NASKAH DRAMA PERSAHABATAN DI SEKOLAH - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

NASKAH DRAMA PERSAHABATAN DI SEKOLAH


Berikut Ceritanya:
Di Kelas murid-murid bernyanyi bersama, tiba-tiba Pak Robin datang.
Pak Robin               : “Selamat pagi anak-anak”
Murid-murid           : “Selamat pagi pak”
Pak Robin               : “Pagi ini kita kedatangan siswa baru dari luar negeri”
Ainun                     : “Waah.. swasta donk,  Pak he ..he.. he ...”
Pak Robin               : “Huusstt sembarangan aja kamu ini”
                                 Dengerin dulu, silahkan kenalkan diri kamu!
Michel                    : “I wanto to introduce my self, my name is Michel. I com from paris”
Murid-murid           : “Wah .... paris”
Nabila                     : “Paris dari mana??
                                 Prapatan Ciamis?? Ha.. ha.. ha...
Eka                         : “Aaah ... sok banget lu
                                 Pake bahasa inggris segala, ini Indonesia Guys!”
Pak Robin               : “Apakah kamu bisa bahasa indonesia??”
Michel                    : “Bisa pak”
Nabila                     : “Halaah tuh bisa bahasa Indonesia
                                 Udah pake bahasa Jawa aja!
                                 Bahasa Planet juga boleh!”
Khusnul                  : “emmm ada apa ni rame rame??
                                 (terbangun dari mimpi panjangnya)
Pipin                       : “Alah kamu tuh ya molor mulu”
Khusnul                  : “He he he maaf-maaf semalam habis bergadang nonton bola”
Lia                          : “Iyaa semalem yang menangkan Taufik Hidayat”
Tya                         : “Menurut buku yang ku baca, atlet Taufik Hidayat itu pemain bulu tangkis bukan sepak bola”
Pipin & Khusnul     : “Huuh Telmi!!”
Pak Robin               : “Lho lho lho kenapa pada sibuk sendiri??
                                 Michel kamu sekarang boleh duduk, kamu bisa duduk di samping diart, dia juga murid blasteran Paris lho, benarkan Diart??”
Diart                       : “Iya pak, papa saya dari Paris”
Eka                         : “Udah sana gabung ama spesies yang sama”

Saat Michel menuju bangkunya, tiba-tiba Michel jatuh karena disandung dengan kaki Ainun dan kelompok Jahat pun makin ricuh. Diart datang dan membantu Michel berdiri
Diart                       : “Kamu gapapa??”
Michel                    : “Gapapa kok, makasih ya orang Indonesia ga sopan ya”
Pak Robin               : “Bapak tidak mau nanti mendengar berita bahwa Michel dikerjaan sama kalian”
Eka                         : “Huuh bule gadungan”
Diart                       :”Hei bisa gak sie ngehargaan orang?
Pak Robin               : “Sudah-sudah! Sekarang pelajaran IPS. Ktia akan membahas tentang globalisasi dan pengaruh barat yang merugikan indonesia. Disini ada yang tahu apa itu globalisasi?
Lia                          : “Saya pak, globalisasi adalah gabungan dari kata yaitu global dan sasi. Jadi kalau dibalik akhirnya menjadi sasi dan global. Kemudian dapat diketahui lebih dalam lagi arti globalisasi adalah suatu global yang ada di Indonesia. Tapi akhirnya??..
Pipin                       : “Akhirnya globalisasi
                                 Terus apa artinya, apa Lia??”
Lia                          : “Artinya ya Globalisasi he.. he ..”
Pak Robin               : “Hmm ada yang tahu?? Khusnul kamu lagi ngapain??”
Khusnul                  : “(Terbangun) eh, iya ada apa pak?”
Pak Robin               : “Apa yang kamu ketahui tentang globalisasi?”
Khusnul                  : “Heehh apaan tuh?? He he he maaf pak, saya tidak tahu??
Tya                         : “Saya tau pak, menurut buku yang pernah saya baca globalisasi itu....
Pak Robin               : “Yahh kurang lebihnya memang seperti itu. Globalisasi itu membawa pengaruh bagi bangsa Indonesia. Berdampak baik maupun ada yang buruk”
Tya                         : “Tapi lebih banyak pengaruh buruknya pak. Contohnya saja dalam berpakaian orang barat memakai pakaian mini dan sangat tidak sopan. Pergaulan semakin liar juga karena pengaruh dari luar.
Diart                       : “Maaf tapi pak, pengaruh luar juga sangat mendukung kelancaran tekhnologi di Indonesia. Tekhnologi di Indonesia semakin canggih kan berkat globalisasi”
Khusnul                  : “Betul itu pak, berkat tekhnologi, aku jadi bisa Facebook-an, Twitter-an, What’sapp dll”
Pipin                       : “Iya pak, yang paling aku suka, aku lebih mudah ngerjain tugas. Kan tinggal browsing aja he he ... ups...”
Lia                          : “Tapi tetap aja Indonesia lebih hebat dari luar negeri. Di luar negeri gak ada Borobudur, Prambanan, Pulau Komodo. Pokoknya Indonesia hebat dech!”
Tya                         : “Tumben bener ngomongnya”
Lia                          : “he he iya donk, catet ahh biar kagak lupa”
Michel                    : “di luar negeri juga banyak kok hal-hal indah kayak gitu. Ada menara Eiffel, gedung perlemen, tembok cina dan masih banyak lagi”
Eka                         : “Yeee dia sok tahu”
Diart                       : “Emang kamu pernah ke luar negeri??”
Eka                         : “emm ya yaa udah donk”
Nabila                     : “Lho kapan ka??”
Ainun                     : “Kayaknya belum pernah dech?”
Eka                         : “(ekspresi malu dan berbisik) diem lu pada!”
Pak Robin               : “Kalian itu yah dijelasin malah pada bahas sendiri-sendiri. Yaudah sekarang Bapak lanjutkan ya. Apa peranan dari .......

Bel instirahat berbunyi, dengan cepak kelompok Jahat langsung keluar kelas.
Ainun                     : “Wahh istirahat! Ayo ke Kantin!!”
Nabila & Eka          : “Ayoo ayo!!”
Pak Robin               : “Wooy! Dasar murid-murid ga sopan! Gurunya belum keluar udah lari aja ke kantin. Yaudah Bapak akhiri ya anak-anak semat siang”

Murid lain pun juga pergi ke Kantin dan meninggalkan kelas. Tinggal Diart dan Michel
Diart                       : (memasang headset dan bernyanyi keras)
Michel                    : (menarik headset Diart) “Aku benci Indonesia”
Michel                    : “Papa ku pindah kantor ke Indonesia, jadi terpaksa deh aku ikut”
Diart                       : “Terus yang bikin kamu jadi benci Indonesia apa??”
Michel                    : “Indonesia sangat terikat dengan adat serba penuh aturan! Gini gak boleh, gitu juga gak boleh. Banyak larangan, sebel!!”
Diart                       : “betul itu! Tapi kamu harus bisa nyesuain diri sama lingkungan di sini. Dulu aku juga kayak kamu, pakai rok mini aja langsung disuruh ganti. Pokoknya banyak batasan dech!”
Michel                    : “Iya beda banget sama di Paris, kita bebas ngelakuin apa aja”
Diart                       : “Sipp, I agree with you”
Michel                    : “Temen-temen di sana juga asik-asik gak kayak disini yang bikin eneg!”
                                 I dislake that!”
Diart                       : “Sabar ... oya, pulang sekolah nanti hang out yuk. Aku ajak kamu muter-muter Jakarta dech, gimana?”
Michel                    : “Okee, emm aku laper nich! Ke kantin yuk?”
Diart                       : “Ayok let’s go!”
Eka, Aiunun dan Nabila berjalan sambil bernyanyi lalu mereka menghampiri Madding Sekolah. Di sana sudah ada Pak Robin yang membawa browsur pengumuman.
Pak Robin               : “Anak-anak ini adalah pengumuman penting tentang Aniversary Party Widuri Internasional” (kemudian pergi)
Nabila                     : Ka, Nun, gimana kalok kita itu dance”
Ainun                     : “Oke sip setuju aku tapi ngedance apa?”
Eka                         : “Itu lho ngedance yang kayak kuda”
Ainun                     : “Ganggang Style??”
Eka                         : Ah iya itu betul!”
Nabila                     : “Hm Gangnam Style kalee ga sekalian gang tujuh, gang delapan, gang sembilan ..”
Ainun                     : “Ha ha ha jangan dech, itu aja yang kayak gini” (Jugot ala Suffle)
Nabila                     : “Itu mah gaya orang mabuk, ada-ada aja lu”
Eka                         : “Apa India aja?? aca aca mehere tumhana kuchek kuchek klambinee”
                                 (sambil memperagakan tari india)
Ainun                     : “Itu mah Film kesukaan anak emak gue”
Eka                         : “Emak gua juga. Ha ha ha oya pulang sekolah nanti kita latihan lho ya?”
Nabila                     : “Yaudah yuk ke kantin. Yuk cuss!”
Setting masih di moding
Tya                         : “Wah .... ada info baru nich. Wah tetnang kesenian nih, seru nih. Menurut buku yang pernah aku baca, kesenian tari itu kesenian yang mengandalkan gerak tubuh seseorang untuk berekspresi”
Pipin                       : “Iya ... iya... udah tahu, gak usah dijelasin juga udah paham”
Lia                          : “Emang tadi Tya jelasin apa?”
Khusnul                  : “Akhh elu! Bener-benar lola ya? Kalo disamain ama dispenser ya itu ... Pentium I he he he ...”
Tya                         : “Menurut buku yang pernah aku baca, dispenser itu ga ada pentium yang ada computer?”
Khusnul                  : “Uupss salah algi dech”
Pipin                       : “Lota perfom tari tradisional aja yuk?”
Lia                          : “Waahh setuju! It’s good idea”
Diart                       : “Ecuse me, kalin mau ikut perfom ya??”
Lia                          : “oh iya donk, you??”
Michel                    : “Emm iya, tapi I’m Confuse kita gak tau mau perfom apa, belum ada bayangan”
Pak Robin               : (datang dengan membawa bolpoint) “Saya menemukan Bulpoint ada yang merasa kehilangan?”
Michel                    : (mencari bulpointnya) “Maaf pak itu milik saya”
Pak Robin               : “Itu milik kamu??”
Michel                    : “Thans you sir” (menerima pakai tangan kiri)
Pak Robin               : “Baiklah saya ke kantor dulu ya”
Khusnul                  : “Heey kamu ga sopan yah?”
Michel                    : “What??”
Pipin                       : “iya nerima bulpoint pakai tangan kiri”
Michel                    : “Terus masalahnya apa??”
Tya                         : “Menurut buku yang aku baca, kalau nerima pemberian dari orang apalagi dari orang tua harus pakai tangan kanan, biar sopan”
Diart                       : “Iya betul itu”
Michel                    : “Alaah di Paris aja bebas”
Diart                       : “Tapi kamu harus menyesuaikan”
Michel                    : “Tapi Diart, kita hidup secara rasional dan Freedom ga smua harus ada aturan”
Khusnul                  : “Hellooo mbak yu!! Tapi ini Indonesia! Kamu tau resikonya kan kalau tidak bisa menyesuaikan adat??”
Michel                    : “Aku tak pernah takut dengan resiko! Aku bukan orang indonesia yang bepikir terlalu panjang lebar untuk memperhitungkan resiko yang gak terlalu jelas”
Diart                       : “Udah-udah masa cuman gara-gara tangan kanan or tangan kiri aja kita jadi berantem?”
Lia                          : “Tapi ini masalah kesopanan, kita orang timur harus melestarikan yang namanya kesopanan! Kita kan punya pendirian?”
Michel                    : “Terus sekarang kalian mau apa kalau aku gak mau sopan?”
Diart                       : “udah jangan berantem! Walaupun kita beda ras dan suku gak seharusnya diperdebatkan seperti ini. Maaf teman-teman mungkin Michel butuh adaptasi yang lebih”
Tya                         : “Okee semoga tidak terulagn lagi!”
Khusnul                  : “Udah yuk kita ke kelas, aku udah ngantuk nich”
Pipin                       : “Yaah elu mah memang miss slepy”

Tya dan kawan-kawan memasuki kelas
Tya                         : “Heii gimana rencana yang tadi?? Jadikan kita tari tradisional?”
Eka                         : “Ekhemm ciyee ada yang mau nari Jaipong nich yee... ha ha”
Ainun                     : “Idihh kampungan banget dech!”
Lia                          : “Udah dech gak usah pada sirik!” irikan elu pada?”
Nabila                     : “Jiahh ga level! Kita mah ngedance gitu lho, ya gak guys??”
Tya                         : “Kamu orang Indonesia kan?? Seharusnya kamu melestarikan budaya Indonesia. Bukan malah menjelek-jelekin budaya Indonesia”
Pipin                       : “Bener bangat tuh sok kebarat-baratan!”
Eka                         : “Eh sok tau banget lo pada”
Khusnul                  : “Kayak kita donk bisa nyanyi lagu jawa”  (menyanyi suwe orang jamu)
Lia                          : “Kita juga bisa nyanyi lagu yang lain” (nyanyi lagu apuse)
Ainun                     : “Abah apusekan orang gila yang ada di prapatan nusa indah”
Tya                         : “huh sembarangan banget kamu”

Diart dan Michel datang dan mereka jalan menuju bangku mereka
Nabila                     : “eh bule kembar silang! Kamu gak ngedance bareng kita??”
Diart                       : “Of couse kita juga lagi bingung mau perfom apa?”
Eka                         : “Oke dah sip, ntar pulang sekolah kita latihan ya dan gue gak mau ada yang pulang duluan”
Michel                    : “Tapi Sorry, aku ntar mau ke apotek dulu mau beli obat”
Ainun                     : “Ya udah dhe”

Pak Robin datang ke kelas dan membawa kabar gembira
Pak Robin               : “Siang anak-anak”
Murid-murid           : “Siang Pak”
Pak Robin               : “Bapak bawa kabar gembira buat kalian hari ini ada rapat sehingga jam pelajaran cukup sampai jam ini dan kalian boleh pulang silahkan berkemas-kemas”
Murid-murid           : “Horeee .... pulangg ....”

Di aula sudah ada Eka, Aiunun dan Nabila yang sedang latihan dance
Eka                         : “Si Bule kembar silang kemana aja sih? Lama banget”

Tiba-tiba Diart dan Michel datang dari Apotik ngos-ngosan
Ainun                     : “Hey ini dia nich orangnya”
Diart                       : “Aduh guys, sorry ya kita telat. Tadi di apotik antriannya panjang banget, berasa kayak ngantri BLT tuh tadi”
Eka                         : “Ouh pantes tadi selain ke apotik sekalian ngantri BLT dulu ya??”
Nabila                     : “Semedi dulu ya tadi? Gak tau apa kita udah nunggu berhari-hari Cuma buat latihan:
Ainun                     : “Sejam Nabila, gak nyampe berhari-hari lebay ah lu”
Eka                         : “Alaah yaudah play lagunya sana!”
Diart                       : “Oke” (ngeplay lagu)
Eka                         : “Jiaahh bukan itu lagunya! Masa lagu dangdut”
Diart                       : “he he he maaf yang ini kan?? (ngeplay lagi campur sari)
Ainun                     : “Aaarggh! Payah banget shi loe! Sini-sini gue aja yang play, ga becus banget” (sambil dorong Diart”
Diart                       : “Yaahh sorry aku kan ga tau”
Nabila                     : “Masa bule ga tau lagu-lagu modrn?! Kampungan banget shi loe!!”
Ainun                     : “Naah ini dia lagunya. Ya udah yuk latihan”

Lalu mereka latihan ngedance dan latihan selesai
Eka                         : “Ah cape banget, Michel tolong ambilin gue minum”
Nabila                     : “Sekalian ambilin gue handuk ya! Kerignat nich”
Michel                    : “Oh oke-oke”
Ainun                     : Hey kenapa gue gak diambilin sekalian?”
Michel                    : (berjalan menuju Parida/Nabila dan dilemparkan handuknya ke muka Nabila) “Heh kamu pikir aku pembantu kalian yang bisa disuruh-suruh seenaknya aja?”
Diart                       : “Iya nih jangan mentang-mentang Michel murid baru ya, terus kalian bsia seenaknya aja!”
Eka                         : “Hlah cius?? Miapa??”
Nabila                     : “Mie goreng, goreng apa?”
Ainun                     : “Goreng Ikan, ikan apa?”
Eka                         : “Ikan mas, masalah buat loe?”
Michel                    : “Udah-udah kita ga jadi ikut dance bareng kalian dhe!”
Diart                       : “He eh lebih baik kita pergi aja”
Michel                    : “Oke yuk cabut!” (keluar dari AULA bareng Diart)

Tidak lama dari itu Eka dan kawan-kawan pun pulang .Tya dan kawan-kawan memasuki AULA
Lia                          : “Yeee ... AULA kosong! Kita bisa gunain untuk latihan sampai puas”
Pipin                       : “Iya selangkah lebih maju sampe puas!!”
Khusnul                  : “Lah kok jadi promosi sih?”
Tya                         : “Yaudah yuk kita langsung latihan aja (ngeplay lagu)
Khusnul                  : “Tyaa ... aku malu nih kalo disuruh nari beginian, aku gak bisa”
Lia                          : Walahh optimis donk, PD aja kali! Biasanya juga malah malu-maluin”
Pipin                       : “Yaps betul ga beda jauh sama kamu! Ha ha”
Khusnul                  :    “ Ya tetep aja malu”
Lia                          : “Ah udah lha ga papa ayo mulai”
Tya                         : (memimpin) “Satu-dua-tiga-empat-lima”

Diart dan Michel yang negeliat latihan dan kawan-kawan dari luar AULA
Diart                       : “Tarian mereka bagus juga ya, unik”
Muchel                   : “Iyaa .. aku jadi tertarik buat gabung bersama mereka”
Diart                       : “hah! Ide bagus!!”
Michel                    : “Tapi aku ga enak nich gara-gara tadi abis debat sama mereka”
Diart                       : “Ihh ga papa mereka baik-baik kok, mereka pasti maklum kok, percaya dech sama aku”
Michel                    : “Bener ya, ya udah deh yuk kesana”

Diart dan Michel menghampiri mereka yang sedang latihan
Michel                    : “Temen-temen, kia boleh gabung?”
Tya                         : “emm ada apa nich??”
Diart                       : “Emm ga ada apa kok, kita Cuma tertarik aja sama tarian kalian barusan”
Pipin                       : “he he uyaaa baguskan??”
Michel                    : “iya bagus!”
Lia                          : “Eh tapi bukannya kalian tadi udah gabung sama kelompok Eka Cs?”
Diart                       : “Iya shi tapi sekarang enggak, soalnya mereka semena-mena sama kita”
Khusnul                  : “Wah baru tahu yaaa??”
Tya                         : “Emm gimana kalau kalian gabung sama kita-kita??”
Khusnul                  : “Naah sip setuju!”
Diart                       : “Waah gimana Michel?”
Michel                    : “Oke deh tapi by the way sorry yach guys buat yang tadi aku salah menilai Indonesia”
Tya                         : “Oh itu,  tidak apa-apa kok Michel”
Pipin                       : “Tenang no problem”
Lia                          : “No smooking!”
Khusnul                  : “ha ha emang siapa yang merokok??”
Lia                          : “he he he ga ada shi”

Lagi-laki Pak Robin datang dengan tiba-tiba
Pak Robin               : “Siang anak-anak, kenapa kalian belum pulang??”
Tya                         : “eh .. ini pak kita lagi latihan buat tari buat perfom di Aniversarynya SMP Widuri Internasional”
Pak Robin               : “Owalah .... ya baguslah kalau begitu. Partisipasi kalian memang penting, tapi sekarang udah sore loh ya”
Pipin                       : “Iya pak ini juga udah mau pulang sekarang. Iya kan Di?”
Diart                       : “Gimana kalau kita pulang bareng kita. Aku bawa mobil loch”
Khusnul                  : “O he he oke oke itung-itung hemat ongkos lah”
Lia                          : “Yaudah kami pamit pulang dulu ya pak”
Pak Robin               : “Iya iya silahkan ... hati-hati ya”

Malam Aniversary 30 tahun SMP Widuri Internasional
Pak Robin               : “Selama t malam, Bapak/Ibu Guru dan siswa siswi SMP Widuri Internasional. Selamat datang dalam puncuk Universary SMP Widuri Internasional. Malam ini kita akan menampilkan performance dari siswa siswi SMP kita tercinta ini. Ga pake lama, langsung saja kita sambut penampilan pertama dari kelompok Eka dan kawan-kawan”

Kelompok Eko perfom, namun sangat tidak memuaskan karena Eka jatuh disaat mereka sedang menampilkan tarian dance meraka di atas panggung
Pak Robin               : “yah .. beri tepuk tangan yang meriah untuk perfom yang pertama. Dan untuk perfom yang kedua, ini dia penampilan Tya dan kawan-kawan dengan tari Tradisionalnya”

Tya Cs menari dengan sangat kompak dan luwes sehingga sangat memuaskan
Dibelakang panggung setelah acara selesai
Ainun                     : “heh apa maksud lu?? Pakek jatoh segala, malu-maluin gue tahu ga??!!”
Eka                         : “Heh bisa ajah keles, jatoh doang gak usah nyolot ea gak penting juga”
Nabila                     : “itu penting Eka, coba kalau kamu ga jatoh peran kita pasti lebih bagus dari pada tarian kampungan Tya the Genk”
Ainun                     : “Tau ga loe tu mau-maluin kita!” (Sambil mendorong eka)
Eka                         : “Ehh ... elo ga usah nyolot!” (bales dorong ainun)
Nabila                     : “Eehh ... kok pada jadi berantem”
Eka                         : “Dia itu sok banget, sok cantik lagi”
Ainun                     : “Apa??” (tambah berantem)

Tya Cs datang
Pipin                       : “Eh ada pa shi?” (exspresi bingung)
Khusnul                  : “Eh ... kok pada berantem??”
Lia                          : “Iya ... kayak anak kecil”
Eka                         : “Dia duluan thu sok kecantikan”
Ainun                     : “Apaa ..?”
Tya                         : “Udah sana baikan!!”
Eka & Ainun          : “Enggakk ...!”
Tya                         : “Apa kalian gak kasihan sama Nabila, lagi pula masa cuman gara-gara hal sepele persahabatan yang kalian bangun dengan indah dulu harus berakhir??”

Laku Eka dan Ainun pun berbaikan
Eka                         : “Nun gue mintak maaf soal yang tadi”
Ainun                     : “Gue juga mintak maaf ya”

Lalu Eka, Ainun dan Nabila berpelukan
Khusnul                  : “Berpelukaaaan ... (sambil memeluk Lia)
Lia                          : “Kok kita jadi berpelukan??”
Michel                    : “Sekarang aku suka Indonesia. Ternyata Indonesia ga seburuk yang aku pikirkan”
Diart                       : “Benerkan apa kataku! Kalau di Indonesia itu orang-orangnya baik”
Eka                         : “Ehh ... kita orang mintah maaf ya sama kalian karena sering ngeganggu kalian. Tapi ternyata kalian baik sama kami”
Ainun dan Nabila   : “Kami menyesal apa sekarang kalian mau jadi teman kami?”
Semua                    : “Tentu saja!!!”

Lagi-lagi Pak Robin datang
Pak Robin               : “Ehh ... ini ada apa kok rame-rame?”
Khusnul                  : “Yaa Pak guru datang lagi, terlambat lagi”
Pak Robin               : “Emangnya ada apa? (ekspresi bingung)
Eka & Tya              : “Kami semua sekarang tahu bahwa persahabatan itu .....
Semua                    : “Bagai kepompong .... ha .. ha.. haa...”

Lalu mereka semua & dan pak Robin bernyanyi bersama dan itulah awal dari persahabatan di SMP Widuri Internasional.

0 Response to "NASKAH DRAMA PERSAHABATAN DI SEKOLAH"

Post a Comment