HUKUM MENGINJAK, DUDUK DAN BUANG AIR DI KUBURAN KETIKA ZIARAH

Untuk Memudahkan Pencarian Dokumen Pendidikan Gunakan Filtur Pencarian di Bawah ini

HUKUM MENGINJAK, DUDUK DAN BUANG AIR DI KUBURAN KETIKA ZIARAH


Adalah kesalahan umum yang banyak dilakukan masyarakat ketika ada saudara atau tetangganya yang meninggal dan mengikuti proses pemakamannya mereka duduk-duduk di batu nisan, ada pula yang berjalan tanpa memperhatikan sekelilingnya sehingga menginjak-injak kubur orang yang sudah meninggal. Lalu bagaimana hukumnya?



Abu Hurairah  berkata, Rasulullah  bersabda:


" لأن يجلس أحدكم على جمرة فتحرق ثيابه فتخلص إلى جلده خير له من أن يجلس على قبر"



“seseorang dari kalian duduk diatas bara api sehingga terbakar bajunya hingga sampai ke kulitnya lebih baik baginya dari pada duduk di atas kuburan” ( HR Muslim : 2/ 667).



Ketika mengubur mayit, sebagian orang ada yang tak mengindahkan jalan yang mesti di laluinya, sehingga di sana-sini menginjak kuburan, bahkan terkadang dengan sepatu atau sandal mereka, tanpa sedikitpun rasa hormat kapada yang sudah meninggal. Tentang besarnya persoalan ini, Rasulullah  bersabda :
" لأن أمشي على جمرة أو سيف أخصف نعلي برجلي أحب إلي من أن أمشي على قبر مسلم "



“Berjalan di atas bara api atau pedang atau menambal sepatu dengan kakiku sendiri, lebih aku sukai daripada aku berjalan di atas kuburan seorang muslim” (HR Ibnu Majah: 1/499 dalam Shahihul Jami’ : 5038).



Lalu, bagaimana dengan orang yang menguasai tanah kuburan, kemudian di atasnya di bangun pusat parbelanjaan atau perumahan elit? Na’udzubilah.



Sebagian orang yang tidak memiliki I’tikat baik apa bila ingin membuang air besar ia pergi ke kuburan kemudian buang air di atasnya sehingga mengganggu orang-orang meninggal dengan najis dan bau busuknya. Nabi  bersabda :
" وما أبالي أوسط القبر قضيت حاجتي أو وسط السوق "



“ Dan aku tidak peduli, apakah aku buang air besar di tengah kuburan atau di tengah pasar” ( HR Ibnu Majah, 1/499, Dalam Shahihul Jami’ 5038).



Artinya, keburukan buang air di kuburan sama dengan buruknya membuka aurat dan buang air besar di tengah-tengah orang banyak di dalam pasar.




Orang yang suka melemparkan kotoran dan sampah ke dalam komplek kuburan, terutam kuburan-kuburan yang terpencil dan dindingnya mulai runtuh mereka akan mendapat bagian dari ancaman tersebut. Di antara adab yang perlu diperhatikan dalam ziarah kubur adalah melepas sandal dan sepatu saat ingin berjalan di antara sela-sela kuburan.

Apakah Postingan ini Keren Bermanfaat Guys? Please Bantu Viralkan Guys!

URL:HTML:BB(forum):
Posted by SahrulParawie
WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN Updated at: 4/11/2018 06:14:00 AM

No comments :

Post a Comment