MAKALAH KEPADATAN POPULASI MANUSIA - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

MAKALAH KEPADATAN POPULASI MANUSIA


BAB I
PEMBUKAAN


A.   LATAR BELAKANG
Setiap tahun angka kenaikan jumlah penduduk selalu bertambah sehingga mengakibatkan terjadinya kepadatan populasi. Dalam hal ini sangat berpengaruh terhadap daya dukung lingkungan. Sedangkan jika Daya dukung lingkungan terbatas akan menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya alam, serta akan besarnya potensi terjadinya pencemaran. Masalah kenaikan jumlah penduduk dan pencemaran lingkungan hidup merupakan dua hal yang dilema untuk pemerintah. Pertumbuhan penduduk yang cepat dapat meningkatkan permintaan terhadap sumber daya alam sehingga kebutuhan juga sangat besar dan membengkak.

Kepadatan penduduk suatu tempat mengakibatkan terbatasnya ruang gerak, hal ini disebabkan karena manusia merupakan salah satu bagian dari ekosistem, dimana manusia hidup dengan mengekploitasi lingkungan.


B.    RUMUSAN MASALAH
Agar pembahasan tidak melebar maka makalah ini hanya dirumuskan dengan beberapa masalah diantaranya: 
1. Apa yang dimaksud dengan Populasi? 
2. Apa Perbedaan Pertumbuhan Populasi Terhadap Dinamika Kependudukan? 
3. Apa Penyebab Pertumbuhan Penduduk? 
4. Apa Akibat dari Kepadatan Populasi Manusia? 
5. Bagaimana Usaha Pemerintah dalam Mengatasi Kepadatan Penduduk? 

C.   TUJUAN
1. Untuk mengetahui Pengertian dari Populasi
2. Untuk mengetahui Perbedaan Pertumbuhan Penduduk dan Dinamika Kependudukan
3. Untuk mengetahui Penyebab Pertumbuhan Penduduk
4. Untuk mengetahui Akibat dari Kepadatan Populasi Manusia
5. Untuk mengetahui bagaimana Usaha-usaha Pemerintah dalam Mengatasi Kepadatan Penduduk.




BAB II
PEMBAHASAN


A.    PENGERTIAN POPULASI
Apa yang di maksud dengan Populasi, Populasi adalah sebuah kelompok individu yang sama (sejenis) yang menempati suatu daerah tertentu. Sedangkan untuk Populasi manusia biasanya digambarkan dengan Penduduk, Jadi Penduduk adalah individu atau kelompok individu yang bertempat tinggal di suatu daerah atau wilayah pada waktu tertentu.

Kepadatan populasi manusia (penduduk) ialah jumlah populasi manusia yang menempati suatu luas (areal) tertentu dalam kurun waktu tertentu. Populasi Manusia biasanya gambarkan dalam satuan luas persatuan waktu. Dalam istilah Kependudukan, populasi digunakan untuk menggambarkan jumlah penduduk di suatu daerah dalam waktu tertentu. Misalnya di Kota Bandung, populasi penduduk pada tahun 2016 berjumlah 50 ribu orang per km2. ini merupakan hasil data dari Populasi.

B.    PERTUMBUHAN POPULASI TERHADAP DINAMIKA KEPENDUDUKAN
Apa yang dimaksud dengan Dinamika Kependudukan, perubahan jumlah penduduk di suatu daerah dari waktu ke waktu disebut Dinamika Penduduk. Sedangkan dalam Dinamika penduduk yang menunjukkan bahwa jumlah penduduk terus bertambah disebut juga pertumbuhan penduduk. Dan pertumbuhan penduduk yang pesat sehingga melebihi daya dukung alam disebut ledakan penduduk. 

Demografi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang bersangkutan dengan aspek kependudukan.
Rumus Cara Menghitung Pertumbuhan Penduduk :
p = (l - m) + (i - e)
Keterangan :
p = Pertumbuhan penduduk
l = Total Kelahiran
m = Total Kematian
e = Total emigran
i = Total imigran 

C.   PENYEBAB TERJADINYA PERTUMBUHAN POPULASI MANUSIA 
Dalam Populasi, Dinamika penduduk di pengaruhi oleh tiga faktor, diantaranya:
1. Jumlah kelahiran (natalitas)
Natalitas adalah jumlah kelahiran bayi yang hidup tiap seribu penduduk pertahun.
Kriteria angka kelahiran adalah sebagai berikut : 
§  Jumlah kelahiran rendah apabila angka kelahiran kurang dari dua puluh 
§  Jumlah kelahiran sedang apabila angka kelahiran antara dua puluh sampai tiga puluh 
§  Jumlah kelahiran tinggi apabila angka kelahiran lebih dari tiga puluh 

2. Jumlah Kematian (mortalitas)
Mortalitas adalah jumlah kematian tiap seribu penduduk pertahun.
Kriteria angka kematian adalah sebagai berikut :
§  Jumlah kematian rendah apabila angka kematian kurang dari empat belas 
§  Jumlah kematian sedang apabila angka kematian antara empat belas sampai delapan belas 
§  Jumlah kematian tinggi apabila angka kematian lebih dari delapan belas 

3. Jumlah perpindahan (migrasi)
Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat yang lain.
Faktor yang mendorong terjadinya migrasi, sebagai berikut :
§  Keadaan sosial budaya di daerah asal 
§  Keadaan ekonomi yang sulit dan rendahnya pendapatan di daerah asal 
§  Kesempatan kerja di daerah tujuan lebih banyak 
§  Sarana pendidikan di daerah asal belum lengkap 
§  Adanya kesempatan di daerah tujuan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik 
§  Adanya asumsi bahwa kegiatan hidup dikota besar lebih menarik sebab tersedia banyak sarana fasilitas. 

D.   AKIBAT KEPADATAN POPULASI 
Jika suatu daerah terjadi kepadatan populasi maka akan mengakibatkan, sebagai berikut :
1. Bertambah Besarnya Kebutuhan Makanan
Manusia sebagai makhluk hidup membutuhkan makanan. Dengan bertambahnya jumlah populasi manusia atau penduduk, maka jumlah kebutuhan makanan juga semakin besar. Apabila hal ini tidak diimbangi dengan peningkatan produksi pangan, maka dapat terjadi kekurangan pangan yang akan berdampak penyakit gizi buruk.
2. Meningkatnya Kebutuhan Air Bersih
Air merupakan komponen penting dalam siklus kehidupan, sedangkan apabila suatu daerah terjadi kepadatan penduduk, maka akan sulitnya sumber Air bersih, karenanya akan bertambah besar pencemaran air yang mengakibatkan hilangnya kandungan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh manusia.
3. Besarnya Kebutuhan udara bersih (Oksigen)
Dalam hal ini Udara bersih adalah udara yang diperlukan untuk tubuh manusia, apabila suatu daerah terjadi kepadatan populasi maka kemungkinan akan berkurangnya udara bersih, apalagi bila pada suatu tempat terdapat industri yang mengeluarkan limbah udara maka kemungkinan akan banyaknya manusia yang terkena penyakit saluran pernapasan. dan hal ini akan berdampak pula terhadap percepatan laju perekonomian serta penurunan sumber daya manusia.

4. Berkurang ketersediaan lahan
Kepadatan penduduk dapat mengakibatkan bertambah luasnya pemukiman dan semakin berkurangnya lahan pertanian, dan apabila suatu daerah terjadi kepadatan penduduk atau populasi manusia maka akan terjadinya kemunduran dalam perekonomian khususnya pada sektor pertanian.

5. Terjadinya Kerusakan lingkungan
Kepadatan penduduk atau populasi manusia akan berpotensi meningkatnya penggunaan sumber daya alam hayati yang mengakibatkan pencemaran lingkungan, seperti contoh adanya pembukaan hutan secara liar untuk di jadikan pemukiman atau untuk mencari hasil hutan sebagai mata pencaharian penduduk maka akan merusak ekosistem hutan serta akan berkurangnya sumber air dan udara bersih. selain itu apabila suatu daerah terjadi kepadatan penduduk atau populasi manusia seperti halnya kota-kota besar, meningkatnya kepemilikan jumlah kendaraan bermotor yang menimbulkan terjadinya pencemaran udara yang dikarenakan oleh gas sisa pembakaran kendaraan bermotor kemudian sebagai perimbangan kebutuhan manusia dibangunnya industri-industri guna memperluas lahan kerja, namun selain untung yang diberikan dari pendirian industri ada ruginya untuk manusia itu sendiri, seperti gas sisa pembakaran pengolahan industri dan limbah sisa dari pengolahan industri, yang dapat mengakibatkan tercemarnya udara dan air.
Klik disini untuk melihat Contoh Makalah tentang Kekeringan

6. Terbatas Ruang Gerak Penduduk
Pada daerah dengan kepadatan penduduk yang tinggi seperti diperkotaan, pada pemukiman penduduk rumah-rumah saling berdekatan atau berhimpitan. Keadaan ini dapat menyebabkan terbatasnya ruang gerak.


E.   USAHA – USAHA PEMERINTAH UNTUK MENGATASI KEPADATAN PENDUDUK 
Dalam hal ini peran penting pemerintah sangatlah diperlukan guna mengurangi angka kepadatan penduduk, adapun usaha pemerintah yang harus dilakukan antara lain:
1.        Mengendalikan laju pertumbuhan penduduk melalui program Keluarga Berencana(KB). 
2.        Meningkatkan produksi pangan. 
3.        Menyelenggarakan program transmigrasi 
4.        Menambah lapangan kerja melalui pengembangan industri 
5.        Meningkatkan taraf pendidikan agar masyarakat dapat mengubah sikap dan perilaku.




BAB III
PENUTUP


B.       KESIMPULAN
Dari tahun ke tahun jumlah penduduk selalu bertambah sehingga terjadinya kepadatan populasi. Dalam hal ini sangat berpengaruh terhadap daya dukung lingkungan. Sedangkan jika Daya dukung lingkungan terbatas akan menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya alam, serta akan besarnya potensi terjadinya pencemaran. Masalah kenaikan jumlah penduduk dan pencemaran lingkungan hidup merupakan dua hal yang dilema untuk pemerintah. Pertumbuhan penduduk yang cepat dapat meningkatkan permintaan terhadap sumber daya alam sehingga kebutuhan juga sangat besar dan membengkak.
Kepadatan penduduk suatu tempat mengakibatkan terbatasnya ruang gerak, hal ini disebabkan karena manusia merupakan salah satu bagian dari ekosistem, dimana manusia hidup dengan mengekploitasi lingkungan.


B.   SARAN
Sebagai penyusun sangat menyadari bahwa makalah yang saya buat ini masih banyak kekurangan. Jadi untuk itu kami meminta kepada saudara - saudari semuanya untuk memberikan saran, kritikan, dan hal-hal lainnya yang bisa membangun untuk menuju kepada yang lebih baik, agar manfaat dari makalah ini dapat diambil penyusun dan orang yang membacanya. 

Demikian contoh makalah tentang pengaruh Kepadatan Populasi Manusia terhadap lingkungan, semoga artikel ini bermanfaat, untuk lebih lengkap silahkan download Contoh makalahnya menggunakan file Word yang dilengkapi dengan caver, kata pengantar dan daftar isinya.


0 Response to "MAKALAH KEPADATAN POPULASI MANUSIA"

Post a Comment