MAKALAH BERIMAN PADA HARI AKHIR - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

MAKALAH BERIMAN PADA HARI AKHIR


BAB I
PENDAHULUAN

Rukun iman yang kelima adalah beriman kepada hari akhir. Iman kepada hari akhir adalah percaya akan adanya hari akhir. Hari akhir adalah hari berakhirnya kehidupan dunia. Pada saat itu baik dan buruknya perilaku seseorang akan dicatat bergantung bagaimana kadar keimanan seseorang dalam hatinya. Orang yang benar-benar beriman adanya hari kiamat akan senantiasa menjaga agar perilakunya baik dan berusaha menjauhi halhal yang buruk. Begitu juga sebaliknya.
Beriman kepada hari kiamat merupakan unsur pokok keimanan dalam Islam. Tanpa beriman kepada hari kiamat, iman seseorang tidak akan diterima. Sebagaimana tidak diterima apabila tidak beriman kepada Allah, malaikat-malaikat Allah, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, dan qadha qadar dariNya.Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman:
“…Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasulrasulNya, dan hari kemudian (kiamat), maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauhjauhnya. (An-Nisaa’:136).

“…Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka Ayat-ayat-Nya, bertambahalah iman mereka (karenanya) dan kepada Rabblah mereka bertawakkal, (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rejeki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Rabbnya dan (ampunan serta rejeki (nikmat) yang mulia. ” (QS. Al-Anfaal :2-4)




BAB II
PEMBAHASAN


A.      PENGERTIAN HARI AKHIR
Beriman kepada hari akhir berarti meyakini dengan sgrjgnuh hati, adanya
pembalasan amal perbuatan manusia selama hidup di dunia. Hari akhir itu abadi dan tidak berakhir hari-hari di dunia ini.
Ada tiga golongan manusia dalam menanggapi adanya hari akhir. Ketiga     golongan tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Golongan pertama adalah kelompok manusia yang mengingkari atau tidak percaya akan adanya hari akhir. Mereka mempunyai anggapan bahwa manusia mati tídak ada lagi kehidupan. Satu-satunya kehidupan adalah  kehidupan di dunia ini setelah manusia mati habislah perkara. Golongan ini disebut ateis atau mulhid (tidak memercayai adanya Tuhan).    
2.      Golongan kedua adalah kelompok manusia yang memercayai akan adanya Reinkarnasi. Reinkarnasi adalah penjemaal roh manusia yang telah mati. Apabila selama hidup beramal baik, ia akan lahir kembali menjadi manusia yang lebih baik atau lebih mulia, sebaliknya apabila selama hidupnya beramal buruk, ia akan lahir dalam bentuk yang buruk. Kepercayaan ini banyak dianut oleh pemeluk agama ardi (agama buatan manusia)
3.      Golongan ketiga adalah kelompok manusia yang meyakini adanya hari akhir. Hari akhir diyakini sebagai pembalasan semua amal selama hidup di dunia. Hari akhir diyakini sebagai kehidupan yang hakiki. Kepercayaan inilah yang dianut oleh pemeluk agama samawi (agama yang berasal dari Allah SWT).

B.       HARI AKHIR MENURUT AL-QUR’AN DAN HADIS (DALIK NAQLI)
1.      Surah Al-An’am ayat 134
134.  Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti datang, dan kamu sekali-kali tidak sanggup menolaknya.

2.      Surah al Hajj ayat 7
¨br&ur sptã$¡¡9$# ×puŠÏ?#uä žw |=÷ƒu $pkŽÏù žcr&ur ©!$# ß]yèö7tƒ `tB Îû Íqç7à)ø9$# ÇÐÈ
7.  Dan Sesungguhnya hari kiamat itu Pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.

3.      Surah Taha ayat 15
15.  Segungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan.

4.      Sabda Rasulullah SAW
(Jibril) bertanya: Apakah iman itu? Rasulullah SAW menjawab :Iman ialah engkah percaya kepada Allah, hari akhir, malaikat, kitab, nabi-nabi, pecaya kepada mati, hidup sesudah mati, surga, neraka, hisab, mizan, serta takdir, baik  takdir yang baik maupun yang buruk (HR. Ahmad : 346)

C.       HARI AKHIR MENURUT ILMU PENGETAHUAN
Para pakar ilmu antartika menyatakan bahwa apabila kiamat disebabkan oleh padamnya matahari, kiamat akan terjadi kurang lebih 15 miliar tahun lagi. Apabila hal itu terjadi, seluruh benda-benda langit akan bertabrakan dan saling menghancurkan atara satu dengan hal yang lain.

D.      TANDA-TANDA AKAN DATANGNYA YAUMU-SA’AH (HARI KIAMAT)
Kiamat ada dua macam yakni, kimat sugra/kiamat kecil dan kubra/kimat besar. Kiamat sugra ialah hari kematian seseorang, sendangkan kubra hari hancurnya alam semesta (termasuk manusia). Allah berfirman sebagai berikut:
187.  Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui".

Tanda-tanda kecil muncul apabila kiamat belum terlampau dekat, adapun tanda-tanda besar muncul setelah hari kiamat amat dekat (hampir terjadi).


1.      Tanda-tanda kecil
a.       Pembantu telah melahirkan majikannya;
b.      Meluasnya perbuatan maksiat, termasuk perzinaan ;
c.       Jumlah wanita elbih banyak dibanding dengan prianya;
d.      Ilmu agama tidak dianggap penting
2.      Tanda-tanda besar
a.       Matahari terbit dari arah barat
b.      Keluarnya dajal
c.       Keluarnya hewan yang aneh dari dalam bumi

Rasulullah SAW bersabda:
Tidaklah kiamat terhadi sehingga matahari terbit dari tempat tenggelamnya (barat). Maka apabila matahari telah terbit dari barat, berimanlah semua manusia. (namun) tidaklah berguna imannya itu, kecuali apabila telah beriman sebelum peristiwa itu dan telah berbuat baik atas dasar keimanannya itu (HR. Muslim)

Rasulullah juga bersabda:
Ada tiga perkara, apabila telah keluar tidaklah bermanfaat iman seseorang, kecuali apabila telah beriman sebelumnya dan telah beramal baik dengan keimanannya tesebut  (Tiga perkara tersebut) ialah terbitnya matahar idari arah barat, keluarnya dajal, dan keluarnya hewan yang aneh dari dalam bumi (HR. Muslim)

E.       ALAM GAIB YANG BERHUBUNGAN DENGAN HARI AKHIR
1.      Alam Barzakh
Di dalam islam dikenal adanya kiamat sugra atau kiamat kecil dan kiamat kubra atau kiamat besar. Roh manusia yang mati sebelum terjadinya kiamat kubra berada di alam barzakh atau alam kubur sampai dengan datangnya yaumul akhir atau hari akhir. Allah berfirman  sebagia berikut:
46.  Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang[1324], dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras".

[1324]  Maksudnya: dinampakkan kepada mereka neraka pagi dan petang sebelum hari berbangkit.



2.      Yaumul Ba’as
Periode pertama dari yaumul akhir adalah yaumul ba’as yakni hari bangkitnya manusia dari alam kubur. Allah berfirman sebagai berikut:
38.  Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sumpahnya yang sungguh-sungguh: "Allah tidak akan akan membangkitkan orang yang mati". (Tidak demikian), bahkan (pasti Allah akan membangkitnya), sebagai suatu janji yang benar dari Allah, akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui,

3.      Yaumul Hasyr
Setelah bangkit dari alam kubur, kemudian manusia menuju ke Mahsyar yaitu tempat berkumpul manusia pada hari kiamat. Hari itu disebut yaumul hasyr (hari berkumpul). Allah berfirman sebagai berikut:
47.  Dan (Ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.

4.      Yaumul hisab dan yaumul mizan
Manusia berkumpul di mahsyar untuk menjalni hisab dan mizan (perhitungan dan pertimbangan) amalnya. Allah SWT berfirman sebagai berikut:
9.  Bukan Hanya durhaka saja, bahkan kamu mendustakan hari pembalasan.
10.  Padahal Sesungguhnya bagi kamu ada (Malaikat-malaikat) yang Mengawasi (pekerjaanmu),
11.  Yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu),
12.  Mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan.

5.      Surga dan Neraka
a.       Surga
Surga adalah sebutan bagi tempat yang penuh nikmat pada hari akhir kelak. Surga disediakan untuk manusia yang bertakwa semasa hidup di dunia.
Allah SWT berfirman sebagai berikut:
108.  Adapun orang-orang yang berbahagia, Maka tempatnya di dalam syurga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya.

b.      Neraka
Neraka adalah sebutan suatu tempat yang penuh dengan penderitaan dan siksa di akhirat kelak. Neraka merupakan balasan buruk bagi orang-orang yang durhaka semasa hidupnya di dudnia. Allah berfirman sebagai berikut:
106.  Adapun orang-orang yang celaka, Maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih),
107.  Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi[736], kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang dia kehendaki.
[736]  alam akhirat juga mempunyai langit dan bumi tersendiri.

F.        FUNGSI IMAN KEPADA HARI AKHIR
1.      Menyadarkan manusia akan adanya hari akhir sebagai kehidupan yang hakiki bagi manusia
2.      Menyadarkan manusia bahwa kehidupan di hari akhir adalah tujuan setiap manusia yang hidup di dunia ini
3.      Menjadikan manusia bersikap hati-hati dalam hidup di dunia sehingga akan selalu taat kepada petunjuk-petunjuk agama dan membatasi diri dari terhadap kesenangan hidup dunia.
G.      PERILAKU YANG MENCERMINKAN KEIMANAN TERHADAP HARI AKHIR
1.      Bersikap hati-hati dalam berusaha untuk mencukupi kebutuhan hidup jangan sampai melanggar hukum-hukum agama.
2.   Berusaha agar makanan dan minuman yang dikonsumsi diri dan keluarga makanan dan minuman yang halal.
3.      Berusaha agar tidak merugikan pihak lain, baik yang bersangkutan tahu maupun tidak.



BAB III
PENUTUP

Dengan memahami kajian teori di atas, tentunya kita semakin mengetahui bahwa kehidupan di dunia ini hanya bersifat sementara. Manusia lahir lalu bertumbuh-kembang, dan akhirnya meninggal dunia. Begitu juga dengan hewan dan tumbuhan. Dari pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa kehidupan yang kekal hanya di akhirat kelak. Disana tidak ada lagi kematian. Orang-orang beriman dan beramal saleh akan hidup selamanya di surga. Sebaliknya, orang-orang kafir dan beramal buruk akan hidup di neraka untuk selamanya.


0 Response to "MAKALAH BERIMAN PADA HARI AKHIR"

Post a Comment