Kayar Tulis Novel Cinta Tumbuh Dihatinya - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

Kayar Tulis Novel Cinta Tumbuh Dihatinya


BAB I

A.    PENDAHULUAN
Adapun karya tulis ini penulis susun berdasarkan atas dukungan guru bidang study Bahasa Indonesia yang mana karya tulis akan digunakan sebagai bahan bacaan pelajar Bahrul Ulum. Pembahasan saya ambil dari Novel yang berjudul “Cinta Bersemi di Hatinya” Karya “Della Amanda” yang membahas masalah:
“Ketabahan seorang pria gay menanti cinta sejatinya”
Dalam penyusunan karya tulis ini penulis berusaha untuk memperbaiki dan semoga bermanfaat bagi penulis khususnya serta para pembaca pada umumnya.

1.      Pengertian Judul
Dalam hal ini penulis mengambil judul “Cinta Bersemi di Hatinya” karya “Della Amanda” di sini penulis akan menguraikan tentang pengertian judul “Cinta Bersemi di Hatinya”. Disini penulis akan menguraikan tentang pengertian judul “Cinta Bersemi di Hatinya” yaitu:
Cinta            : Kasih sayang
Bersemi        : Tumbuh
di                  : Menunjukkan tempat
Hatinya        : Organ Dalamnya

2.      Alasan Pemilihan Judul
Dari sekian banyak novel yang ada, penulis lebih memilih novel yang berjudul “Cinta Bersemi di Hatinya” karya “Della Amanda” sebab di dalam novel ini banyak pelajaran yang akan didapat.

3.      Pembatasan pembahasan
Karena dalam novel ini banyak sekali ceritanya maka penulispun tida mungkin menuliskan secara keseluruhan. Oleh sebab itu novel yang berjudul “Cinta Bersemi di Hatinya” karya “Della Amanda” ini akan penulis batasi dalam pembahasan itu CINTA BERSEMI DI HATINYAini penulis akan menitik beratkan pada keunggulan dan kelemahan novel ini.

4.      Sistematika
Dalam sistematika pembahasan penulis hanya membahas:
BAB I         : A. PENDAHULUAN
                      B. RINGKASAN CERITA
                      C. JALAN CERITA
BAB II        : A. PENGERTIAN RESENSI
                      B.  IDENTITAS BUKU
                      C. TUJUAN PENGARANG
                      D. KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN BUKU
BAB III      : KESIMPULAN, SARAN DAN PENUTUP

B.       RINGKASAN CERITA
Suatu hari kecelakaan pun terjadi, ketika itu Yugo yang menyetir mulai terlihat sangat lemas dan datanglah seorang pemuda yang bernama Jody, ia menolong dan membawa Yugo ke rumahnya. Ketika Yugo sadar ia pun ternyata-tanya ada dimakanah dia terlihatlah seorang pemuda tadi (Jody) yang menolongnya. Yugo pun berterima kasih kepada Jody karena telah menolongnya, ketika itulah Jody dan Yugo bersahabat. Namun, ketika sekian hari mereka bersahabat Jody pun kelihatan begitu aneh ternyata Jody mencintai Yugo. Namun cinta itupun tak seharunya tumbuh karena mereka adalah sejenis. Ketika itu Yugo tau ternyata Jody seorang gay, dan Yogo pun ingin membantu Jody untuk sembuh. Namun semua itu percuma ia lakukan karena Jody tidak sanggup menahan perasaannya kepada Yogo.
Suatu ketika Yogo pun mempunyai pacar yang bernama Silvi, ketika itu Jody pun merasa sakit hati ketika Yogo mempunyai pacar. Dan ketika itu Jody pun ingin mengakhiri hidupnya dengan cara meminum racun serangga. Ketika Jody telah terbaring lemah Yugo pun mengetahuinya dan membawanya ke rumah sakit lalu Yugo pun menghubungi keluarga Jody yang berada di Malang.
Letika Yugo menghubunginya yang mengangkat telfon pun seorang perempuan yang ternyata adik Jody yang bernama Sherly. Karena itu Yugo memberi tau bahwa Jody sedang sakit dan Sherly pun akan pergi ke rumah Jody. Ketika Yugo kenal dengan Sherly ia pun melupakan Silvi yang telah meninggalkannya. Ketika Sherly sampai di rumah Jody ternyata yang ada di rumah Yugo, ketika Sherly dan Yugo ingin ke rumah sakit menjenguk Jody ia pun menundanya karena hari sudah malam. Maka tinggallah mereka satu rumah, ketika itu pun mereka saling bercerita dan bercanda dan tanpa sengaja Yugo pun mengecup bibir Sherly yang berwarna merah jambu itu, kemudian mereka terdiam dan berajak pergi ke kamar masing-masing.
Ketika itu Yugo pun tak dapat tidur karena memikirkan Sherly begitu pun dengan Sherly. Keesokan paginya mereka pun bertemu dan sarapan bersama di meja makan dan tanpa sengaja sebelum sarapan pun Yugo mengecup bibir Sherly kembali mereka pun terdiam dan melanjutkan sarapan paginya. Setelah selesai mereka pun pergi ke  rumah sakit untuk menjemput jody.
Ketika itu Jody tau bahwa sahabatnya yang bernama Yugo telah jatuh cinta kepada adiknya yang bernama Sherly. Dan ketika itu Jody pergi dari rumah untuk menenangkan dirinya. Yugo dan Sherly pun mencarinya dan beberapa hari kemudian Jody pun pulang ke rumah.
Yugo dan Sherly pun merasa senang karena Jody telah kembali pulang tak beberapa lama Yugo yang ingin membantu sahabatnya sembuh ia pun memperkenalkan seorang gadis kepada Jody yang bernama Netta. Netta sangat cantik dan seksi, ketika itu Yugo, Jody, Sherly dan Netta pun pergi berlibur ke pantai. Ketika itu Jody pun tersadar bahwa Netta seorang gadis yang baik dan cantik yang selalu ada di dekat dia. Jody pun mempunyai perasaan Cinta kepada Netta lalu ia memeluknya dengan erat seakan tidak ingin kehilangan seorang gadis cantik itu. Ketika mereka pulang ke rumah Sherly pun berpamitan ingin pulang ke malang untuk melanjutkan S.2nya. ketika itu Yugo pun merasa  kesepian karena gadis yang sangat dicintainya tak berada di sampingnya. Beberapa hari kemudian Jody ingin pulang ke malang untuk memperkenalkan Netta pada keluarganya. Namun ada tamu yang datang yaitu seorang gadis cantik dan Jody pun terkejut ternyata yagn datang Sherly adiknya. Ia pun langsung meluknya dan Yugo pun tersenyum karna gadis yang ia sayangi telah datang yang lalu memeluknya juga. Keesokan harinya mereka pun pergi ke malang bersama-sama untuk memperkenalkan pasangannya masing-masing.


~ SEKIAN ~

C.      JALAN CERITA
Dalam novel “Cinta Bersemi di Hatinya” karya “Della Amanda” menceritakan tentang: Kehidupan seorang pria gay yang mencitai sahabatnya, namun pria itu pun berusaha untuk sembuh dan mencintai gadis layaknya seperti orang biasanya yang akhirnya pria itu pun mendapatkan cinta sejati itu, yang membuatnya bahagia.

BAB II
RESENSI NOVEL

A.      PENGERTIAN RESENSI
Setelah penulis menyusun resensi yang berjudul “Cinta Bersemi di Hatinya” karya “Della Amanda” maka penulis mengetahui apa yang dimaksud dengan resensi.
Resensi adalah menimbang atau menilai sebuah karya tulis baik fiksi maupun non fiksi dalam hal ini penulis menilai keunggulan dan kelemahan judul buku tersebut.

B.       IDENTITAS BUKU
Novel ini diterbitkan oleh Sinar Matahari Jakarta
a.       Judul Buku
Novel yang penulis rancang untuk bahan bacaan perpustakaan adalah “Cinta Bersemi di Hatinya”
b.      Nama Pengarang
Pengarang dari Novel ini adalah “Della Amanda”
c.       Penerbit
Novel ini diterbitkan oleh Sinar Matahari
d.      Catatan Buku
Novel ini merupakan catatan pertama
e.       Jumlah Halaman
Novel “Cinta Bersemi di Hatinya” ini berjumlah 128 halaman
f.       Harga Buku
             Novel “Cinta Bersemi di Hatinya” seharga Rp. 10.000,-
g.      Tujuan Pengarang
Setiap pengarang pasti memiliki tujuan tersendiri, adapun tujuan penulis agar para pembacanya dapat mengambil manfaat dari novel ini.

C.      KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN BUKU
Kelebihan dari Novel “Cinta Bersemi di Hatinya” yaitu mudah difahami dan menarik serta dapat dijadikan pelajaran bagi pembaca adapun kelemahannya
a.       Tema
Novel ini memiliki tema yang menarik yaitu peranan seorang pria gay
b.      Alur
Adapun setiap novel pasti memiliki alur, supaya kita tahu apakah novel itu sampai selesai atau tidak. Dalam novel ini pengarang menggunakan alur maju. Dan alur dari novel ini adalah campuran karena novel ini diciptakan dari masa sekarang yang akan datang, kembali ke masa lalu.
c.       Perwatakan
Setiap novel mempunyai perwatakan masing-masing. Watak seseorang tokoh dalam Novel “Cinta Bersemi di Hatinya”  karya “Della Amanda” bermacam-macam, diawali dari tokoh utamanya:
Yugo  : Seorang pria yang setia dan selalu sabar menghadapi masalah
Jody   : seorang pria yang sakit dan berusaha untuk sembuh dan selalu bersabar
Rosa   : Seorang wanita yang mementingkan diri sendiri
Sherly : Seorang wanita yang baik, setia dan penyabar  

d.      Penokohan
Novel “Cinta Bersemi di Hatinya” ini akan penulis tunjukkan tokoh utamanya:
Yugo  : seorang mahasiswa
Jody   : Seorang mahasiswa
Rosa   : Mantan Pacar Yugo
Sherly : Calon istri Yugo

e.       Sudut Pandang
Penulis hanya bisa menjelaskan tentang sudut pandang secara singkat. Di dalam novel “Cinta Bersemi di Hatinya” di atas menitik beratkan kepada pelakunya bukan di perankan oleh pengarang hanya mengarang saja sedangkan yang melakukan peranannya itu orang lain.

f.       Majas/Gaya Bahasa
Dalam novel “Cinta Bersemi di Hatinya” karya “Della Amanda” gaya bahasanya sangat sederhana dan kata-kata yang digunakan nya pun sangat efektif.



BAB III
KESIMPULAN, SARAN-SARAN DAN PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Setelah kami mengadakan penelitian terhadap novel yang berjudul “Cinta Bersemi di Hatinya”  karya “Della Amanda” maka selanjutnya penulis menarik kesimpulan sebagai berikut:
Dalam persahabatan hendaknya kita saling membantu. Ketika sahabat kita sedang susah karena di dalam persahabatan hendaknya saling tolong menolong dan di dalam percintaan hendaknya saling mengerti pasangannya masing-masing.

B.       SARAN-SARAN
Setelah penulis menyimpulkan dari cerita novel “Cinta Bersemi di Hatinya” penulis sarankan semoga para pembaca dapat mengambil hikmah dan pelajaran yang baik dan bagus dari resensi ini.

C.      PENUTUP
Demikianlah penyusun resensi novel “Cinta Bersemi di Hatinya” yang sangat sederhana ini dan sengaja kami susun untuk bahan bacaan perpustakaan. Sungguh resensi ini kami buat dengan sungguh-sungguh namun disetiap apa yang manusia buat pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Tegur sapa yang bersifat membangun akan kami terima kasih yang sedalam-dalamnya.
Dan semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan taufik serta hidayahNya kepada kita semua. Mudah-mudahan resensi yang sangat sederhana ini akan membantu kita semua belajar dengan baik dan semoga apa yang cita-cita kita inginkan dapat tercapai. Amin ...



BIODATA PENUTUP

Nama                           : ULFITA ANGGUN SAFITRI
NISN                          :
Tempat Tgl. Lahir       : Gunung Sari, 14 April 1999
Alamat                        : Gunung Sari Rebang Tangkas Way Kanan
Pendidikan                  : MI Lulus
Nama Ortu                  :
            Ayah               : A. Munginudin
            Ibu                   : Siti Kholifah
Pekerjaan                     : Petani
Alamat                        : Gunung Sari Rebang Tangkas Way Kanan


0 Response to "Kayar Tulis Novel Cinta Tumbuh Dihatinya"

Post a Comment