MAKALAH TIK EMAIL DAN KEGUNAANNYA - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

MAKALAH TIK EMAIL DAN KEGUNAANNYA


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Dalam dunia nyata pada umumnya, kita sering menggunakan surat untuk mengabarkan suatu berita. Namun kekurangan media surat adalah lamanya waktu yang dibutuhkan dari pengirim ke penerima. Masalah ini dapat dipecahkan dengan menggunakan media telepon.Namun sayangnya jika menggunakan telepon untuk jarak penelepon dan penerima telepon yang cukup jauh, biasanya memerlukan biaya yang tidak murah, karena menggunakan SLJJ atau SLI (Sambungan Langsung Internasional). Oleh karena itu diperlukan media lain yang dapat membantu mengatasi kendala waktu, jarak dan biaya ini.
Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan email (electronic mail). Email merupakan suatu solusi yang cukup murah, dapat diakses dari mana saja, dan jarang mengalami keterlambatan pengiriman, karena secara umum (jika tidak ada masalah) biasanya email dapat dikirimkan paling lama dalam waktu 5 menit saja. Namun bukan berarti dengan menggunakan email tidak akan ada masalah yang terjadi. Ada pula kekurangan dan kelebihannya,nanti akan kita bahas.

B.    Rumusan masalah
Adapun rumusan masalah dalam penulisan makalah ini adalah
1.  Apa yang dimakasud dengan e-mail?
2.  Apa saja fungsi e-mail?
3.  Bagaimana cara membuat e-mail?
4.  Bagaimana Cara Login e-mail?
5. Bagaimana cara Membuka Pesan, Membalas, Meneruskan, Menghapus dan Memindahkan e-mail?
6.  Bagaimana cara Logout e-mail?

C.    Tujuan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah
1.  Untuk mengetahui apa e-mail.
2.  Untuk mengetahui fungsi e-mail.
3.  Untuk mengetahui cara membuat e-mail.
5.  Mengetahui cara menggunakan e-mail



BAB II
PEMBAHASAN


A.  Pengertian E-Mail
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia layanan email adalah http://www.mail.yahoo.com,http://www.mail.google.com, dll.

B.  Fungsi e-mail
1. Media komunikasi
E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal atau umum (komunitas).

2. Media pengiriman
Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.

3. Efektif, efisien, dan murah
Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.

4. Media promosi
Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.


5. Media informasi
Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.

6. Membuat blog atau website
Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website.

7. Sosial media
Dengan e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau google.
C.    Cara Membuat Email
Unntuk membuat email baru gmail sebenarnya sangatlah mudah, silahkan masuk ke layanan gmail.
1.    jika anda sudah masuk, kemudian cari dan klik tombol bertuliskaan "Create an Account" tombol biru letaknya di pojok kanan atas.
2.    Anda akan dibawa ke halaman registrasi, silahkan masukan biodata anda  
Location
a.    Name: Masukan nama depan dan nama belakang anda
b.    Chooser your username: masukan alamat email yang akan anda gunakan ingat tanpa @gmail.com, misal saya akan menggunakan alamat email, nadiyanurjamilah@gmail.com, berarti anda tinggal memasukan kata nadiyanurjamilah saja pada kotak tersebut, kata @gmail.comnya tidak usah anda tuliskan, karena secara otomatis embel-embel @gmail.com akan ditambahkan. sebaiknya alamat email jangan memakai space, dan jangan dimulai dengan angka, alamat email akan dikonversi semuanya kehuruf kecil.
c.    Create a password : masukan password anda, password ini digunakan untuk mengakses masuk ke alamat email anda nanti. silahkan masukan password yang akan anda gunakan, bebas, silahkan gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka, tapi ingat jangan sampai lupa.
d.    Confirm your password:  silahkan masukan ulang password yang anda masukan pada tahap c diatas, pasword yang anda masukan harus sama dengan password yang anda masukan pada tahap c di atas, ini adalah fasilitas memeriksa bahwa password yang anda masukan benar.
e.    Birthday: masukan tanggal lahir anda, Month untuk bulan, Day untuk tanggal, Year untuk tahun. tapi ingat minimal usia anda harus  sudah 18 tahun, jika masih kecil biasanya suka ditolak
f.     Gender: pilih male untuk laki-laki, dan pilih female untuk perempuan, jika anda bukan laki-laki atau perempuan silahkan pilih saja other :-p.
g.    Mobilephone: Masukan no hp anda,  angka 0 didepan no hp anda gati dengan +62, misal no hape anda 01234567 maka anda masukan +621234567.
h.    Your current email address, boleh anda isi atau boleh anda kosongkan, jika anda sudah memiliki email sebelumnya, silahkan masukan email anda tersebut disini.
i.      Prove you are not robot,  terdapat tulisan Skip this verifycation (phone verification maybe required), centang pilihan ini jika anda ingin pemberitahuan konfirmasi dari google untuk mengaktifkan email anda dikirm melalui hp anda, tetapi anda harus memasukan no hp anda pada tahap g. diatas. jika pilihan ini anda biarkan berarti anda harus mengisi kotak dengan tulisan yang terdapat pada gambar.
j.      Location: silahkan anda pilih indonesia, jika belum
k.    I agree to the google Term of Service and Privacy Policy, jangan lupa anda centang tulisan tersebut.
l.      Tekan tombol "Next Step" untuk ke tahap berikutnya, Anda akan dibawa pada tampilan berikutnya: yaitu tahap verifikasi email:
Silahkan pilih bendera indonesia, kemudian masukan no hp anda apa adanya, jangan lupa pilih Text Message (SMS),  kode verifikasi nanti akan di kirim lewat Hp anda dalam bentuk SMS. kemudian klik tombol Continue / Lanjutkan
m.   Silahkan masukan pada kotak Enter verification code, sesuai dengan kode yang anda terima melalui SMS, kemudian klik tombol Continue atau lanjutkan.
n. Sampai tahap ini berarti buat email baru:google 2014 sudah selesai anda lakukan, pada tahap selanjutnya anda akan diminta untuk memasukan foto anda, ini adalah pilihan, silahkan anda lewati dengan menekan tombol No, Thaks / Tombol bertuliskan Tidak, terima kasih.
k. silahkan tekan tombol continue / lanjutkan untuk masuk kehalaman email anda.

D.   Cara Mudah Masuk (SignIn) ke Akun Email Gmail
a. Masuk ke https://gmail.com
b. Tekan tombol masuk yang letaknya di pojok kanan atas, anda akan disajikan halaman untuk login ke akun gmail anda, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Google mail login

Silahkan anda masukan alamat email gmail anda (misal example@gmail.com), kemudian tekan tombol berikutnya, silahkan masukan passwordnya, kemudian tekan tombol "Masuk"
Jika alamat email gmail yang anda masukan dan passwordnya bernar maka anda akan masuk kehalaman utama akun email gmail anda.
Setelah anda masuk anda bisa menggunakan akun email anda untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan dunia online. jika anda kebetulan belum tau bagaimana cara menggunakan akun email anda, silahkan anda baca tutorialnya di artikel dibawah ini:
Silahkan anda gunakan email gmail anda untuk mengirim file atau berkas, mengirim foto mengirim berkas lamaran pekerjaan dan lain sebagainya, namun anda harus ingat setiap kali anda selesai menggunakan email gmail anda, anda harus keluar atau logout dari akun email anda agar email anda aman.
Cara menggunakan email itu sebenarnya sangat mudah, namun untuk pemula mungkin sedikit akan merasa bingung, namun seiring anda sering menggunakan email untuk transakis online anda, anda akhirnya akan terbiasa sehingga mudah menggunakan email untuk keperluan online apapun.


E.  Cara Menggunakan Email Google (GMail)

Email google lebih dikenal dengan gmail atau google mail, ini adalah jenis layanan email milik google yang sifatnya gratis, bisa anda gunakan sampai kapanpun tanpa dipungut biaya, alamat email google biasanya berakhiran @gmail.com, misalnya nama_email_kamu@gmail.com.

Agar anda bisa berinteraksi dan menggunakan email google anda harus memiliki akun email google terlebih dahulu , untuk referensi cara membuatnya silahkan anda  baca:
cara membuat email gmail terbaru.
Jika anda sudah memiliki akun gmail, maka langkah-langkah untuk menggunakan fasilitas email gmail anda adalah sebagai berikut:
1. Mengirim Email menggunakan google mail (GMail)
Untuk mengirim Email anda harus tau alamat email tujuan, tidak harus alamat email gmail anda juga bisa mengirim dari email gmail ke email yahoo dan email lainnya, yang anda butuhkan adalah alamat email sipenerima.
Langkah-langkah untuk mengirim email di gmail adalah sebagai berikut:
a. Bukan situs
gmail, (mail.google.com) atau langsung ke halaman login gmail
b. Silahkan anda login dengan memasukan alamat email anda dan juga passwordnya.
c. Setelah halaman akun email anda terbuka, silahkan anda klik tombol Tulis yang terletak di sebelah kiri


Anda akan disajikan fasiltias untuk menulis email Anda seperti gambar dibawah ini:
Isi alamat penerima email dan tulis subjek email missal data ….. kemudian lampirkan file dengan mengklik icon disebelah huruf A. setelah dirasa cukup klik tombol kirim untuk mengirim email.

2. Menerima Email (Membaca) email Google Mail
Untuk memaca email yang anda terima ke email gmail anda langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan anda login ke akun email gmail anda
b. Setelah login silahkan anda tekan menu kotak masuk, akan terlihat seperti gambar dibawah ini:


Anda akan melihat daftar email masuk seperti terlihat pada gambar diatas, di gmail email yang anda terima akan dikategorikan menjadi 3 kategori, Utama, Sosial dan Promosi,
Klik Tulisan Utama, untuk menerima email yang sifatnya umum
Klik tombol Sosial untuk melihat daftar email yang dikirim dari media sosial seperti faceook, twitter dll.
Klik tombol Promosi, untuk melihat email yang sifatnya promosi.
Jika anda menerima email dari teman, sahabat, keluarga yang sifatnya umum, klik saja di tombol utama, anda akan melihat email masuk dari teman anda.
Jika anda sudah menemukan email yang anda maksud, silahkan anda klik pada baris tulisan email tersebut, untuk membukanya, maka akan terbuka isi email yang anda terima, tampilannya kurang lebih akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini:

2. Membalas Email Gmail yang saya terima?
Adakalanya setelah membuka dan membaca email yang anda terima di gmail, terkadang anda ingin membalasnya, jika anda bermaksud ingin membalas email gmal yang sudah anda terima dan sudah anda baca, anda akan melihat tombol balas di sebelah pojik atas kanan seperti terlihat pada gambar di bawah ini, silahkan tekan tombol balas tersebut

Akan ditampilkan fasilitas seperti halnya anda ingin mengirim email namun anda tidak harus memasukan lagi alamat tujuan, anda cukup mengisinya saja.
3. Melakukan Forward (meneruskan) Email yang anda terima
Email yang anda terima terkadang ingin  diteruskan ke pihak tertentu agar pihak tersebut bisa membaca juga email yang anda terima, untuk melakukan ini, silahkan anda cari tombol atau link pada email yang anda terima yang sedang anda baca, tekan tomblo tersebut, anda akan diminta untuk memasukan alamat email tujuan, slahkan anda isi alamat email yang akan menerima pesan yang anda teruskan tersebut. Sampai langkah diatas, anda sudah bisa menggunakan email gmail.


Jika anda kebetulan adalah pengguna email gmail, maka setiap kali anda selesai menggunakan akun email gmail anda, jangan lupa untuk signout atau keluar, agar akun email anda tetap terjaga keamanannya.
Cara Keluar dari email gmail adalah sebagai berikut:
a.    Di halaman utama akun email gmail anda, silahkan lihat ke pojok kanan atas, kemudian silahkan klik pada foto anda, terlihat seperti gambar di bawah ini:

Signout email gmail
b.    Kemudian silahkan anda klik tombol "Keluar" seperti terlihat pada gambar diatas.
Alasan Kenapa Harus Keluar dari Akun Email yang seselai anda gunakan.
Keluar dari email sebanarnya hal spele dan mungkin saja oleh sebagian orang akan diabaikan, padahal keluar dari email adalah hal yang sangat penting sekali yang harus anda lakukan setiap kali anda selesai menggunakan email, apalagi komputer yang anda gunakan untuk mengakses email adalah komputer milik orang lain, alasannya adalah untuk keamanan akun email anda.
Jika anda kebetulan masuk ke akun email anda baik itu gmail maupun yahoo, kemudian anda menggunakan komputer publik seperti komputer di warnet atau komputer teman anda, maka jika anda tidak logout atau keluar maka ketika ada orang lain yang menggunakan komputer yang sama setelah anda gunakan untuk masuk ke akun email anda dan kebetulan orang tersebut juga sama ingin masuk ke akun email yang kebetulan sama dengan layanan email yang anda gunakan, maka email anda akan terbuka, dan mereka mendapati email anda dalam keadaan terbuka belum logout, sehingga bisa saja mereka yang tidak bertanggung jawab atau orang iseng tentu akan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan terhadap email anda, misalnya mengganti nama email anda atau mengganti password.
Ketika anda ingin masuk kembali ke akun email anda di waktu yang lain di komputer manapun anda tidak akan bisa masuk ke email anda karena passwordnya sudah diubah oleh orang lain disebabkan anda tidak logout ketika selesai menggunakan meail.

Tips Aman Mengakses Email di Komputer Orang lain 
Sebenarnya tips ini bisa anda gunakan bukan hanya untuk email, tips ini berguna sekali untuk anda yang kebetulan sering mengakses email anda menggunakan komputer orang lain, ada salah satu cara yang bisa anda gunakan agar setiap aktivitas online anda aman, meskipun anda tidak logout dari akun internet anda, baik itu email, facebook, twitter, dan akun internet anda lainnya.
Gunakan Mode Jendela pribadi (Incognito Window) setiap kali anda beraktivitas online menggunakan komputer umum.

Mode jendela pribadi atau incognito window hampir tersedia de berbagai browser (mozila firefox, google chrome dll), dengan menggunakan mode jendela pribadi maka aktivitas online anda akan lebih aman, mana kala terjadi mati lampu padahal anda belum logout, lupa keluar dari akun email atau akun media sosial anda. setiap kali browser keluar maka data login anda akan ikut terhapus. sehingga lebih aman.



BAB III
PENUTUP


A.  Kesimpulan
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat singkat.
Jadi,untuk mengirim dokumen di attachemen file di e-mail tentunya kita harus memiliki account e-mail dan untuk sign up si jejaring socialpun kuncinya dengan memiliki account e-mail sehingga akan mudah dalam berkomunikasi atau berkirim dokumen atau file-file.

B.  Saran
Dalam pembuatan makalah ini masih terdapat kesalahan untuk itu penulis mohon maaf atas kekurangannya penulis berharap kritik dan saran yang membangun demi memperbaiki makalah ini.




DAFTAR PUSTAKA

http://strukturkode.blogspot.co.id/2016/03/cara-masuk-email.html
http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/10/buat-email-baru-gmail-2014.html
http://strukturkode.blogspot.co.id/2016/03/keluar-dari-akun-gmail-dan-yahoo.html
http://strukturkode.blogspot.co.id/2016/03/cara-menggunakan-email.html


0 Response to "MAKALAH TIK EMAIL DAN KEGUNAANNYA"

Post a Comment