CARA JITU MENGATASI TINTA CATRID DAN HEAD MAMPET EPSON - WAHANA BELAJAR & BERBAGI ANEKA DOKUMEN PENDIDIKAN

CARA JITU MENGATASI TINTA CATRID DAN HEAD MAMPET EPSON


Hai sobat bloger udah lama sekali admin tidak posting di blog, kali ne mumpung lagi gak ada kerjaan and lagi mood ngeblog admin mo bagi2 pengalaman mengatasi Head Mampet/Ketrid Mampet Printer Epson.

Singkat cerita sekitar Empat bulan yang lalu sampai sebelum solusi ini ditemukan Printer L110 milik admin rewel mulai dari Tinta Warna Cyan mampet tidak keluar sampai dengan akhirnya hanya tinta Black saja yang jalan, semuanya pada mampet sampai2 sekitar satu bulan ne admin jadiin Grayscale (Hitam Putih) print outnya.

Sudah berbagai cara admin pernah coba, mulai dari Head Cleaning sampe capek, Ganti Merk Tinta, Cuci Head Pake Baycline, Cuci Head pake Head Cleaner tapi tidak satu pun bisa kembali normal permanent. Sempet Normal tapi cuma beberapa hari kambuh lagi, dan pada akhirnya sore tadi kejadiannya Printer Admin yang lain (Epson 1390) ikutan mampet tinta Warna Yellow, sudah coba cleaning sampe tinta dalam tabung infus berkurang drastis tapi tidak ada hasil. Karena penasaran iseng2 admin copot Catridnya sambil liat2 sapa tau ada sesuatu yang bikin mampet di bagian catrid karena sebelumnya head sudah admin coba suntik dengan cairan HeadCleaner. Ternyata benar dugaan Tinta dalam catrid kosong anda tidak mengalir dengan semestinya, sepertinya ada sesuatu yang menghambat/menghalangi kemungkinan itu tumpukan debu yang ikut terlaur dalam tinta karena usia penggunaan printer yang lumayan lama dan pada akhirnya menyumbat di catrid.

Tanpa pikir panjang kebetulan admin masih punya stok catrid, langsung saja pasang dan al hasil test masalah tinta mampet clear, printer dapat mencetak dengan sempurna (Tinta Yellow Tidak lagi Mampet). Dari pengalaman tadi bisa ditarik kesimpulan kejadiannya hampir sama antara printer Epson 1390 dengan Printer Epson L110 milik admin itu berarti kemungkiman besar penyakitnya sama dan ternyata kejadian Tinta Yellow mampet Epson 1390 ada hikmahnya sekarang printer L110 milik admin kembali normal setelah menjalani operasi.

Buat temen2 yang mungkin punya masalah yang sama seperti di atas berikut tutorial Mengatasi Head/Catrid Printe Epson Mampet:

1. Bongkar Printer, alat2 yang perlu disiapkan; Obeng, Kertas Bekas, Kain Lap, Tisue dan Botol atau wadah untuk pembuatan tinta.
2. Setelah dibongkar, copat Catrid yang menancap di rumah head, dengan cara mencungkin pengunci catrid ada dibagian kepala ketrid.
3. Sedot Input Tinta Catrid dengan Sutikan dengan Selang pengganti jarum seperti gambar di bawah ini:


Lihat dan rasakan hasilnya apakah terasa mampet ato tidak, tujuannya untuk menyedot/menghilangkan kotoran2 dalam kectrid kurang lebih seperti ini:

4. Setelah disedot sekarang lakukan kebalikannya, suntiknya tinta melalui input catrid, pelan2 dan hati2 jangan terlalu kuat karena plastik kantung tinta tipis jika terlalu kuat tekanannya dikawatirkan catrid jebol

5. Setelah itu dalam kondisi suntikan masik tertancap posisi mendorong tinta, tekan bagian output tinta menggunakan obeng kecil atau alat lainnya untuk membuat tinta kotor dalam catrid



6. Lakukan juga penyedotan tinta dibagian selang infus untuk memastikan tinta tidak mampet mengalir sempurna. Lalu buang tinta yang telah disedot ke botol/tempat pembungan tinta.


7. Agar lebih mantap suntik head printer menggunakan cairan HeadCleaner, Tujuannya untuk memastikan bahwa head benar2 dalam keadaan bersih tidak tersumbat setelah diberi cairan HeadCleaner.

Hasilnya tinta yang ada dalam head akan terdorong keluar melalui pembuangan


8. Setelah dirasa yakin tidak ada bagian komponen head baik itu catrid ataupun selang infus yang mampet pasang kembali printer seperti sedia kala.
9. Lakukan HeadCleaning sebelum melakukan test, apabila ternyata hasilnya kurang memuaskan bisa dicoba Power Ink Flushing maka printer akan melakukan pergantian tinta, cara kerjanya seperti headcleaning bedanya Power Ink Flushing lebih powerfull dalam menggantidan membuang tinta dari dalam catrid dan Head.

Kurang lebih hasinya seperti berikut ini, Printer Admin yang tadinya mampet sampe berbulan2 akhirnya bisa kembali print out colour meskipun hasilnya tidak setajam saat belum terkena masalah tinta mampet. Cukup lumayan bisa dipake buat cari duit lagi persiapan beli head jika nantinya sudah jebol.


Sekian tutorial mengatasi tinta mampet/head mampet/catrid mampet Printer Epson semoga bermanfaat sampai jumpa di tutorial berikutnya.

0 Response to "CARA JITU MENGATASI TINTA CATRID DAN HEAD MAMPET EPSON"

Post a Comment