MAKALAH CENDIKIAWAN ISLAM

Untuk Memudahkan Pencarian Dokumen Pendidikan Gunakan Filtur Pencarian di Bawah ini

MAKALAH CENDIKIAWAN ISLAM


ILMUWAN MUSLIM INDONESIA


I.            BAPAK SOEKARNEN KERTOREDJO
Sejarah Singkat
         Setelah bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, maka akibat Clash yang pertama dengan pemerintah Kolonia Belanda, Pemerintah Pusat Republik Indonesia pindah kedudukan dari Jakarta ke Yogyakarta.
          Kementrian Kemakmuran sebagai salah satu dari Kementrian yang ada, pada masa itu pindah berkedudukan di Kota Magelang. Kepal Bagian Pendidikan dari Pusat Jawatan Perindustrian dan Kerajinan dari Menteri Kemakmuran adalah Bapak Soekarnen Kertoredjo seorang yang energik dan berpandangan jauh, timbul inisiatif pada tahun 1947 untuk mendirikan Sekolah Teknologi Menengah Atas (STMA) dan berkedudukan di kota Magelang.
         Beliau yakin bahwa disamping Bangsa Indonesia berjuang secara fisik untuk menegakkan Kemerdekaan, haruslah pula difikirkan pembangunan Negara dalam segala lapanga, pandangan beliau telah sampai pada industrialisasi dan untuk ini maka pendidikan tenaga ahli dalam lapangan Teknologi sangat diperlukan.
         Bila dilihat dari data yang ada pada waktu itu perhatian masyarakat terhadap berdirinya STMA, cukup besar dan menggembirakan. Sebagaimana tertulis dalam sejarah perjuangan Negara Republik Indonesia, pada bulan Desember 1948 Kolonialis Belanda melancarkan aksinya ke daerah Republik Indonesia sehingga kota Yogyakarta dan Magelang didudukinya. Selama pendudukan ini STMA terpaksa tidak melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelajaran.
         Setelah pertengahan tahun 1949 Pemerintah Kolonial Belanda meninggalkan seluruh Daerah Yogyakarta sebagai hasil perundingan dengan Pemerintah R.I. di Kaliurang, yang sangat terkenal dinamakan Room Royen Statesmen, maka atas desakan para siswa STMA, kurang lebih akhir tahun 1949 kegiatan STMA dapat dimulai kembali dengan menempati sebagian ruangan gedung Kementrian Kemakmuran di Balapan Yogyakarta.
         Surat Keputusan Pengukuhan berdirinya STMA adalah seperti tersebut pada Surat Keputusan Menteri Perekonomian tanggal 20 Juli 1954 Nomor 10606 /M. Alangkah sayangnya sebelum mengetahui perkembangan lebih lanjut, pada tahun 1949 Bapak Soekarnen Kertoredjo meninggal dunia di kota Magelang. Seluruh keluarga STMA menganggap Bapak Soekarnen sebagai pendiri dan Bapak STMA.
         Untuk selanjutnya cita-cita dari pada Bapak Soekarnen maka Bapak Soejono Hatmoseputro almarhum yang pada waktu itu sebagai pejabat Kepala Bagian Pendidikan dari Jawatan Perindustrian Kementrian Kemakmuran membimbing dan meneruskan tegaknya STMA.
         Dikarenakan gedung bekas Kementrian Kemakmuran di Komplek Balapan Yogyakarta tidak lagi sesuai untuk tempat pendidikan para siswa, maka pada bulan Juni 1956 STMA dengan resmi pindah ke gedung baru yang berada di Jalan Kusumanegara No. 1 (sekarang menjadi Jalan Kusumanegara No. 3) Yogyakarta sampai dengan sekarang.
          Sejak berdirinya, murid STMA berasal dari seluruh Indonesia dan mendapatkan ikatan dinas sampai tahun ajaran 1964/1965. Dalam masa perjuangan Pembebasan Irian Barat (Trikora), STMA Yogyakarta termasuk yang pertama menerima putera daerah Irian Barat (Irian Jaya). Disamping itu SMTI Yogyakarta pada awal integrasi pernah juga menerima siswa tugas belajar dari Propinsi Timor TImur.
         Dengan berakhirnya ikatan dinas serta telah berdirinya STMA di daerah-daerah maka akhirnya sebagian besar murid dari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, sebagian dari Propinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur serta sebagian kecil dari luar Jawa.
         Pada masa Ikatan Dinas yang siswanya berasal dari berbagai daerah. Setelah selesai pendidikan selanjutnya kembali ke daerah masing-masing. Para alumni STMA yang telah bekerja di daerah, merasa bahwa di daerahnya diperlukan tenaga menengah untuk mengisi perkembangan pembangunan di daerahnya.  Oleh sebab itu di beberapa daerah muncul sekolah sejenis STMA Yogyakarta.
         Pada tanggal 24 Juni 1985 dengan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 235/M/SK/6/1985, STMA Yogyakarta termasuk sekolah sejenis yang lain diganti namanya menjadi Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) yang berkedudukan di Yogyakarta, Ujung Pandang, Banda Aceh, Tanjung Karang, Pontianak, dan Padang.
        Lulusan STMA Yogyakarta dari tahun 1951/1952 sampai sekarang penghargaan ijazah/STTB STMA/SMTI adalah sebagai berikut :
1. Dengan Surat Kementrian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 9 Maret 1955 No. 1267/B/V dihargai sebagai Ijazah Negeri Sekolah Menengah Atas Bagian B.
2. Dengan Surat Kementrian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 27 April 1955 No. 2155/B/V dihargai sebagai Ijazah Negeri Sekolah lanjutan Vak Tingkat Atas.
3. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 03/C/I/Kep/79 tanggal 13 Januari 1979 dinilai/dihargai setingkat dengan Ijazah/STTB SLTA Negeri Kejuruan.
4. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 9 Oktober 1987 Nomor 177/C/Kep/87, Ijazah/STTB SMTI dihargai sama dengan STTB Sekolah Menengah Kejuruan (SMKT) Negeri.
           Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI ) Yogyakarta saat ini  berusia lebih dari 64 (enam puluh empat) tahun. Usia yang dapat dibilang dewasa. Selama itu pula telah terjadi estafet kepemimpinan. Adapun beberapa pimpinan yang telah menduduki jabatan sebagai Kepala SMTI Yogyakarta adalah  sebagai berikut :
  1. Soekarnen Kertoredjo Tahun 1947 – 1949, beliau sekaligus pendiri STMA
  2. Abuyono, tahun 1950 – 1952
  3. Amir Husen Siregar, tahun 1952 – 1953
  4. M. Soewarto, tahun 1953 -1954
  5. Ir. M. Busthanim, tahun 1955 – 1974
  6. Ir .M. Soekmono, tahun 1972 – 1977
  7. Abdullah Syatari, SH., tahun 1977 – 1983
  8. Hadi Soenarno, BSc., tahun 1983 – 1986
  9. Ir. Pietoyo Soekarbowo, tahun 1986 – 1987
  10. Wahidoen Abdoel Aziz, BSc., tahun 1987 – 1994
  11. B. Subanto,BA., tahun 1994 – 1999
  12. Dra. Hj. Surajiyah, MM., tahun 1999 – 2009
  13. Dra. Tri Ernawati, M.Si., tahun 2009 – sekarang




ILMUWAN ISLAM MASA BANI ABBASYIAH
(Masa Kejayaan Umat Islam)

       I.            AL-KINDI
AL-KINDI lahir di kurafah(irak) tahum 801 M.Ia adalah pemikir islam pertama yang menyelaraskan filsafat dan agama. Menurutnya, filsafat adalah ilmu yang mulia. Ia juga melukiskan filsafat sebagai ilmuan kearifan dari segala kearifan.
Menurut Al-kindi, filsafat dibagi menjadi tiga bagian .Pertama, Ilmu fisika(ilmu tibbiyyat) sebagai tingkat terbawah. Kedua , ilmu matematika (ilmu al-rubbubiyah) pada tingkatan tertinggi. Salah satu pokok bahasan al-kindi adalah mengenal jiwa atau roh,dan membaginya menjadi tiga daya.Pertama daya bernafsu,kedua daya pemarah, ketiga daya berpikir.Menurutnya, daya berpikir adalah daya tertinggi  karena menyangkut manusia kepada derajatnya yang paling tinggi.Al-kindi wafat  tahun 869M.

    II.            AL-FARABI
Lahir di kota Farab tahun 257H/970M. Setelah dewasa ia belajar kepada Abu Bisri Bin Mathius . Di irak , ia banyak mempelajari filsafat ,logika, matematika,etika ilmu,politik dan music.
Al-farabi menjadi guru bagi Ibnu Sina,Ibnu Rusyd, dan filusuf islam yang dating. Oleh karena itu beliau mendapat julukan gelar GURU KEDUA(AL-MU’ALLIMU AL-TSANI) sebagai lanjutan dari Aristoteles yang mendapat gelar guru pertama.karangan kitab al farabi sebagai berikut:
·            Agrad kitab ma ba’da at-Tabi’ah
·            Al-jam’u Baina Ra’yi al-hakimaini( Mempertemukan dua pendapat Plato dan Aristoteles)
·            Tahsil as-Sa’adah(mencari kebahagiaan)
·            Uyun al-Masa’il(Pokok-pokok persoalan)
·            Ihsa’ al-Ulum(Statistik lmu)
·            Al-farabi wafat di Damsyik tahun 339H/950M pada usia 80 tahun.



 III.            IBNU SINA
Lahir di Afsyanah pada tahun 980M.Di barat ia sering disebut Avicena sewaktu umur 17 Tahun ia dikenal dengan seorang dokter dan pernah diminta untuk mengobati pangeran Nuh bin Mansur, Seorang penguasa dinasti Samaniah.
Ia mendapat gelar asy-Syaikh Ar’rais(Guru para raja) dan dibidang kedokteran diberi gelar pangeran para dokter.
Karya ibnu sina antara lain:
·         As-syifa’(Penyembuh)
·         Al-Qanun fi at-Tibb(Peraturan-Peraturan kedokteran)
·         Uyun al-hikmah(Mata air hikmah)
·         Mantiq al-masyriqiyyin(Logika Timur)
·         Al-isyarah wa at-Tanbihat
Selain dalam bidang kedokteran ibnu sina juga memberikan andil dalam ilmu pengetahuan yang lain yaitu ilmu astronomi dengan bukunya yang berjudul al-Magest(buk tentang astronomi).

 IV.            IBNU RUSYD
Dilahirkan di Cordoba,Sepanyol pada 520H/1126M . Ia dikenal dengan seorang dokter ,ahli hokum ,dan tokoh filusuf yang menonjol pada periode perkembangan filsafat islam. Di dunia barat ia dikenal dengan sebutan Averoes . Ia jug pernah menjadi hakim di sevilla dan kota-kota lainnya di sepanyol.
Ia adalah perintis ilmu kedokteran umum dan juga HISTOLOGI (ilmu jaringan tubuh). Jasa nya lain adalah dibidan penelitian pembuluh darah dan cacar. Salah satu buku karangannya adalah al-kulliyat. Yang diterjemahkan dalam bahasa inggris yaitu Gneral roles of medicine.
Ia juga filusuf yang membela para filusuf dari serangan Al-ghazali yang menunding para filusuf telah sesat karenanya telah menjadi kafir. Pembelaan itu dapat kita lihat dalam bukunya yang berjudul Tahafut at-Tahafut.Karyanya yang lain ada 78 buah, dan masih tersimpan baik di escurial Madrid. Ia meninggal di Maroko tahun 595H/10 Desember 1198 M.



    V.            IBNU HAITAM (ALHAZEN)
Dilahirkan di basrah tahun 354H/965M. Ia adalah seorang yang ahli dalam ilmu fisika dan matematika yang disengani sejak abad 11, ia juga tercatat sebagai ahli fisika muslim pertama.
Menurut Wiliam Drapper dalam History of the intellectual development Of Europe, al hazen adalah orang pertama yang membenarkan konsep Yunani tentang penglihatan.karya-karyanya didasarkan pada anatomi dan pembahasan geometri. Antara lain karyanya yaitu sbb:
·                Muqalah fi Istikhraj Samt al-Qiblah
·                Muqalah fi Hayat al-alam
·                Kitab fi al-manasit(kamus optic)
·                Maqalah fi Daw al-Qamar
George Sartan dan Dr. Donald menyebutnya sebagai The Greatest Student of Optics of All Times.

 VI.            MUHAMMAD IBNU MUSA AL-KHAWARIZMI
Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa al-Khawarizmi. Dilahirkan di khawarizmi Uzbekistan tahun 194H/780M. Menurut George Sertan ,bahwa Al-Khawarizmi adalah ilmuwan muslim terbesar dan terbaik pada masa itu dan Al-Khawarizmi adalah ahli matematika terbesar pada masa itu.
Pada mas Khalifah al-Ma’mun (raja dinasti abbasyiah) ia bekerja pada BAITUL HIKMAH(Rumah Kearifan) di Baghdad.bekerja di insernatarium tempat ia menekuni matematika dan astronominya.
Ia adalah penemu SESUNGGUHNYA Algorisme(Logaritma)  dia juga yang menjebatani matematika klasik (Yunani India) menjadi matematika modern. Di Eropa ia sering di sebut algorismi atau algorism.pada abad pertengahan algorism dipakai orang barat dalam arti kata Aritmatika(ilmu hitung). diantara karyanya adalah ;”Hisab al-jabr Wa al-Muqabalan”(perhitungan integrasi dan persamaan)
Selain itu semua , AL-Khawarizmi juga menciptakan angka 6,7,8,9,dan selanjutnya menciptakan angka sifr atau nol. Angka nol inilah kita bias menghitung angka puluhan,ratusan,ribuan dst.ia meninggal pada tahun 266H/850M di Bghdad.


VII.            AR-RAZI
Dilahirkan di Rayy tahun 865 M. ia adalah seorang dokter dan filusuf besar pada mas itu .setelah mempelajari ilmu matematika,astronomi,logika,sastra dan kimia, ia melanjutkan ilmu kedokteran dan filsafat.
karya ar razi mencapai 232 buku atau risalah dan sebagian besar pada bidang kedokteran.
Karya karya ar razi adalah sebagai berikut:
·         Al-Hawi
Sebuah ensiklopedi  kedokteran berjumlah 20 jilid , yang berisi  tentang kedokteran Yunani,Arab,dan Suriah, yang ditulis dari hasil penelitiannya,
·         Fi al-Judari wa al-Hasbat
Buku yang membahas campak dan cacar Ar-razi meninggal pada tahun 932M.





ILMU HADIS MASA ABBASYIAH


       I.            IMAM AL-BUKHARI
Lahir di Bukhara pada tahun 810 M . Sejak kecil sudah belajar ilmu hadist dari ayahnya, yang juga ahli ilmu hadist yang memiliki hubungan baik dengan ibnu malik,Muhammad bin zaid,dan Abdullah bin Mubarak. Pada usia 16 tahun ia belajar hadist pada ad-Dakhili, sejak kanak-kanak Imam bukhari telah mampu menghafal hadis sebanyak 70000 buah, kemudian pada umur 16 tahun telah hafal ilmu hadist karangan ibnu al-mubarrak dan Wakil al-jarrah.Ia berguru lebih dari 1000 guru. Dan menurut riwayatnya Ia menulis dan menyusun Kitab Sahih Bukhari sebagai hasil menemui 1080 guru dalam bidang ilmu hadist.mulai dari Tabi’in hingga murid yang belajar bersama imam bukhari.
Kecerdasan imam bukhari juga dapat dilihat dari kemampuannya melakukan kritik sanad,matan, dan rawi hadist.
Dalam mengumpulkan al-hadist imam bukhari melakukan Rikhlah ilmiah mulai dari Balkh,Nisabur,Rayy,Baghdad,kufah,Mekah,mesir,damaskus,Hims,dan qaisyariyah.Ia menetap dua tahun di makah kemudian melanjutkan ke madinah.perjalanan semua ini membutuhkan waktu +-16 tahun.
Karyanya antara lain sebafai berikut;
·                     Al-Jami’ as-Sahih al-Bukhari
·                     At-Tarikh as-sagir
·                     At-tarikh al-ausat
·                     Kitab al-‘illal
·                     Asami as-sahabah dan kitab al kuna
·                     Kitab ad-du’afa
·                     Dsb
Imam bukhari meninggal di Khartanak tahun 870 M

    II.            IMAM MUSLIM
Lahir pada tahun 817 M di Nisabur. Ia dan Imam bukhari sering disebut syaikhani atau dua syekh. Ia pergi ke irak,hijaz,suriah, dan negri negri lainnya untuk memperdalam ilmu hadist. Selain kepada imam bukhari , ia juga belajar pada imam bin hambali,Abdullah bin qorir, qutaybah bin said, dan yang lainnya.
Karya terbesar imam muslim adalah al-Jami’ as-Sahih Muslim atau dikenal dengan Sahih muslim yang berada di tingkat kedua setelah sahih Bukhari.
Imam muslim meninggal di Nisabur tahun 875M.

 III.            ABU DAWUD
Dilahirkan di Baghdad pada tahun 817 M. Ia melakukan rihlah untuk mempelajari hadis ke berbagi wilayah dan ia juga banyak belajar dari berbagai guru.
Kitab karya abu dawud adalah Sunan Abi Dawud .dalam kitab ini terdapat 4800 hadist dari sekitar 500.000 hadis yang dikumpulkannya.
Abu dawud meninggal di zbasrah pada tahun 888M.




DAFTAR PUSTAKA


Khasanah,Siti.2008.SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM.Solo:Penerbit dan Percetakan Putra Kertowatan.
Laily,Nurul.2006.SEJARAH ISLAM.Yogyakarta:Erlangga


Posted by SahrulParawie
WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN Updated at: 4/18/2018 10:14:00 AM

No comments :

Post a Comment