LAPORAN PTK CARA MEMBUAT ANAK SENANG BELAJAR MEMBACA

Untuk Memudahkan Pencarian Dokumen Pendidikan Gunakan Filtur Pencarian di Bawah ini

LAPORAN PTK CARA MEMBUAT ANAK SENANG BELAJAR MEMBACA


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Perubahan telah terjadi dimana-mana termasuk di dunia pendidikan secara terus menerus mengalami perubahan dan perkembangan berawal dari tidak ada menjadi ada dari yang sudah ada menjadi lebih baik dan yang sudah baik menjadi lebih baik atau sempurna. Salah satu tuntutan masyarakat dalam lingkungan pendidikan taman kanak-kanak adalah anak-anak yang pandai membaca dalam hal ini guru tidak bisa melepaskan prinsip belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar hal itulah yang mendorong saya untuk melakukan penelitian bagaimana agar anak bermain huruf dan bernyanyi di PAUD Karya Pertiwi.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah maka rumusan masalah penelitian tindakan kelas (PTK) tersebut adalah:
a.       Bagaimana anak-anak gemar dan selalu ingin membaca dengan tidak bosan melalui bermain dan bernyanyi?
b.      Media yang mendukung yang membuat anak-anak bersemangat dalam belajar membaca sangatlah dibutuhkan.

1.3  Tinjauan Penelitian
Berdasarkan uraian permasalahan dapat dirumuskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk:
a.       Meningkatkan kegemaran anak membaca
b.      Menanamkan emosional dalam latihan membaca
c.       Menambah wawasan guru tentang metode pembelajaran di taman kanak-kanak.

1.4  Manfaat Penelitian
Penelitian ini sangat penting bagi siswa maupun guru, adpaun manfaat yang diambil dari penelitian ini adalah:
a.       Manfaat bagi siswa
1)      Dapat memacu semangat siswa dalam belajar membaca
2)      Dapat meningkatkan kecerdasan dalam bahasa melalui lagu
b.      Manfaat bagi guru
1)      Dapat meningkatkan keterampilan dalam penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.
2)      Dapat meningkatkan minat dalam penelitian.
3)      Dapat meningkatkan pemahaman tentang penelitian.



BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1 Kajian Pustaka
Menurut Gardner (1993) kecerdasan bahasa memuat kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa dan kata-kata baik secara tertulis maupun lisan dalam berbagai bentuk yang berbeda untuk mengekspresikan gagasan-gagasannya. Anak-anak dengan kecerdasan bahasa yang tinggi umumnya ditandai dengan kesenangannya pada kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan suatu bahasa seperti membaca, menulis karangan, membuat puisi, menyusun kata-kata mutiara.

Hal ini diperkuat oleh pernyataan Bambang Trimansyah yang disadur dari koran republika, 30 September 2006 yang menyatakan kecakapan dalam mengolah kata boleh jadi petunjuk penting bahwa anak tersebut mempunyai kecerdasan bahasa di atas rata-rata.



BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN


3.1 Hipotesis Tindakan
Dengan menggunakan metode kumon yang menggunakan prinsip pembelajaran perserorangan sesuai kemampuan masing-msaing siswa dan disusun secara sistematis step by step.

3.2 Subjek Tempat dan Waktu Penelitian dan Piak yang Membantu Penelitian
A. Nama Sekolah             : PAUD KARYA PERTIWI
     Alamat                                    : Kampung Karya Maju Kec. Rebang Tangkas
     Jumlah Anak               : 19 (9 putri dan 10 putra)
     Tema                           :
     Waktu Penelitian         :
     Semester                      : II (dua)
     Tahun Ajaran              : 2014/2015
     Kelas                           : B1
     Anggota Peneliti         : 1. MURLIYANTI, S.Pd
                                           2. JULIANA

B. Waktu Pelaksanaan Tiap Siklus
     Siklus Pertama            : 4 – 9 Mei 2015
     Siklus Kedua               : 11 – 15 Mei 2015
     Siklus Ketiga               : 18 – 23 Mei 2015

3.3 Instrumen Penelitian
a. Lembar Observasi Siswa
lembar observasi ini digunakan untuk memantau setiap perkembangan siswa mengenai kemampuan dalam membaca yang jadi pengukuran tingkat kecerdasan siswa.



3.4 Teknik Analisis Data
Untuk mengetahui keefektifan suatu metode dalam kegiatan perlu dilakukan analisis data pada penelitian tindakan kelas ini digunakan analisis data kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta yang diperoleh sesuai dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan membaca siswa.



BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti kondisi kemampuan belajar membaca siswa khususnya pada kelompok B1 awalnya mengalami kendala setelah kegiatan pembelajaran berakhir siswa jika ditanya lupa dengan apa yang dipelajarinya. Untuk itu di siklus selanjutnya guru menggunakan media dan lagu dalam penelitian ini menggunakan tiga siklus.
1.      Siklus Pertama
Tahap perancangan tindakan
2.      Tahap Kedua
Tahap kegiatan dan pelaksanaan
3.      Siklus Ketiga
Tahap observasi

4.1 Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Menurut standar kompetensi kurikulum TK/RA (2004) pendekatan pembelajaran di TK harus diperhatikan prinsip di bawah ini.
a.       Pembelajaran berorientasi pada prinsip perkembangan anak yaitu sebagia berikut:
1)      Anak belajar dengan baik apabila fisik dan psikisnya aman dan tentram
2)      Siklus belajar berulang
3)      Anak belajar memulai interaksi sosial
4)      Minat dan keinginan anak akan memotivasi belajar
5)      Memperhatikan perbedaan individu




BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan dan siklus I, II dan III dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan metode pembelajaran dengan teknik melalui bermain huruf dan bernyanyi dapat meningkatkan daya tarik mebaca pada anak-anak usia PAUD.

5.2 Saran Tindak Lanjut
Mengingat penelitian ini hanya berjalan dalam 3 siklus serta subjek yang cuku sedikit (15 siswa) dalam satu kelas diharapkan guru lain dapat melanjutkan agar hasilnya lebih optimal.



BALAI PUSTAKA

1.        Pendekatan pembelajaran pendidikan anak usia dini (Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Formal 2010)
2.        Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK (Zainal Aqib, Siti Jaiyaroh, Eko Daniati, Khusnul Khotimah).
3.        Panduan mengatasi permasalahan anak usia dini (Sabil Risaldi, Meity H. Idris).



RENCANA KEGIATAN HARIAN
(RKH)

Hari/Tanggal               : Senin, 11 Mei 2015
Kelompok                   : B1
Semester                     : II
Tema                           : Rekreasi
Alokasi Waktu            : 120 Menit

INDIKATOR
Mengurutkan dan menceritakan gambar seri 4 – 6 Gambar (LK : 14)

Pijakan Awal + 10 Menit
Anak-anak bernyanyi lagu anak-anak dan melakukan gerakan mengikuti alunan lagu.

Kegiatan Pembuka + 5 Menit
Anak-anak berdo’a dan mengucapkan serta menjawab salam

Kegiatan Inti + 60 Menit
-            Guru membagi kelas menjadi 3 kelompok (masing-masing kelompok 5 siswa)
-            Guru menjelaskan langkah-langkah

Persiapan diantaranya:
-            Masing-masing kelompok diberi kartu huruf bergambar
-            Guru memberi arahan kalimat yang akan disusun dan dibaca

Inti
-            Setiap kelompok bekerjasama untuk membuat kalimat yang sudah dicontohkan
-            Guru dan siswa bernyanyi sesuai tema yang ditentukan
-            Tanya jawab

Istirahat + 30 Menit
-            Anak-anak berdo’a sebelum makan (bekal masing-masing)
-            Bermain Puzle
Kegiatan Akhir + 15 Menit
-            Guru mengulang kembali pelajaran tadi
-            Berkemas
-            Berdo’a dan salam pulang


                  Mengetahui,
                Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas



       SITI MAYSAROH, S.Pd                                          DEWI PUJI WATI
                                                                                               NIM. 823984342


Apakah Postingan ini Keren Bermanfaat Guys? Please Bantu Viralkan Guys!

URL:HTML:BB(forum):
Posted by SahrulParawie
WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN Updated at: 4/13/2018 05:01:00 AM

No comments :

Post a Comment