MAKALAH SOSIOLOGI PERUBAHAN SOSIAL DI BIDANG POLITIK - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

MAKALAH SOSIOLOGI PERUBAHAN SOSIAL DI BIDANG POLITIK


PERUBAHAN SOSIAL DALAM BIDANG POLITIK

1.        Pengertian Perubahan Sosial dalam Bidang Politik
Adalah kata politik berasal dari kata polis yang artinya negara kota. Karena dahulu negara merupakan pusat kegiatan politik di yunani. Perubahan sosial dalam bidang politik adalah perubahan yang terjadi akibat ketidak sesuaian antara unsur-unsur yang saling berbeda sehingga teradi perubahan suatu organisasi atau berpindahan organisasi.

2.        Tujuan Perubahan Sosial dalam Bidang Politik
1.      Menjadi lebih baik
2.      Mengemat waktu dan tenaga

3.        Proses terjadinya perubahan sosial
Perubahan sosial merupakan suatu proses yang selalu terjadi dalam setiap kehidupan. Suatu proses perubahan sosial dalam bidang kehidupan tertentu tidak mungkin berhenti pada satu titik karena perubahan di bidang lain akan segera mengikutinya. Hal ini disebabkan struktur lembaga-lembaga kemasyarakatan sifatnya saling terjalin. Misalnya, apabila suatu negara mengubah undang-undang atau bentuk pemerintahannya, perubahan yang kemudian terjadi tidak hanya terbatas pada lembaga-lembaga politik. 

Dewasa ini proses-proses perubahan sosial dapat diketahui dengan adanya ciri-ciri tertentu, antara lain sebagai berikut.
1.      Tidak ada masyarakat yang berhenti berkembang karena setiap masyarakat akan mengalami perubahan, baik yang terjadi secara lambat maupun secara cepat.
2.      Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu akan diikuti dengan perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya. Lembaga-lembaga sosial tadi sifatnya interdependen sehingga sulit sekali untuk mengisolasi perubahan pada lembaga-lembaga sosial tertentu saja. Proses awal dan proses-proses selanjutnya merupakan suatu mata rantai.
3.      Perubahan-perubahan sosial yang cepat biasanya mengakibatkan disorganisasi yang bersifat sementara karena berada di dalam proses penyesuaian diri. Disorganisasi akan diikuti oleh suatu reorganisasi yang mencakup pemantapan kaidah-kaidah dan nilai-nilai lain yang baru.
4.      Perubahan-perubahan tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau bidang spiritual saja karena kedua bidang tersebut mempunyai kaitan dan timbal balik yang sangat kuat.

4.        Ciri-ciri Lembaga Politik
1.      Terdapat suatu kelompok yang memiliki wilayah dan telah menempati wilayah tersebut dalam waktu yang lama.
2.      Adanya perkumpulan politik yang terbentuk dalam sistem tertentu
3.      Sebagai Individu melaksanakan tugas pemerintah
4.      Hak dan kewajiban yang dimiliki suatu pemerintah hanya berlaku diwilayah atau negara sendiri

5.        Fungsi Lembaga Politik
1.      Memelihara ketertiban masyarakat di dalam wilayahnya
2.      Menjada keamanan masyarakat dari ancaman
3.      Melakukan beragai usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

6.        Fungsi pendorong terjadinya perubahan soaial di bidang politik
Berkembangnya zaman bergantinya udang-undang yang berlaku masyarakat lebih demokratis Undang-Undang tidak sesuai dengan jiwa proklamasi timbulnya kebudayaan baru pertengahan atau konflik pemberontakan dan refolusi orientasi ke masa depan. Sistem pentitikan formal lebih maju sehingga menimbulkan SDM yang lebih aktif dan inofatif.

7.        Dampak yang timbul dan perubahan sosial di bidang politik
-          Dampak Positif
1.      Lebih menghemat waktu
2.      Tenaga
3.      Biaya
4.      Berfikir

-          Dampak Negatif
1.      Meningkatkan golput
2.      Mementingkan diri sendiri dibanding kebersamaan
3.      Banyak menimbulkan kerusuhan

8.        Upaya pengendalian untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan perubahan sosial di bidang politik
Pemerintah atau partai-partai politik mesti meningkatkan kinerja, khususnya mensejahterakan masyarakat harus dilakukan pengamatan yang tepat. Juga kondisi sesuai suasana. Harus ada tanggungjawab dari masing-masing individu membangun komunikasi dengan publik
9.        Contoh Perubahan Sosial di Bidang Politik
Dahulu
Sekarang
RIS
NKRI
UUDS 1950
UU 1945
Kabinet Parlementer
Kabinet Presidensial
Pemilihan Oleh MPR
Pemilihan
Jumalah Partai Sedikit
Jumlah Partai Banyak
Kampanye dari Rumah media : dirumah
Kampanye lewat berbagai internet
Penghitungan suara secara manual
Pemilu quick count


PENUTUP

1.        Kesimpulan
Perubahan sosial dalam bidang politik adalah perubahan yang terjadi akibat ketidak sesuaian antara unsur-unsur sosial yang saling berbeda sehingga terjadi perubahan suatu organisasi atau perendahan organisasi. Memiliki pembahasan yang membangun seperti pengertian, tujuan, dampak, faktor, contoh dll.

2.        Saran
Dengan adanya kegiatan membuat makalah ini supaya kita semua mempunyai kreativitas dan lebih ditingkatkan prestasi dalam belajarnya dan semoga makalah ini bermanfaat dan sering diadakan latihan pembuatan makalah. Selain itu kita semua belajar bertanya serta bagaimana diskusi dengan baik dalam berkelompok.


0 Response to "MAKALAH SOSIOLOGI PERUBAHAN SOSIAL DI BIDANG POLITIK"

Post a Comment