KARYA TULIS SEDERHANA SEBUAH NOVEL CINTA KU DI MASA SMU

Untuk Memudahkan Pencarian Dokumen Pendidikan Gunakan Filtur Pencarian di Bawah ini

KARYA TULIS SEDERHANA SEBUAH NOVEL CINTA KU DI MASA SMU


BAB I

A.    PENDAHULUAN
Adapun karya tulis ini telah selesai tersusun sedemikian rupa atas bimbingan dan dukungan guru bidang studi bahasa indonesia dengan tujuan. Bagi siapapun yang membaca resensi ini mampu mengambil hikmahnya. Penyusun berharap bagi siapapun juga yang membaca resensi ini dapat mengerti maksudnya.  

1.      Pengertian Judul
Dalam hal ini penulis mengambil judul “Cinta Ku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” dan penulis akan mengartikan sebaik-baik mungkin:
Cinta            : Menunjukkan rasa kasih sayang
Ku                : Kepunyaan kata ganti saya (kamus besar Bahasa Indonesia)
Di                 : Menunjukkan tempat
Masa             : Waktu
SMU            : Sekolah Menengah Umum

2.      Alasan Pemilihan Judul
Mungkinm asih banyak novel yang berjudul lain, tapi penulis lebih memilih novel berjudul “Cinta Ku di Masa SMU” Karya “Maria Cecilia” karen adi dalam novel ini banyak hikmahnya.

3.      Pembatasan pembahasan
Dengan panjangnya novel ini maka penulis pun tidak mungkin mengutip keseluruhan novel yang berjudul “Cinta Ku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” oleh kerena penulis akan menitik beratkan dan keunggulan dan kelemahannya.

4.      Sistematika
Dalam hal ini hanya pembahasannya tentang Bab I, Bab II, dan Bab III sebagai berikut:
BAB I         : A. PENDAHULUAN
                      B. RINGKASAN CERITA
                      C. JALAN CERITA
BAB II        : A. PENGERTIAN RESENSI
                      B.  IDENTITAS BUKU
                      C. TUJUAN PENGARANG
                      D. KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN BUKU
BAB III      : KESIMPULAN, SARAN DAN PENUTUP



B.       RINGKASAN CERITA

Yanti dan Irena Merupakan dua sahabat karib Kemana-mana keduanya senantiasa bersama bahkan jalinan persahabatan antara keduanya sudah berjalin sebelum keduanya duduk di bangku smu, karna semasa smp yanti dan irena pun satu sekolahan bahkan senantiasa satu kelas.
Suatu hari keduanya berpapasan dengan dimas dan rendi, sahabat nya yang bermaksud menuju ke kelas mereka. munkin sama-sama meleng dimas dan yanti pun bertabrakan.
Sehingga keduanya sama-sama menyurut mundur beberapa lankah, untuk kemudian sama-sama terdiam dengan mata saling memandang satu sama lain. dimas maupun yanti merasakan suatu debaran aneh di dalam hati mereka. itu pula yang membuat dimas dan yanti jadi terpaku daim tanpa sepatah kata pun terucap dari bibir mereka saat itu, Dimas masih nampak terpaku di tempatnya dengan mata tak berkedip memandang ke arah kedua gadis itu. Sejak kejadian itu, dimas dan irena pun setiap kali bertemu pasti ribut. Entah irena masih dendam atau apa pada dimas seperti hal nya pagi ini, ketika dimas dan irena kembali bertemu. dimas yang tanpa sapengetahuannya irena sudah menjadi sahabat yanti. berusaha bersikap baik dengan mendahului menyapa. Petmusuhan antara dimas dan irena juga ikut mempengaruhi jalinan cinta dengan dimas,karna tidak ingin menyinggung perasaan irena yanti pun pura-pura tidak ada hubungan apa-apadengan dimas jika bereda di hadapan sahabat nya itu. dia juga harus kucing-kucingan dengan irena kalau dia  ingin bertemu dengan dimas. meski keadaan seperti itu, terasa menyiksa batin nya, yanti berusaha untuk bersabar dan berusaha menunggu waktu yang tepat untuk dia memberi tahukan hubungan dengan dimas pada irena sahabat nya. tentu irena akan senang dan merasa tersanjung. dengan kata- kata indah penuh sanjungan dan rayuan itu. Namun karna dia dan dimas Bermusuhan, sehingga yang muncul dalam hati irena justru perasaan kesal dan kecewa. Setelah tamat SMU, kita semua berpisah . semenjak itu diantara kita tak pernah bertemu, tadi aku sungguh bermimpi saja rasanya, ketika melihat dirimu berjalandi trotoar , keudian mereka masuk ke cafe dekat dengan sebuah kampus, lalu memesan dua gelas minuman mereka ssaling berbincang-bincang, saling menceritakan pengalaman masing-masing selama lepas dari SMU, hingga kini mereka berjumpa. Dimas dan yanti memang saling mencintai, tapi sayang sekali yanti harus meninggalkannya, ia tak mungkin menentang kehendak papanya, menolak lamaran laki-laki lain walau ia tak mencintai. Beberapa bulan kemudian yanti telah menikah dengan laki-laki yang di jodohkan oleh ayah nya. Johan adalah suaminya yanti ketika ynti bertemu dengan dimas mantan kekasihnya dulu, yanti pun mengajak dimas berkunjung di rumah nya. Johan suami yanti pun tak tau kalau antara dimas dan istrinyadulu ketika masih SMU terjain tali kasih, karena yanti memperkenalkan dimas sebagai teman semasa SMU,  johan pun berusaha menyambutnya dengan baik.   

C.      JALAN CERITA
Dalam novel yang berjudul “Cintaku Di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” ini menceritakan tentang:
Seoang anak SMU Dimas yang masih teringat dengan kekasih lamanya. Meskipun kekasihnya sudah menikah. Kemudian ia bertemu kembali namun kasih sayang Dimas kepada Yanti sampai sekarang pun tak pernah hilang karena Dinas selalu sayang kepada Yanti.




BABA II
RESENSI NOVEL

A.      PENGERTIAN RESENSI
Setelah penulis menyelesaikan ringkasan dari novel yang berjudul “Cinta Ku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” perlu diketahui apa yang dimaksud dengan resensi.
Resensi adalah menimbang atau menilai sebuah karya tulis baik fisik maupun non fisik dalam hal ini pemulis menilai kekurangan dan kelemahan judul buku tersebut.  

B.       IDENTITAS BUKU
Pada novel ini banyak mempunyai ciri-ciri atau identitas yang terinci akan dijelaskan sebagai berikut:
a.       Judul Buku
Novel yang mempunyai judul “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia”
b.      Nama Pengarang
Pengarang Novel ini adalah “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia”
c.       Penerbit
Novel ini diterbitkan oleh Sinar Matahari Jakarta
d.      Catatan Buku
Novel ini merupakan cetakan kedua
e.       Jumlah Halaman
Novel “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” ini berjuamlah 128 halaman.
f.       Harga Buku
Novel “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” ini seharga Rp. 10.000,-
g.      Tebal Buku
Tebal Novel “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” adalah 128 halaman
h.      Tahun terbit
Novel ini terbitan Tahun 2009.
i.        Tujuan Pengarang
Setiap pengarang buku pasti mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Adapun pendapat berdasarkan analisa penulis, agar pembaca dapat mengambil hikmanya.

C.      KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN BUKU
Novel “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” mempunyai keunggulan buku yaitu dapat memetik hikmah yang sangat berharga dari kisahnya ini.
a.       Tema
Dari sudut tema novel “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia”  mempunyai tema menarik. Peran seorang laki-laki yang mempunyai kasih sayang yang sangat mendalam.
b.      Alur
Dalam novel “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” ini menggunakan alur maju. Karena menceritakan waktu yang lalu lebih dulu dan kemasa yang akan datang dan menceritakan menggunakan kata lalu, terus, kemudian dan akhirnya.

c.       Perwatakan
Setiap pemain mempunyai perwatakan sendir-sendiri. Watak seorang tokoh dalam cerita novel “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” bermacam-macam di awali dari tokoh utama.
Dimas : Orangnya baik, pemalu, dan perhatian
Rendi : Memiliki sifat jahil, suka mencari perhatian
Irena   : Orangnya suka marah-marah
Yanti  : Lemah lembut, baik, perhatian
Johan  : Seseorang yang memiliki sifat optimis, dan egois

d.      Penokohan
Dalam novel ini penulis akan menunjukkan tokoh utamanya. Adapun tokoh utamanya adalah:
Dimas             : Seorang pria yang kuat dan tegar
Yanti              : Seorang wanita yang baik
Rendi             : Seorang pria yang perhatian
Irena               : Seorang wanita yang jahat

e.       Sudut Pandang
Penulis hanya bisa menjelaskan tentang sudut pandang secara ringkas. Di dalam novel ini “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” hanya menerangkan kepada tokoh utamanya saja bukan yang lain.

f.       Majas/Gaya Bahasa
Dalam novel “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” gaya bahasanya sangat sederhana.





BAB III
KESIMPULAN, SARAN-SARAN DAN PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Setelah kami mengadakan penelitian terhadap novel yang berjudul “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia”. Maka selanjutnya penulis menarik kesimpulan bahwa setiap orang pasti mempunyai masalah dan cerita masing-masing di dalam hidupnya.

B.       SARAN-SARAN
Setelah penulis simpulkan dari cerita novel “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” penulis sarankan semoga para pembaca dapat mengambil hikmahnya dan pelajaran yang baik dari resensi ini.

C.      PENUTUP
Demikianlah penyusunan resensi novel “Cintaku di Masa SMU” karya “Maria Cecilia” yang sangat sederhana ini dan sengaja kami susun untuk bahan bacaan perpustakaan. Akhirnya kata semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan taufik serta hidayahnya kepada kita semua. Mudah-mudahan resensi yang sangat sederhana ini akan membantu dalam menentukan dan menunjang pembangunan yang ada di Indonesia. Amin ..............


Apakah Postingan ini Keren Bermanfaat Guys? Please Bantu Viralkan Guys!

URL:HTML:BB(forum):
Posted by SahrulParawie
WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN Updated at: 4/13/2018 08:57:00 AM

No comments :

Post a Comment