MAKALAH EKONOMI PERMINTAAN

Untuk Memudahkan Pencarian Dokumen Pendidikan Gunakan Filtur Pencarian di Bawah ini

MAKALAH EKONOMI PERMINTAAN

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Ilmu ekonomi muncul seiring dengan diturunkannya manusia di Bumi ini dengan kebutuhan-kebutuhan manusia semakin tidak terbatas. Kebutuhan manusia akan sumber daya alam, manusia juga mulai mengenal bagaimana melakukan kegiatan ekonomi. Pada dasarnya Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti dari masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas sebagai alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.
Meningkatnya kebutuhan manusia sesuai dengan peradaban masa kini mengakibatkan sumber daya alam semakin menipis. Kebutuhan ekonomi sama halnya dengan permintaan, permintaan yang semakin meningkat namun penyediaan barang atau jasa yang sedikit akan mengakibatkan kelangkaan, ini mengakibatkan harga jual pun akan meningkat.Pertama kita perlu mengetahui apa saja yang mempengaruhi permintaan komoditi tertentu berikutnya baru kita dapat melihat bagaimana permintaan dapat menentukan harga serta bagaimana sistem harga itu secara keseluruhan memungkinkan sistem perekonomian bereaksi terhadap perubahan permintaan. Permintaan membantu kita dalam memahami keberhasilan sistem harga dan juga kegagalannya.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, adapun rumusan masalah dalam makalah ini, yaitu sebagai berikut :
1.      Apakah pengertian dari permintaan?
2.      Apa saja macam-macam permintaan?
3.      Bagaimana fungsi dan kurva permintaan?
4.      Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan?
5.      Bagaimana hukum permintaan tersebut?

1.3 Tujuan Penulisan
Makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan yaitu :
1.   Untuk mengetahui pengertian dari permintaan,
2.   Untuk mengetahui macam-macam permintaan,
3.   Untuk mengetahui fungsi dan kurva permintaan,
4.   Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan,
5.   Untuk mengetahui hukum permintaan.
BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Permintaan
Pengertian permintaan dalam bahasa sehari-hari sedikit berbeda dengan pengertian permintaan dalam ekonomi. Pengertian sehari-hari permintaan sering hanya diartikan sebagai jumlah barang yang diinginkan atau dibutuhkan oleh konsumen. Dalam pengertian ekonomi permintaan diartikan lebih jauh lagi yaitu tidak sekedar keinginan (want) dari konsumen, melainkan permintaan terhadap sejumlah barang akan berarti jika memang konsumen menuntut untuk dipenuhinya keinginan tersebut atau sampai pada taraf kebutuhan (need yaitu keinginan yang menuntut untuk segera dipenuhi), berarti perlu didukung oleh daya beli.
Sedangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi permintaan suatu barang sebenarnya disamping harga barang itu sendiri, kita perlu memperhatikan harga dan ketersediaan barang yang berkaitan (bisa barang substitusi dan barang komplementer), pendapatan konsumen, dan selera/preferensi konsumen terhadap barang tersebut.

2.2. Macam-Macam Permintaan
Macam-macam permintaan dapat dibedakan atas daya beli konsumen yaitu :
a. Permintaan Potensial (Potential Demand)
Permintaan potensial adalah permintaan yang hanya mendasarkan pada keinginan dan tanpa atau belum didukung oleh daya beli. Keinginan tanpa daya beli hanya mengarah pada kemauan, tetapi tidak pada permintaan.
b. Permintaan Efektif (Effective Demand)
Permintaan Efektif adalah permintaan yang disertai dengan kekuatan untuk membeli atau daya beli.
            Macam-macam permintaan dapat dibedakan dari jumlah pemintanya yaitu:
a. Permintaan Individual/Pribadi
Permintaan individual adalah permintaan yang datang dari perseorangan atau individu. Permintaan ini dipengaruhi oleh nilai yang dikaitkan dengan perolehan dan penggunaan barang jasa yang bersangkutan serta kemampuan untuk memperolehnya.
b. Permintaan Pasar
Permintaan Pasar adalah penjumlahan secara horizontal (semata-mata merupakan gabungan) dari permintaan-permintaan individual/pribadi yang ada di pasar tersebut.




2.3.  Fungsi dan Kurva Permintaan
1.      Fungsi Permintaan
Fungsi permintaan akan sebuah produk adalah sebuah pernyataan hubungan antara kuantitas yang diminta dan semua faktor yang mempengaruhi kuantitas tersebut. Permintaan ditempatkan sebagai suatu fungsi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor.
2.      Daftar Permintaan
Sebagaimana uraian di atas, kita mengenal permintaan individu/ perseorangan tertentu dan permintaan pasar yang sebenarnya merupakan penjumlahan secara horizontal dari permintaan-permintaan individu yang ada di pasar. Berikut ini contoh Daftar/Skedul permintaan akan telur per bulan dalam kg dari permintaan individu dan permintaan pasar (dengan asumsi dalam pasar tersebut hanya ada dua permintaan individu yaitu Individu A dan Individu B):
3.      Kurva Permintaan
Dari skedul/daftar permintaan di atas kita dapat membuat kurva permintaan. Kurva permintaan merupakan garis yang menghubungkan berbagai jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga.
4.      Perubahan Permintaan
Perubahan permintaan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1.                  Perubahan Jumlah Barang Yang Diminta
2.                  Perubahan Permintaan

2.4  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan
1.      Harga Barang itu sendiri
2.      Harga barang lain yang mempunyai hubungan erat
3.      Selera/Taste Masyarakat terhadap barang/produk yang dihasilkan.
4.      Pendapatan Masyarakat (Income/Yield)
5.      Jumlah Penduduk.
6.      Intensitas Kebutuhan
7.      Perkiraan Harga di Masa Depan

2.5  Hukum Permintaan
Hukum sebenarnya merupakan generalisasi dari suatu realita. Hukum Permintaan mencoba menjelaskan realita dilapangan mengenai sifat hubungan antara perubahan harga suatu barang dengan perubahan jumlah barang yang diminta. Secara umum dijumpai bahwa apabila harga suatu barang turun, maka orang cenderung untuk membeli barang itu dalam jumlah yang lebih banyak. Sebaliknya apabila harga suatu barang naik, maka orang akan cenderung mengurangi jumlah pembeliannya. Jadi pola hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang diminta adalah negatif.


BAB III
PENUTUP


3.1 Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa permintaan adalah jumlah barang yang diinginkan atau dibutuhkan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Permintaan dalam segi ekonomi memiliki beberapa jenis/kategori yaitu berdasarkan daya beli konsumen meliputi : Permintaan Potensial dan Permintaan Efektif. Sedangkan berdasarkan jumlah pemintanya meliputi : Permintaan Individual dan Permintaan Pasar. Permintaan ditempatkan sebagai suatu fungsi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor.

3.2 Saran
Adapun saran yang ingin penulis sampaikan adalah dalam permintaan yang tinggi atau harga cenderung murah menyebabkan masyarakat atau konsumen akan permintaan barang cenderung meningkat, konsumen setidaknya juga harus memastikan kualitas barang yang akan dibeli sehingga tidak merugikan diri sendiri atau orang lain.



DAFTAR PUSTAKA

http://purnamiap.blogspot.co.id/2014/10/contoh-makalah-permintaan-lengkap.html




Posted by SahrulParawie
WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN Updated at: 4/22/2018 11:28:00 AM

No comments :

Post a Comment