psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia yang merupakan manifestasi hidup kejiwaan.
·           Sarlito W Sarwono berpendapat bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya.
·           Ilmu pengetahuan, yaitu suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun sistematis dan mempunyai metode-metode tertentu.
·           Perilaku, mempunyai arti yang lebih konkret dari pada jiwa, sehingga lebih mudah dipelajari, perilaku yang dimaksud adalah perilaku terbuka (kasat mata) dan berperilaku yang tertutup, misal berpikir, sedih, takut, dan sebagainya.
·           Manusia, makin lama objek materiil psikologi makin mengarah kepada manusia, manusialah yang paling berkepentingan dengan ilmu ini.
·           Lingkungan, tempat manusia hidup, menyesuaikan diri dan mengembangkan diri.
·           Laura A king mendefinisikan psikologi secara formal sebagai kajian ilmiah mengenai perilaku dan proses-proses mental.
·           Sebagai buah ilmu pengetahuan, pesikologi menggunakan metode yang sistematis, dengan tujuan untuk menggambarkan, meramalkan, dan menjelaskan perilaku.
·           Perilaku adalah segala sesuatu yang kita lakukan yang dapat diamati secara langsung. Misal, bayi menangis
·           Proses Mental adalah berbagai pikiran, perasaan, dan motivasi yang dialami secara pribadi, namun tidak dapat diamati secara langsung. Misal, perasaan bayi ketika ibunya meninggalkan kamar.

B.       Sejarah Psikologi
·         Psikologi berdiri sebagai ilmu pengetahuan pada tahun 1879.
·         Wilhelm Wundt mendirikan laboraterium psikologi yang pertama di Leipzig untuk meneliti peristiwa-peristiwa kejiwaan secara eksperimental, sehingga beliau dikenal dengan bapak psikologi eksperimen.
·         Wundt pada awalnya seorang fisiolog, akan tetapi beliau mempunyai pandangan bahwa fisiologi dapat dipadnang ilmu pembantu psikologi, dan psikologi harus berdiri sendiri sebagai ilmu pengetahuan.

C.      Ruang Lingkup Psikologi
1.      Psikologi Umum
Ialah psikologi yang meneliti dan mempelajari aktivitas-aktivitas psikis manusia yang tercermin dalam perilaku pada umumnya, yang dewasa, yang normal dan yang berkultur.

2.      Psikologi Khusus
Pesikologi perkembangan
:
Pesikologi anak, remaja, dewasa, lansia
Psikologi Sosial
:
Perilaku manusia dalam hubungannya dengan situasi sosial
Psikologi pendidikan
:
Aktivitas manusia dalam hubungan dengan situasi pendidikan
Psikologi kepribadian
:
Mempelajari tipe-tipe kepribadian
Psikopatologi
:
Menguraikan keadaan psikis yang tidak normal (abnormal)
Psikologi kriminal
:
Berhubungan dengan soal kejahatan atau kriminalitas
Pesikologi Perusahaan
:
Berhubungan dengan soal-soal perusahaan, kepuasan konsumen

0 Response to "PENGERTIAN SEJARAH DAN KEDUDUKAN PSIKOLOGI"

Post a Comment