MATERI MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN MENGHAFAL - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

MATERI MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN MENGHAFAL


Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat


Daya ingat identik dengan faktor usia. Semakin lanjut usia seseorang, semakin menurun daya ingatnya. Nah, memang faktor usia sangat berpengaruh besar terhadap penurunan daya ingat, namun, ada beberapa faktor yang Anda dapat kontrol dan cegah, untuk mempertahankan kemampuan ingatan.

Bahaya suplemen dan obat-obatan yang telah di percaya mampu meningkatkan daya ingat, tapi nanti dulu, Anda harus berfikir untuk jangka panjangnya. Tentunya suplemen dan obat-obatan jika di konsumsi terus menerus ada efek samping yang sangat berbahaya. Lalu, bagaimanaa memaksimalkan otak agar daya ingat kuat? Berikut beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat dan hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk menjaga pikiran tetap tajam:
1.      Jaga Pikiran Anda tetap Aktif. Lakukan kegiatan-kegiatan yang menggunakan kemampuan otak,  ini sngat membantu daya ingat Anda menjadi yang terbaik. Beberapa kegiatan meliputi mengisi teka-teki silang, bermain catur, menghafal, dan mengikuti berita perkembangan politik, sangat bagus untuk melatih daya ingat dan mempertajam kemampuan otak.
2.      Pastikan Anda Cukup Tidur. Selain tidur malam yang cukup, tidur siang atau sekedar merebahkan diri di siang hari sangat membantu otak kembali fresh. Biasakan tidur siang atau sekedar merebahkan diri 20 menit cukup. Kurang tidur bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti: kemampuan otak menurun, mudah tersinggung, marah-marah tanpa sebab yang jelas, sulit mengontrol nafsu makan dan lain sebagainya.
3.      Selalu rileks dan santai. Stress, cemas, gelisah, marah dan semua perasaan negatif mejadikan seseorang  lebih pelupa.
4.      Perhatikan apa yang Anda makan. Anda perlu konsumsi makanan yang di butuhkan otak, agar berfungsi lebih baik. Makanan ini sangat baik untuk daya ingat dan otak anda: Ikan, Pisang, Roti Gandum,  Buncis dan kacang-kacangan lainnya, Hati, Buah Beri, Telur,  Cokelat, Daging Ayam, Brokoli, Alpukat,  Bayam, Minyak Rapeseed, Makanan Laut. Selain itu, buah-buahan dan syur-sayuran juga sangat baik untuk otak.
5.      Jaga kesehatan. Rajinlah berolahraga. Olahraga sangat baik untuk fisik dan otak kita. Plak yang menumpuk di sel darah kita menyebabkan aliran nutrisi ke otak menjadi terhambat dan dengan berolahraga bisa mengurangi plak tersebut sehingga otak kita tetap sehat. Alangkah baiknya mencegah sebelum terjadi. Kolesterol tinggi, darah tinggi dan penyakit lainnya berdampak negatif terhadap daya ingat Anda.
6.      Bersosialisasi. Gunakan apa yang Anda ingat dan yang Anda pelajari untuk bersosialisasi. Sesuatu yang kita ingat bisa hilang begitu saja karena tidak ada usaha atau tindakan yang mempertahankan memori kita. Dengan bersosialisasi terwujud saling membutuhkan antara diri Anda dengan masyarakat, sehingga secara tidak langsung Anda semacam keharusan untuk tetap ingat.
7.      Kenali tanda-tAnda Depresi Anda. Orang dewasa yang mengalami depresi beresiko untuk menjadi bingung dan pelupa. Jika Anda pikir Anda bisa menjadi depresi, carilah bantuan profesional sesegera mungkin.
8.      Hindari cedera yang dapat mengakibatkan hilangnya daya ingat. Jaga keselamatan Anda, biasakan pakai helm ketika bersepeda, mengenakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil, pilih tempat yang lebih aman saat menggunakan angkutan umum, misalnya di tengah, teliti lingkungan dan rumah kalau ada tempat yang beresiko membuat Anda jatuh, dan lain sebagainya.
9.      Jauhi alkohol. Bila digunakan secara berlebihan, alkohol dapat mengakibatkan hilangnya ingatan bahkan sangat tidak baik untuk kesehatan.
10.  Mengajar. Mengajari orang lain tentang sesuatu hal yang sudah kita ketahui juga bisa meningkatkan daya ingat otak kita karena secara tidak langsung kita juga mengulangi hal tersebut, bahkan bisa hafal di luar kepala.
11.  Hobi dan kegiatan yang mengasah otak. Gunakan waktu luang untuk mengisi teka-teki silang, main catur, game yang memerlukan pemikiran dan srategi,bisa Anda gunakan untuk meningkatkan daya ingat. Saat Anda selesai membaca bukun atau artikel majalah, buatlah ringkasan, setidak-tidaknya ceritakan apa yang habis Anda baca kepada orang dekat Anda.   Semakin sering Anda melatih otak, semakin kuat juga kinerja otak Anda.
Untuk memepertahankan bahkan meningkatkan daya ingat, memang harus menjaga gaya hidup, bahkan jika hal-hal di atas sebagian belum Anda lakukan, bersiaplah untuk merubah gaya hidup. Terkadang sulit, namun hasilnya setimpal.

Agar Mudah Menghafal
Ada banyak teknik cara menghafal yang efektik, namun tiap orang mempunyai cara tersendiri yang merupakan cara paling efektif untuk dia dalam menghafal. Well, kenali cara kerja otak Anda dengan sering-sering membaca, memahami, dan mengingat, maka Anda akan tau bagaimana cara yang lebih efektif untuk Anda, dan Anda akan tau sesuatu yang cocok dan di sukai otak Anda.

Sesuatu yang kita senangi menjadi mudah di  ingat, dari itu, syarat utama untuk menghafal sesuatu adalah Anda harus senang terhadap hal tersebut. Sesorang yang sangat suka lagu, misalnya,dia  mendengar satu atau dua kali saja sudah hafal liriknya dan setelah itu, tanpa ada paksaan bahkan dengan senang hati dia menghafal lagu itu.
Dari itu, belajarlah dengan perasaan senang.

Untuk bisa senang terhadap apa yang Anda pelajari, Anda harus tau bagaimana cara kerja otak menyimpan memori. Anda harus tau teknik memasukkan informasi ke dalam otak yang sesuai dengan cara kerja otak Anda. Jika metode yang Anda gunakan sejalan dengan cara otak Anda beroperasi dan berfungsi maka hal itu akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi otak dalam menyerap dan menyimpan informasi. Ok, secara umum, otak sangat suka akan hal-hal yang bersifat berikut:
1.   Tindakan Aktif. Metode ini adalah menghafal di sertai memahami, mempraktekkan atau menggunakan gerakan-gerakan anggota tubuh ketika menghafal. Misalnya: anggota tubuh Anda yang perlu Anda perlu perbantukan agar Anda cepat menyerap hapalan adalah tangan Anda. Ketika Anda membaca dan menghafal suatu kalimat, agar Anda bisa lebih cepat hafal maka Anda mengingatnya dengan menulisnya berkali-kali. Ini perlu Anda praktekkan, apalagi bagi pelajar, yang perlu menulis untuk menjawab soal essay.
2.   Tidak masuk akal/ekstrem/berlebihan. Pembahasan masalah UFO, mahluk luar angkasa, peradaban di zaman dahulu yang mempunyai tehnologi jauh lebih hebat dari sekarang, kemampuan untuk menjelajaah dimensi waktu dan ruang, tampaknya sangat menarik sekali.
3.   Seksi. Terasa yang tua kembali muda,yang gemuk merasa kurus, ketika melihat gambar cewek yang cantik langsing dan seksi.
4.    Penuh warna. Suasanan pesta yang di situ banyak cahaya berbagai warna, hiasan ruang yang warna warni, lampu diskotik, membuat suasana semakin meriah dan seru.
5.    Multi sensori (melibatkan lebih dari satu panca indera).Tentunya melihat nyata, lebih indah di banding hanya melihat gambat atau membaca saja.
6.    Lucu. Sudah barang tentu, otak menyukai sesuatu yang lucu bahkan konyol. Terkadang kita lupa, kita hanya mencari lucu,  sebenarnya lucu adalah sebagai hiburan agar kita gak jenuh.
7.     Melibatkan emosi. Adegan yang seru dan menantang yang memicu adrenalin sangat di senangi otak.
8.      Melibatkan irama atau musik. Alunan musik dan lagu tertentu menjadadikan otak rileks dan nyaman.
9.    Gambar tiga dimensi dan hidup/aktif. Gambar flash, memberi kesan gambar lebih hidup. Film 3 dimensi atau 4 dimensi membuat kita seakan ikut terlibat dan seolah-olah nyata.
10.  Menggunakan asosiasi. Otak sangat suka menghubungkan antara satu peristiwa dengan peristiwa lain, antara seseorang dengan orang lain yang dipandang sebagai rangkaian yang saling berhubungan dan keterkaitan satu sama lain.
11.  Imajinasi. Dalam kenyataannya, otak sangat suka mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang pernah dilihat, didengar, dan dirasakan. Otak suka mengembangkan sesuatu yang sederhana menjadi lebih bernilai dalam pikiran.
12.  Simbol. Simbol atau logo mempunyai nilai seni, dan mengandung arti yang luas.
13.. Nomor dan urutan. Dengan membuat list nomor atau urutan, otak akan mudah menangkap dan memahami.

Agar Memori Tidak Mudah Hilang
Lakukan pengulangan terhadap apa yang Anda hafal. Inilah kunci utama agar memori tidak mudah hilang. Pengulangan membantu mengurangi dampak dari hilangnya ingatan kita akan informasi baru. Anda perlu membuat beberapa pengulangan sehingga sebuah informasi akan menempel selamanya.

Setelah Anda membaca buku  atau artikel, mungkin Anda masih ingat dan mampu menjelaskan dari yang Anda baca pada orang lain. Namun, dalam tempo satu jam, daya ingat mulai menurun. Selang sehari, apa yang kemarin Anda ingat 80% bisa jadi sudah berkurang menjadi 50%. Dan dalam seminggu apa yang telah Anda baca mungkin sudah hilang dan bersisa 20% saja.


Pengulangan pertama segera setelah selesai mempelajari sesuatu akan memperkuat persentase informasi yang Anda kuasai. Ini adalah tahapan pengulangan paling penting. Jangan sia-siakan waktu yang Anda habiskan untuk belajar sesuatu dengan tidak mengulangnya segera setelah selesai. Cukup 5 menit pengulangan akan membantu informasi dapat diingat penuh sampai 24 jam berikutnya.

Pengulangan kedua dilakukan sehari setelah yang pertama. Pengulangan ini juga sangat penting karena informasi telah diendapkan lewat tidur malam. Ini akan membantu menguasai informasi hingga seminggu ke depan.
Pengulangan ketiga dilakukan seminggu setelah Anda belajar sesuatu. Ini akan memperkuat efek daya ingat sampai sebulan ke depan.
Pengulangan berikutnya perlu dilakukan dalam tempo sebulan dan tiga bulan. Setelah itu dilakukan, maka apa yang tadinya Anda ingat dalam jangka pendek sekarang akan masuk ke ingatan jangka panjang. Informasi yang disimpan dengan cara ini akan sulit sekali terlupakan.
  
Apakah pekerjaan mengulang tersebut berat? Tentu saja tidak. Bayangkan, Anda cukup menghabiskan waktu 5-10 menit saja dalam satu kali pengulangan. Dengan menginvestasikan waktu yang singkat tersebut dalam beberapa kali pengulangan, Anda akan menghemat waktu yang banyak dibandingkan Anda harus membaca ulang karena sudah lupa semuanya.

Jangan sia-siakan waktu yang Anda habiskan untuk belajar dengan tidak mengulangnya. Kebiasaan mengulang yang teratur lama kelamaan akan menjadi kebiasaan. Jika hal itu sudah dilakukan, maka apapun yang Anda pelajari Insya Allah dapat diingat bertahun-tahun seolah-olah Anda baru mempelajarinya kemarin sore.

SUMBER:

http://www.gelombangotak.com/meningkatkan_daya_ingat.htm

0 Response to "MATERI MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN MENGHAFAL"

Post a Comment